Fingo, tipu-tipu berkedok e-commerce

Sekilas Fingo


Fingo itu e-commerce yang kasih keuntungan gila-gilaan. Asik. Jadi member dengan biaya 800 ribu rupiah (harga sekarang), Anda akan dapat berbagai keuntungan:
  • Dapat barang senilai biaya pendaftaran. Ada beberapa barang yang bisa dipilih.
  • Bisa jadi affiliate marketing. Sebarin link ke orang lain. Kalau orang tersebut belanja di Fingo, Anda akan dapat komisi 10%
  • Bisa cari ‘downline’. Setiap ajak orang, Anda bisa dapat keuntungan 25% – 75%, tergantung dari posisi.
Ini tentu market place impian semua orang. Bisa belanja murah (katanya langsung dari pabrik), bisa jadi affiliate marketing, bisa juga dapat bonus rekrut-rekrut. Sayangnya memang cuma dalam impian.

Pendiri Fingo

Fingo didirikan oleh orang dari China. Namanya Jack Yi alias Dong Fang. Katanya anak asuh Jack Ma, pendiri Alibaba. Percaya? Jangan. Coba saja googling ‘jack yi’. Tapi jangan sembarangan googling. Atur supaya google hanya memunculkan halaman sebelum adanya Fingo. Adanya hanya Jack Yi yang lain. Tak ada satupun Jack Yi di Alibaba. Hal yang sama juga dengan Dong Fang. Kesimpulan? Jack Yi itu orang tak jelas. Muncul bersamaan dengan Fingo. Mengaku anak asuh Jack Ma? Dengan bukti hanya foto bersama Jack Ma? Hanya anak kecil yang bisa dibohongi dengan cara seperti itu.
Jack Ma Pendiri Fingo
Percaya pendiri Fingo ini anak asuh Jack Ma? Hanya karena pernah foto dengan Jack Ma ? Jangan seperti anak kecil yang mudah dibohongi.  

Jack Ma tak dikenal 
Googling Jack Yi, atur hasil sebelum 4 Mei 2019, tak ada satupun Jack Yi pendiri Fingo yang muncul. Semuanya Jack Yi yang lain.

Fingo itu skema piramida

Skema piramida itu sistem perdagangan sesat. Banyak dipakai oleh perusahaan MLM (tidak semua MLM). Cirinya:
  • Membernya tidak dapat untung dari jualan produk / afiliasi,
  • Member cuma dapat untung kalau rekrut orang lain.
  • Member baru habis, skema pun bubar. Akan ada orang yang rugi jauh lebih banyak dari yang untung.

Member Fingo tak akan untung dari jualan produk


Kenapa? Karena produk Fingo di mark-up. Mark-up nya juga lumayan besar. Silahkan bandingkan produk di Fingo dengan produk sejenis di Market Place lain. Di kedua market place tersebut, cari harga termurah. Ini beberapa contoh:

Perbandingan harga Fingo dan Shopee
Perbandingan harga wireless earbud di Fingo dan Shopee

Harga mini drone di Shopee
Mini drone LF606 di Fingo: Rp. 600.000

Harga mini drone di Singo
Mini Drone LF606 di Shopee: 254.000


Mau perbandingan dari market place lain? Pilih saja. Contoh dibawah perbandingan harga Fingo dengan Baotao.


Perbandingan harga Fingo dan TaoBao
Perbandingan harga Fingo dan Taobao(di ambil dari grup Ponzi Scheme Alert Malaysia)


Dengan harga yang selalu hampir berlipat ganda dari barang sejenis di market place lain, jangan harap akan banyak orang belanja di Fingo. Jangan harap Anda akan dapat untung sebagai dropshipper, sebagai mitra, sebagai affiliate marketer atau apapun namanya. Lalu dari mana member dapat untung?

Member hanya untung kalau rekrut member lain

Yang paling asik di Fingo itu komisi kalau bisa rekrut orang lain. Untuk level terendah saja (Preferred Shopper), Anda bisa dapat komisi 25% kalau bisa rekrut orang jadi Preferred Shopper juga.

Keuntungan merekrut di Fingo

Keuntungan merekrut member baru di Fingo

Fingo pasti bubar dan memakan banyak korban

Skema seperti Fingo akan cepat jenuh. Apa artinya jenuh? Itu saat cari member baru sudah sulit. Kapan terjadinya? Saat hampir semua target potensial sudah terjaring jadi member.
Saat jenuh, orang yang sudah terlanjur jadi member tak bisa lagi mengeruk keuntungan. Untuk yang baru jadi member, ini sial. Mereka sudah keluar modal, tapi tak bisa memperoleh pendapatan. Merekalah korban-korban Fingo.

Mengapa skema piramida seperti Fingo akan jenuh? Karena Fingo hanya mengandalkan pertambahan member baru. Misalnya saja setiap member harus mendapat 10 member baru supaya untung (yang tak seberapa). Satu member butuh 10 member. 10 butuh 100, lalu 1000, 10.000, 100.000, sejuta, sepuluh juta, seratus juta, semilyar, lalu 10 milyar member baru. Darimana orangnya? Mau ke planet lain?

Bahkan tanpa perlu menunggu jumlah penduduk habis, Fingo akan jenuh jauh sebelum itu. Karena tak semua orang minat bisnis sesat semacam ini, tak semua orang tak paham sesatnya bisnis semacam ini.

Dan di skema piramida manapaun, korban akan selalu jauh lebih banyak daripada yang untung saat jenuh dan bubar.

Terlebih lagi, e-commerce itu bisnis yang jelas harus berizin. Bisa jadi izin itu tak akan pernah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia. Maka Fingo pun bubar sebelum berkembang. Anda yang terlanjur keluar duit, dapat produk kemahalan (atau malah tak mendapat produk) tapi belum berhasil rekrut member baru, akhirnya gigit jari.

Fingo di Indonesia: Arisan berantai!

Ilustrasi diatas itu kalau dianggap Fingo sudah beroperasi seperti di Malaysia. Di Indonesia sebetulnya lebih parah. E-commerce-nya sendiri tak ada. Orang dapat uang dari Fingo murni dari rekrut member baru. Tak ada produk yang dijual, tak ada produk yang dibeli.

Daftar 800 ribu dapat produk: Omong kosong

Sekarang biaya pendaftaran naik menjadi 800 ribu rupiah. Tapi sejak zaman masih masih 700 ribu, banyak orang (atau mungki semua?) tidak mendapat produk yang dijanjikan. Lalu kemana uang pendaftaran itu? ke Bandar di di negeri tirai bambu dan ke orang-orang yang mengajak Anda.

Sebelum dan sesudah launching, Fingo tetap skema sesat

Bahkan bila nanti Fingo launching, Fingo tetap bisa disebut skema piramida. Itu seperti Eco Racing, seperti Paytren, seperti Qnet.

Orang diiming-imingi bisnis jualan produk (meski di Fingo dengan model affiliate marketing). Padahal tujuannya supaya orang beli produk seharga 199 RM atau sekitar 800 ribu rupiah.
Kalaupun nanti launching, tak ada atau sedikit sekali orang membeli produk murni sebagai pelanggan. Mesti karena terkait dengan pendaftaran.

Skema penjualan yang produknya lebih banyak dijual dalam rangka pendaftaran member, atau dijual hanya dikalangan mitra penjual, itulah skema piramida.
Tak ada perekrutan, tak ada penghasilan. Itulah skema piramida.

Dan skema piramida itu nantinya akan membuat lebih banyak orang yang rugi daripada yang untung. Seperti Paytren, seperti Eco Racing.
Anda ikut Fingo? Anda bisa rugi. Anda untung, berarti Anda membuat orang lain (entah downline anda yang keberapa) rugi.

Apakah Fingo skema terlarang?

Anggap Fingo sudah launcing, Fingo serta merta melanggar permendag No. 70 tahun 2019. Pasal 21 huruf f disebutkan bahwa perusahaan distribusi langsung dilarang untuk mengharuskan pembelian barang saat pendaftara.

Permendag 70 2019 itu peraturan untuk MLM. Apakah Fingo MLM? Dari cirinya ya. Orang bisa jual langsung ke orang lain, orang dapat komisi jualan, dan orang dapat komisi pula dari penjualan downline.
Tapi tentu, MLM Fingo adalah MLM sesat. Sebab jualan produk bukan tujuan utama, tapi rekrut member.

Tentang Affiliate Marketing

Fingo bisa dibilang sebagai skema piramida gaya baru. Member menjual dengan model affiliate marketing. Affiliate markeing ini juga ada di Amazon, Lazada dan mungkin di beberapa market place lain.

Bedanya, di Amazon dan Lazada para affiliate marketer dapat penghasilan murni dari jualan produk. Di Fingo, penghasilan member utamanya dari perekrutan (itupun kalau sudah launching). Bukan dari jualan murni (siapa juga mau beli produk lebih mahal).

Kesimpulan

Fingo itu skema sesat. Mereka menipu Anda, mengiming-iming penghasilan bisnis hanya supaya Anda beli sejumlah produk seharga 800 ribu rupiah. Itupun kalau e-commercenya sudah buka.
Untuk dapat penghasilan, Anda tidak bisa jualan produk. Tidak bisa menjadi dropshipper, affiliate marketer atau apapun namanya, sebab tak ada orang yang mau belanja produk dengan harga yang dilipat duakan.

Untuk dapat penghasilan Anda harus rekrut mitra baru. Bisnis yang fokus merekrut mitra baru itu akan cepat jenuh. Orang terakhir yang akan jadi korban. Jumlah korban akan jauh lebih banyak dari yang untung.

Di Indonesia, kemungkinan Fingo tak akan dapat izin. Jadi, kemungkinan akan bubar sebelum berdiri. Ini bisa dilihat dari pengunduran launching berkali-kali. Kemungkinan pemerintah sudah mengendus berita tentant bisnis sesat Fingo di negara lain seperti Malaysia. Jadi, hati-hati uang Anda.

Komentar

  1. Alhamdulillah, akhirnya ada yg bongkar. Dan sempat juga kepincut untung nya belum daftar terus follow perkembangannya. Ternyata zonk

    BalasHapus
  2. muhammed Abdel Aziz6 Mei 2020 07.12

    saya ingin berdiskusi panjang lebar dengan anda, terkait dg internet, sosmed, big data dan juga keterkaitan dg affiliate marketing

    BalasHapus
  3. Orang waras6 Mei 2020 10.01

    Bro, ko idiot banget compare harga barang nya semua yang barang barang di Fingo tapi versi gift pack (HADIAH ketika membeli lisensi menjadi PS)?

    Itu mah emang harga nya lebih mahal karena beli lisensi bisnis nya, zzzzz. Makanya tulisannya upgrade ke PS semua kan.

    Coba dong compare yang barang normal, bukan yang untuk upgrade menjadi member.

    Lalu dibilang keuntungan hanya dari rekrut Member? Wkwk ngaco, yang bener makanya riset nya, jangan asbun mas.
    Jelas jelas dari BELANJA NORMAL ud bisa dapat keuntungan super besar.

    Ini yang buat artikel ketauan banget dari pemain MLM/asuransi/BO yang sakit hati sama fingo dan merasa tersaingi, wkwkwk

    BalasHapus
  4. Brahm Anuga6 Mei 2020 14.24

    diskusi aja disini. Asal beneran diskusi.

    BalasHapus
  5. Orang waras6 Mei 2020 19.49

    Jiahhh lemah, komentar saya yang bongkar busuk busuk nya artikel ini ga dikasi izin utk terposting.
    Payah dah

    BalasHapus
  6. Ok kita bahas ya:
    1. Jangan pakai bahasa sini kalau mau cari tau sebelumnya Jack Yi, Messi Wang dan Yundong Liu kerja di mana, karena mereka memang baru 1 tahun membuka Fingo di Asia Tenggara, pakai dong bahasa Mandarin, karena mereka dari China seperti yang kamu tuliskan di atas.

    2. Anda membandingkan harga di pilih yang memang kebetulan lebih tinggi, tetapi tidak menampilkan juga di luar itu banyak yang lebih murah apalagi untuk PS masih mendapatkan cashback 10% - 15% terus menerus seumur hidup. Sayang saya tidak bisa attach produk lain yang harganya di bawah dari market place lain di sini. Tidak ada supermarket yang semua produk nya pasti lebih murah atau lebih mahal dari yang lain, bahkan supermarket di Indonesia yang menyatakan dia paling murah, sebenarnya kalau dibandingkan ada saja yang lebih mahal dari tempat lain. Fingo tidak pernah klaim semua produknya paling murah, tetapi Fingo bekerja sama dengan pemegang merk langsung sehingga bisa dijamin keasliannya.

    3. Saya sudah dapat kok barang giftpack pesanan saya dan kualitas bagus, juga team saya sudah banyak yang sudah dapat. Jangan menuduh sembarangan Fingo tidak kirim barang.

    4. Anda tidak pernah mempelajari system marketing nya Fingo kalau bilang Fingo piramida, karena di Fingo yang bekerja lebih keras itu bisa naik level lebih tinggi kalau sponsor atau yang di atas nya tidak bekerja, karena ada aturan AM tidak bisa ada di bawah PS. Sedangkan yang dibilang system piramida itu yang awal daftar selalu pasti lebih tinggi, nah tidak seperti itu kenyataannya di Fingo, jadi Fingo bukan skema piramida.

    5. Biaya pendaftaran tidak naik, tetap RM199 dan RM229, yang berbeda itu kurs ringgit, karena kurs itu memang berubah-ubah mengikuti kurs. Sekarang sudah turun menjadi sekitar 720 ribu.

    6. Di Fingo itu ada cashback referral dan cashback belanja, jadi tetap ada keuntungan dari orang yang belanja dimana Fingo produk nya langsung dari pemegang merk, jadi bisa dijamin asli, dan Fingo tidak membayar untuk iklan gila-gilaan seperti marketing e-commerce lain, melainkan itu diberikan kepada para affiliate nya yang berprestasi untuk sharing informasi-informasi ke para shopper dan affiliate marketer lainnya. Jadi wajar Fingo membayar mahal orang-orang yang sudah bekerja keras memperkenalkan Fingo.

    Jadi banyak sekali informasi yang Anda tuduhkan tidak tepat, Anda mencuri impian orang lain untuk memiliki bisnis yang dapat memberikan perubahan hidup kepada mereka, jika Anda tidak mau ikut ya tidak masalah tetapi tidak tepat merusak impian orang lain tanpa memberikan informasi yang benar.

    Salam sukses Fingo!!

    BalasHapus
  7. Abdurrahman6 Mei 2020 22.55

    Bahas juga dong tentang bisnis British Propolis

    BalasHapus
  8. Ulasan ngawur ...
    Daftar Fingo gratis bos.... lu daftar gratis .. lu bisa pilih mau beli barang apa...banyak yg murah .... mmg tidak semua barang murah tp sebagian besar lbh murah dari tempat lain ...ingat sebagian besar .... dan jika sesorang mau bisnis nya maka belanja barang di menu PS .... dpt produk jg dapat voucher senilai 800.000 ... terhubung dgn semua link produk .....

    Belajar dulu lagi ya

    BalasHapus
  9. Wah ada yang menulis artikel menarik,saya ijin masukan link artikel ini ke ke diskripsi channel saya ya. FLx Media

    BalasHapus
  10. Pak Brahm, tolong sekiranya tidak keberatan, dibahas juga mengenai bisnis Yippi/Toga yang memberi kesempatan kepada agen/pengguna utk ikut dalam kepemilikan saham. Bagaimana menurut penilaian Bapak dan juga para pengunjung pengunjung web ini. Terima kasih.

    BalasHapus
  11. Saya sempat menelusuri di google dan pernah melihat gambar-gambar perbandingan harga Fingo dan Shopee ada yang lebih murah di Fingo. Apakah itu juga akal-akalan? Mohon penjelasannya....

    BalasHapus
  12. Mau minta bantuan donk untuk memberikan analisa terhadap Bisnis JAFRA dan NASA apakah bisnis tersebut termasuk ponzi skema atau Piramida....

    Terimakasih sekali sebelumnya kalau mau memberikan tanggapan....


    Karena banyak sekali yg mengajukan pertanyaan ini...dan sebagai pencerahan terhadap konsumen awam.... terutama kaum ibu-ibu....

    Semoga anda berkenan...kami tunggu....

    BalasHapus
  13. Sambal Udang7 Mei 2020 20.20

    Thanks agan Brahm Anuga. Mudah-mudahan tidak banyak orang Indonesia yang jadi korban Fingo.

    BalasHapus
  14. Fingo Indonesia7 Mei 2020 22.47

    kepada penulis , Brahm Anuga.

    dari tulisan anda, keliatan jelas itu adalah opini dan imajinasi anda. system fingo sudah jelas, anda dapat penghasilan bisa dari berbagai sumber, salah satunya refferal. kok disamakan dgn Moneygame ? lalu yang anda permasalahkan bila nanti launching sekalipun, orang tidak akan ada yang beli produk. anda tidak jelaskan bila di fingo ada system potongan discount dan cashback. Untuk masalah orang beli atau tidak , kita kembalikan saja ke mekanisme pasar. klo kamu punya mindset seperti, orang yang jualan dropship markup harga padahal produk sama, tidak laku dong ?

    yang SESAT adalah penulisan mengenai opini anda.

    BalasHapus
  15. fingo tidak pernah menggunakan sistem MLM apalagi binary sistem ponzi sesat goblok. yang sesat itu anda. semoga anda menuai apa yang anda tabur sebelum mengubur mimpi2 orang banyak. pelajjari dulu yang benar sebelum judge. dan fingo sudah jelas2 legal di malaysia. bahkan menteri malaysia chong chieng jen ( googling saja) juga melegalkan. GOBLOK ANDA

    BalasHapus
  16. Sirik tanda tak mampu... Kalau gak mampu bersaing kok terus hoak..

    BalasHapus
  17. Halo!

    Ijin menanggapi.

    Sy tanggapi yg diatas ya.

    Gini...
    Akan SELALU ADA orang2 yg kritik, kontra, nyinyir dan sindir. πŸ˜…

    Itu sama seperti Wright bersaudara yang bercita-cita mau bikin pesawat terbang yg dibully habis2an sampai mereka mewujudkannya! Secara karena mereka melawan Hukum Gravitasi dng mengapung di udara. 😬

    Celakanya, banyak orang berbicara tanpa tau kedalaman. Tanpa menyelami dan paham. Hanya melihat dari luar dan berkoar-koar. Seperti orang yang ngotot cuma tau tahu, tapi tidak tau bahwa isinya bisa ada udang,

    Jadi kita yang merasakannya yang paling tau. Dari situ kita tdk terlalu banyak buang waktu dan energi kita...

    Sanggahan:
    _1. Fingo Ilegal?_
    Jika dianggap ilegal, bagaimana mungkin bisa masuk 3 negara? Singapura itu ketat banget loh...

    _2. Fingo kaga laku?_
    Bagaimana mungkin laku keras di negara yg sdh ber-operasi?

    - Baru2 ini di surat kabar omzet Fingo naik 2x lipat dari awal.
    - Di download sdh 2 juta user hanya dlm tempo 1 thn
    - Rank top 5 aplikasi belanja online Malay

    _3. Harga mahal?_
    Penulis tidak tau soal Flash Sale, Diskon 50%, Parade 1 RM, Cashback, Voucher, DLL... Yang diberikan layanan apk Fingo.

    3 itu aja ya, kepanjangan nulisnya.

    Satu-satunya yg mungkin bisa masuk adalah mungkin di sisi soal giftpack. Tapi itu tdk sepenuhnya benar karena kloter 1 dan 2 sudah menerima. Kloter 3 yaitu pendaftar dari pertengahan Januari yang belum terima.

    Itu aja ya. Seperti kita tau : Semakin tinggi pohon, semakin besar angin bertiup...

    Anggaplah sebagai ujian ketangguhan visi misi kita. Seberapa kita kuat, yakin dan teguh...

    _*) Noted: hal ini sdh masuk manajemen Fingo, yang mungkin diproses hukum_

    BalasHapus
  18. Gan, ane mau ngajak AMAZON AFFILIATE mau gak.....Setau saya Affiliasi Marketing itu udah ada waktu jaman dulu juga....dan memang ada level nya. Saya aja di amazon.com affiliate nya registrasi gan...sy tau karena sy masih terdaftar di amazon.com

    BalasHapus
  19. Bukannya Affiliasi Marketing itu sdh ada dr dulu....sy ikut join amazon.com tahun 2003 gan. Emang ada level nua juga sih....dan sy di amazon.com bayar juga....mungkin saja fingo ini akan seperti itu nnti nya.....jd klo boleh sih jgn nge just dulu negative.....kita ikutin alurnya kmn....karena itu kan baru persepsi....blm tau pernyataan dr pihak fingo sendiri....πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  20. KONTOL SAMA KAU ANJING, HOAX LO TOLOL. KASIAN KALI HIDUPMU

    BalasHapus
  21. Messi Wang Nan8 Mei 2020 22.12

    There will always be thousands of excuses for achievement, but only one reason for success

    BalasHapus
  22. Tp yg sy pelajari mas difingo hanya posisi smpe 3 tingkat bukan tidak terbatas PS , AM dan AT . Jadi posisi hanya smpe 3 timgkat

    BalasHapus
  23. Bang, bahas bisnis ABDi dgn Essenzo oil-nya dong.. Tks

    BalasHapus
  24. Brahm Anuga9 Mei 2020 10.07

    ada afiliasi yang bayar. Jaknote juga bayar. Tapi gak dapat uang kalau orang jadi afiliasi juga.

    BalasHapus
  25. Sy sih netral, cuma gak suka sama maling teriak maling...itu harga di edit, coba anda buka Shopee, bluetooth headset gak semurah itu harganya, alias sudah di edit, itupun dengan discount 550% dari harga awal Rp.399rb, Anda berarti menipu saya juga donk, dgn false info!!!

    BalasHapus
  26. Sy sih netral, cuma gak suka sama maling teriak maling...itu harga di edit, coba anda buka Shopee, bluetooth headset gak semurah itu harganya, alias sudah di edit, itupun dengan discount 550% dari harga awal Rp.399rb, Anda berarti menipu saya juga donk, dgn false info!!!

    BalasHapus
  27. Saya sih netral saja, cuma saya gak suka sama maling teriak maling. Coba buka Shopee sekarang, bluetooth wireless harganya tidak semurah itu sekalipun sudah dgn discount 50% dari harga awal Rp.399rb. Berarti harga yg anda tampilkan sudah di edit, dan berarti anda sudah menipu saya donk, dengan false info!!!

    BalasHapus
  28. anda sudah pernah join fingo? kalo belum pernah join jangan ngecap...banyak yang sudah join dan dapat produknya..ini sih bukan website bahasbisnis, tapi website anti MLM

    BalasHapus
  29. Fingomall.com/promo, free 5 Web Replika Promosi

    BalasHapus
  30. Referensi yang bagus. Saran saja, baiknya diposting juga bisnis lain yang sedang booming yang berpotensi tidak merujuk ke MLM, fonzi dll yang menurut analisa penulis bisa menjadi peluang dan mampu mendongkrak perekonomian Indonesia, baik dari sisi ekonomi, hukum dan kesejahteraan masyarakat. Saya lihat perjalanan EcoRacing, Paytren, ABENetwork, dll yang menurut penulis dianggap sesat, sampai sekarang masih jalan, berarti tidak melanggar hukum dan sah-sah saja menurut pandangan masyarakat luas, yang jelas mampu mengangkat perekonomian masyarakat.

    BalasHapus
  31. Woiii Admin, anda buat artikel berita ini sdh benar cross chek (Cek & ricek) belum? Kalo anda belum melakukan Cross cek dgn benar jangan sembarangan buat berita yg anda analisa berdasarkan pemikiran anda sendiri, kalo sy baca berita yg anda buat ttg FINGO ini, bukan lagi berita HOAX tapi anda sdh memfitnah, berita anda di atas mengatakan dgn "Daftar 800 ribu dapat produk: Omong kosong", kenyataannya tak satu org member pun yg daftar FINGO, tdk mendapatkan Produk yg dijanjikan. Anda dapat bayaran berapa sih, buat berita HOAX yg menjurus ke Fitnah ini??? Sesuai dgn Kode Etik Jurnalis, harusnya sebelum ada membuat sebuah berita, anda harus tanya dulu kepada para member yg sdh bergabung di FINGO, kemudian anda Cross cek lagi ke Management Perusahaan FINGO, setelah itu anda tanyai lagi kepada para member FINGO nya, ada gak para membernya yg merasa dirugikan, & ada gak member-2nya yg gak dapat produk yg dijanjikan FINGO. Jangan ada membuat berita, hanya menurut pemikiran anda sendiri. Dasar Website SAMPAH ni Website anda, Alamat Redaksi, Siapa-2 org yg bertanggungjawab thd ini Website aja gak ada dicantumkan, karena takut, kalo-2 ada yg melaporkan bahwa berita yg anda buat jelas-2 tdk sesuai dgn Kode Etik Jurnalis yg benar. "DASAR WEBSITE TUKANG FITNAH NI", Bagi para pembaca Website SAMPAH ini, jgn percaya sepenuhnya apa yg di beritakan di Website ini, karena sy Member FINGO, & sy mendapatkan Produk yg dijanjikan FINGO. Gak ada benarnya nih berita yg dibuat oleh Website SAMPAH ini mengenai FINGO. "100% FITNAH"...

    BalasHapus
  32. Ada yg bongkar apa maksud anda bos, apa yg di beritakan website sampah ini ttg FINGO sy katakan 100% Bukan cuma HOAX tapi sdh menjurus ke FITNAH.
    Coba perhatikan aja ni Website nya, dimana alamat redaksinya, siapa yg bertanggungjawab tiap setiap tulisan yg dibuatnya "GAK ADA", WEBSITE TUKANG BUAT HOAX & TUKANG FITNAH NI.

    Woiii Admin, anda buat artikel berita ini sdh benar cross chek (Cek & ricek) belum? Kalo anda belum melakukan Cross cek dgn benar jangan sembarangan buat berita yg anda analisa berdasarkan pemikiran anda sendiri, kalo sy baca berita yg anda buat ttg FINGO ini, bukan lagi berita HOAX tapi anda sdh memfitnah, berita anda di atas mengatakan dgn “Daftar 800 ribu dapat produk: Omong kosong”, kenyataannya tak satu org member pun yg daftar FINGO, tdk mendapatkan Produk yg dijanjikan. Anda dapat bayaran berapa sih, buat berita HOAX yg menjurus ke Fitnah ini??? Sesuai dgn Kode Etik Jurnalis, harusnya sebelum ada membuat sebuah berita, anda harus tanya dulu kepada para member yg sdh bergabung di FINGO, kemudian anda Cross cek lagi ke Management Perusahaan FINGO, setelah itu anda tanyai lagi kepada para member FINGO nya, ada gak para membernya yg merasa dirugikan, & ada gak member-2nya yg gak dapat produk yg dijanjikan FINGO. Jangan ada membuat berita, hanya menurut pemikiran anda sendiri. Dasar Website SAMPAH ni Website anda, Alamat Redaksi, Siapa-2 org yg bertanggungjawab thd ini Website aja gak ada dicantumkan, karena takut, kalo-2 ada yg melaporkan bahwa berita yg anda buat jelas-2 tdk sesuai dgn Kode Etik Jurnalis yg benar. “DASAR WEBSITE TUKANG FITNAH NI”, Bagi para pembaca Website SAMPAH ini, jgn percaya sepenuhnya apa yg di beritakan di Website ini, karena sy Member FINGO, & sy mendapatkan Produk yg dijanjikan FINGO. Gak ada benarnya nih berita yg dibuat oleh Website SAMPAH ini mengenai FINGO. “100% FITNAH”…

    Balas

    BalasHapus
  33. blog cerdas

    BalasHapus
  34. kalau fitnah, laporin aja ke polisi, atau kominfo. Berani?

    BalasHapus
  35. Sesuatu yg baik pasti di jelek2 kan, semakin di jelekan dan di fitnah semakin membesarkan fingo, krn dapat iklan gratis...

    BalasHapus
  36. Pak hendra911,sdh terjebak dipermainan Money game sistem Multi level rekruiting,dan sdh mnjadi membernya yg siap tertipu dan siap menipu masyarakat banyak,makanya pak hendra membela mati2an tentang Fingo,padahal sdh jls fingo melanggar kode etik permendag No. 70 thn 2019 pasal 21 hurf f.awalnya sja sdh mafia bgmna selanjutnya..??πŸ™„πŸ€•πŸ€•

    BalasHapus
  37. Saya hargai anda ingin melindungi konsumen .. namun apabila anda memberikan data.. HARAP BERSERTAKAN DENGAN FAKTA DAN BUKTI.. bukan hanya "tipu , tipu.. tapi anda TIDAK BISA BUKTIKAN"

    mari kita berikan faktanya:

    1. anda google jack yi aja ga becus. masa cari orang namanya JACK YI.. yang benar itu JACK YI FINGO maka anda akan lihat profil LINKEDINnya dimana ia bekerja di alibaba sejak dari tahun 2004 dan memiliki pengalaman di bidang e commerce.
    2. Fingo adalah skema piramida.. lu kerja di perusahaan juga skema piramida . di bisnis ini anda bisa mulai dari bawah dan bisa ke atas apabila anda kerja keras.. ini tidak berlaku di semua perusahaan sebagai karyawan.
    3. anda kasi data fingo lebih mahal.. apakah anda tau banyak produk juga dimana FINGO ITU SESUAI HARGA PASAR BAHKAN LEBIH MURAH? ya anda sengaja tutup fakta. mari kita buktikan ..TECLAST F15 8GB tokpedia 7.3jt fingo 1829 ringgit (rp 6,4jt belom termasuk 10% cashback), VIVO Y15 tokpedia 2,19jt FINGO 599 ringgit (2,096jt belum termasuk 10% cashback). dan masih banyak lagi.. FINGO tidak ada klaim absurd semua lebih murah.. tapi memberikan opsi belanja bagi konsumen apabila ada yang lebih murah dan ingin barang asli dari supplier ya silahkan beli (daripada resiko dapat barang palsu dari tokped atau bukalapak). FINGO Itu adil.. ada yang lebih mahal ada yang lebih murah.. sesuai negosiasi mereka dengan supplier.. bukan ada niat sengaja mahalin. Karena mereka juga bukan idiot, kalau orang chinese jual barang mahal mahal mereka itu bukan jadi pemimpin ekonomi dunia saat ini. DARI SINI JUGA TERBUKTI bahwa konsep FINGO menjadi alternatif ecommerce bisa jalan.
    4. Cek fakta dulu banyak orang sudah menerima GIFT pack mereka ketika mereka daftar fingo baik itu TAS SEKOLAH, JAM TANGAN, DLL DSB itu sudah diterima. anda jangan fitnah fingo ga kirim barang. sudah banyak bukti tentang ini semua happy terima barang tidak ada yang tidak terkirim... terkirim walaupun telat.
    5. ANDA tidak akan mendapatkan bukti negatif apapun tentang FINGO itu saya jamin. semua barang terkirim dan semua komisi di bayar. di artikel ini silahkan mau tulis negatif, tapi itu tidak terbukti.. saya hidup dan mengambil keputusan itu berdasarkan BUKTI bukan sekedar perasaaan atau keinginan saya pribadi.
    6. BELAJAR DULU bedanya skema piramida ponzi (penipuan duduk dapat duit muterin uang member baru) dengan skema afiliasi (anda mendapatkan komisi bonusapabila anda BEKERJA.. bukan duduk manis malas malasan). Skema sampah tipu2 itu adalah "anda join invest sebanyak mungkin uang anda.. kemudian anda duduk manis akan dapat 1-3% PER HARI" ini skema penipuan. udah jelas FINGO adalah sistem afiliasi dan komisi hasil dari KERJA mempromosikan bukan duduk manis malas malasan.

    Kesimpulan saya adalah silahkan anda ada niat baik melindungi masyarakat (yang memang 95% di luar sana ada banyaknya penipuan) tapi alangkah baiknya artikel anda disertai FAKTA FAKTA DAN BUKTI daripada sekedar hanya ada niat menjatuhkan tapi tidak bisa back up

    www.fingokita.com/andrewfingo

    mari diskusi dengan FAKTA dan BUKTI

    BalasHapus
  38. Saya hargai anda ingin melindungi konsumen .. namun apabila anda memberikan data.. HARAP BERSERTAKAN DENGAN FAKTA DAN BUKTI.. bukan hanya “tipu , tipu.. tapi anda TIDAK BISA BUKTIKAN”
    mari kita berikan faktanya:
    1. anda google jack yi aja ga becus. masa cari orang namanya JACK YI.. yang benar itu JACK YI FINGO maka anda akan lihat profil LINKEDINnya dimana ia bekerja di alibaba sejak dari tahun 2004 dan memiliki pengalaman di bidang e commerce.
    2. Fingo adalah skema piramida.. lu kerja di perusahaan juga skema piramida . di bisnis ini anda bisa mulai dari bawah dan bisa ke atas apabila anda kerja keras.. ini tidak berlaku di semua perusahaan sebagai karyawan.
    3. anda kasi data fingo lebih mahal.. apakah anda tau banyak produk juga dimana FINGO ITU SESUAI HARGA PASAR BAHKAN LEBIH MURAH? ya anda sengaja tutup fakta. mari kita buktikan ..TECLAST F15 8GB tokpedia 7.3jt fingo 1829 ringgit (rp 6,4jt belom termasuk 10% cashback), VIVO Y15 tokpedia 2,19jt FINGO 599 ringgit (2,096jt belum termasuk 10% cashback). dan masih banyak lagi.. FINGO tidak ada klaim absurd semua lebih murah.. tapi memberikan opsi belanja bagi konsumen apabila ada yang lebih murah dan ingin barang asli dari supplier ya silahkan beli (daripada resiko dapat barang palsu dari tokped atau bukalapak). FINGO Itu adil.. ada yang lebih mahal ada yang lebih murah.. sesuai negosiasi mereka dengan supplier.. bukan ada niat sengaja mahalin. Karena mereka juga bukan idiot, kalau orang chinese jual barang mahal mahal mereka itu bukan jadi pemimpin ekonomi dunia saat ini. DARI SINI JUGA TERBUKTI bahwa konsep FINGO menjadi alternatif ecommerce bisa jalan.
    4. Cek fakta dulu banyak orang sudah menerima GIFT pack mereka ketika mereka daftar fingo baik itu TAS SEKOLAH, JAM TANGAN, DLL DSB itu sudah diterima. anda jangan fitnah fingo ga kirim barang. sudah banyak bukti tentang ini semua happy terima barang tidak ada yang tidak terkirim… terkirim walaupun telat.
    5. ANDA tidak akan mendapatkan bukti negatif apapun tentang FINGO itu saya jamin. semua barang terkirim dan semua komisi di bayar. di artikel ini silahkan mau tulis negatif, tapi itu tidak terbukti.. saya hidup dan mengambil keputusan itu berdasarkan BUKTI bukan sekedar perasaaan atau keinginan saya pribadi.
    6. BELAJAR DULU bedanya skema piramida ponzi (penipuan duduk dapat duit muterin uang member baru) dengan skema afiliasi (anda mendapatkan komisi bonusapabila anda BEKERJA.. bukan duduk manis malas malasan). Skema sampah tipu2 itu adalah “anda join invest sebanyak mungkin uang anda.. kemudian anda duduk manis akan dapat 1-3% PER HARI” ini skema penipuan. udah jelas FINGO adalah sistem afiliasi dan komisi hasil dari KERJA mempromosikan bukan duduk manis malas malasan.
    Kesimpulan saya adalah silahkan anda ada niat baik melindungi masyarakat (yang memang 95% di luar sana ada banyaknya penipuan) tapi alangkah baiknya artikel anda disertai FAKTA FAKTA DAN BUKTI daripada sekedar hanya ada niat menjatuhkan tapi tidak bisa back up
    http://www.fingokita.com/andrewfingo
    mari diskusi dengan FAKTA dan BUKTI

    BalasHapus
  39. Apa yang kamu tanam akan kamu petik.

    BalasHapus
  40. Apa yang kamu tanam akan kamu petik.

    BalasHapus
  41. Jgn suka2 memfitnah fingo, fingo memang nyata tidak penipuan, yg buat website ini dia sendiri yg ngarang2 cerita mau rusakan bisnis org karna dia cemburu dan tidak mampu join di fingo, saya sendiri sudah membuktikan barang yg saya beli telah dapat ke tangan saya plus komision setiap apa sya beli. Dan ramai org yg join fingo duitnya berjuta2 Hasil dri fingo

    BalasHapus
  42. Biar fair, harga dibandingkan ya dengan e-commerce lain dengan platform mata uang di negara yang sama, kenapa, karena pajak di tiap negara tentu ketentuannya berbeda, dan pajak merupakan salah satu variabel yang ikut menentukan harga jual suatu barang.

    BalasHapus
  43. Sebelum anda menantang, cobalah anda mengaca diri dulu, sudah bener belum?!? Harga yg anda cantumkan utk wireless bluetooth itu (Ro.155rb) tidak sama dengan harga di web aplikasi Shopee (Rp.199,598 discount 50% dari harga awal Rp.399,000) berarti disini diduga ada indikasi pengeditan (pemalsuan) data...siapkah anda berhadapan dengan pihak Shopee juga?

    BalasHapus
  44. Fingo..ternyata oh.. ternyata....ponzi lagi...ponzi lagi...bosan ah..itu2 melulu...

    BalasHapus
  45. Terima Kasih atas pencerahannya Bang. Tetap menghimpun banyak data untuk mendukung setiap opini dan berita di web ini, agar lebih Valid. Izin share ke teman ya. Terima Kasih.

    BalasHapus
  46. Kok situs seperti ini masih ada ya.. Jelas jelas fingo bukan mlm. Fingo sudah berikan bukti.. Saya harap ini menuju ke pengadilan agar bisa di selesaikan di atas hitam putih. Krn ini sudah bukan lgi hoaks tapi sudah ke fitnah yang sangat keji.... Tidak tahu info tentang fingo tapi menjelekkan fingo.

    BalasHapus
  47. Sangat setuju

    BalasHapus
  48. Artikel yang sangat menarik, semoga masyarakat Indonesia banyak yang terbantu lewat tulisan ini. Dan tidak tertipu dengan bisnis MLM sesat ini. Yang menampilkan sebuah aplikasi yang sangat cantik,padahal hanya untuk kamuflase/bertopeng e-commerce.

    BalasHapus
  49. Anda sdh join di fingo? Bagaimana skema bisnisnya?

    BalasHapus
  50. sesto elemento12 Mei 2020 09.03

    sy juga baru ditawarin utk join Fingo oleh kerabat dan jualannya memang selalu membawa2 nama jack ma dan masayoshi son serta deddy corbuzier kalo diindonesia. Dan setelah sy cek harga barang yg umum seperti elektronik selalu lebih mahal dan lama pengiriman bisa sampai 22 hari

    BalasHapus
  51. Iya bang kalau semua ikut fingo trus siapa yg belanja....lowongan kerja penuh dengan fingo..

    BalasHapus
  52. Ya bro semua di ajak gabung....la trus yang jadi pembelinya siapa....ini kok malah fokus rekrut orang dengan membagikan kode referal....la kalau semua tiap hari cari member baru trus jualannya kapanπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  53. Daftar Fingo GRATIS
    πŸ‘‰ KLIK Disini bit.ly/myfingoshop
    Atau Download via Aplikasi Playstore atau Appstore

    Kode Inviter : EYBJJA
    Info Hub WA 085727902803

    BalasHapus
  54. Barisan sakit hati selalu begini ceritanya dan akan selalu menyebar hoax dan fitnah tetapi kalau kebenaran tetap akan benar nanti kita lihat aja prosesya masalah diundur waktu launchingnya itu karena kondisi Covid 19 bukan karena ada masalah pak, jadi tetap kita berpikir positifya. ..dalam sukses.

    BalasHapus
  55. lu yg sampah, sudah terjerumus lalu panik, takut gada yg join ntar hahaha... gada yg bisa lu tipu, yaelah 800rb relain aja bro, kecil itu mah, tobat nak

    BalasHapus
  56. Saya juga member fingo, nggk ada tu buktinya yg dia ceritakan tentang fingo, di Malaysia awal mulanya mmng bermasalah, tp sdh clear.. sy punya tmn di Malaysia sebagai member fingo, dia aman2 aja tu..

    BalasHapus
  57. klo di Malaysia sekarang banyak yg dilaporkan ke polisi. saya masih di Malaysia, nanti klo saya jadi pulang bulan 6 tunggu saya akan laporkan anda ke polisi. saya sudah ambil bukti yg bisa saya ambil.

    BalasHapus
  58. Yang di komentari cuma Produk yang didapat dari join member saja. Kenapa tidak kasi penjelasan mengenai Produk yg di MARK UP sampai sebanyak itu? Fingo selalu menekankan mereka e-commerce, bukan MLM, kalau memang fokus di e-commerce, kenapa harganya seperti itu? Bagaimana SH, PS, AM dll nya bisa dapat untung dari penjualan produk? Sedangkan produknya di mark up setinggi itu. Bagaimana bisa bersaing dgn E-commerce lain? Kalau memang MLM ya bilang aja MLM Piramida. Gitu aja kog repot pakai bahasa E-commerce.

    BalasHapus
  59. Mw dilaporkan bagaimana, wong ga jelas yg membuat Website nya aj,

    BalasHapus
  60. Mw dilaporkan bagaimana, wong ga jelas yg membuat Website nya aj, bahkan saya lihat berita2 ttg Fingo malasyia pada jadi tredingcenter, banyak masyrakat yg merasa terbantu dg Fingo karena bonus juga transparan smw ada diaplikasi dr belanjanya para Shopper, menurut saya malh ini bagus, dibanding MLM yg harganya jauh diakal, saya lihat harga2 d Fingo standar dg Marketplace lain bahkan banyak yg lbh murah, dan ktk dibandingkan dg harga di Marketplace lain lbh mahal di Fingo itu ga bner, jagnkan dg Fingo masih dlm satu marketplace saja beda, misalkan produk A ditoko X harganya beda dg toko y, pdhal sama2 jenis produk A, di toko y lbh murah drpd X, dn ktk saya lihat produk A di Fingo harganya sama dg di X, oh berarti itu yg asli, yg di toko y kemungkinan KW,
    Jadi menurut saya jgn terllu mndengarkan berita yg hanya sebelah pemberitaanya, bagi pembaca yg budiman agar bisa menilai jgn baca dr salah satu sumber, krn bisnis skrg saking banyaknya e comerse bisa saja org yg nulis di Website tanpa alamt yg jelas ini adalh bener2 dibayar oleh yg merasa tersaingi.
    Kita bercermin aj ke alfamart indomart dulu di kecam skrg pd bersiri dimana2, gojek pada ribut2 antara ojek dan taksi reguler ngadu ke pemerintah utk ditutup sekrg malh makin ngembang ada gofood ada grab bahkan terbaru ada kosjeg, nah Fingo saya rasa akn rame dan bagus peluang di Indonesia krn sekrg belanja online sdh marak di indonesia.. Carilah berita yg isinya positip saja, spt lebah sellu mencari madu, klw lalat selalu mencari sampah yg kotor2.. Jadilah anda lebah jangn jadi lalat..

    BalasHapus
  61. Nah, itu ada org nya berani muncul comment. Silahkan diskusi kan. Menurut saya, wajar2 aja kalau ada sebuah bisnis baru utk di analisa, baik maupun buruk nya. Krn tdk smua bisnis itu selalu tepat seperti yg di harapkan atau di bayangkan. Ada yg di awal lounching nya doang yg heboh, tp berikut nya udh lesu. Dan kalau udh lesu, apa yg terjadi? Dan apa efek nya? Semua harus di kaji dari awal agar tidak nyusruk atau nyungsep nanti nya. Terimakasih.

    BalasHapus
  62. Nah, itu org nya berani muncul dan sudah menjawab juga. Coba lah berdiskusi dgn baik, agar menghasilkan kesimpulan yg baik dan berguna nnti nya bagi bnyk org. Menurut pendapat saya, wajar dan normal kalau sebuah bisnis baru itu utk di analisa dan di kaji kembali. Bagaimana sejarah bisnis itu muncul, benar atau tdk nya sejarah bisnis itu, baik dan buruk nya seperti apa, benar2 menguntungkan atau tidak. Ibarat org mau buka usaha, bnyk hal yg perlu di kaji dan di analisa. Dan hrs siap menerima kritikan. Terimakasih.

    BalasHapus
  63. nah ini yang namanya logika joss

    BalasHapus
  64. shopee itu banyak penjual. cari yang termurah tapi terpercaya (banyak review, contohnya)

    BalasHapus
  65. Syukur sekali saya bisa ketemu pembahasan ini,saya baru saja ditawarin untuk join fingo, karena sekarang banyak skema2 penipuan,saya harus hati2...

    Terima kasih kepada Pembahas yg sudah memperingatkan.

    BalasHapus
  66. pembaca jujur13 Mei 2020 22.53

    kalau saya sebagai pembaca liat penjelasan di web ini, dari awal sampai ke akhir, intonasi tulisan nya tinggi semua. seolah penuh dengan amarah waktu nulis dan niat menjatuhkan.
    mirip seperti buzzer, atau competitor atau orang pernah disakiti...atau akan tersakiti nantinya. calm down aja.
    kalau memang fingo penipuan,
    membernya gak dpt barang, ya sudah pasti dinegara lain ijin mereka dicabut dan diblacklist. gak akan menunggu sampai 6 bulan saya rasa..karena kelamaan. toh klo ketipu? gakk masalah lah org kena tipu toh cuma 800rb aja, dan katanya mereka(member) ngaku malah dpt barang ya, jd ya gak rugi2 amat klo ditipu dpt barang. gak seberapa duit segitu. anggap kalah judi.
    terus klo bandingin barang, Mark up 2 x lipat, saya rasa yg namanya marketplace dimana2 selalu ada penjual yg menjual lebih mahal dan ada yg lebih murah. ya pintar2 pembeli aja untuk cari produk yg murah dan kualitas, mau itu beli difingo, shoppie, lazada dll...ya so what lah mreka masing2 punya pasarnya.
    terus katanya fingo telah melanggar UU Permendag? ya kalau memang sudah melanggar tentu saja nanti fingo gak akan bisa launching dong di indo,! jadi anda akan menjadi sangat terkenal sebagai analis bisnis yg ajip. tapi kalau sebaliknya nanti mreka bisa launching. artinya dugaan saya benar bahwa tulisan anda berbau buzzer, yg entah dibayar berapa oleh competitor untuk black Champaign buat jurnal ini. jadi ya kita sama sama tunggu tanggal main nya saja ya.
    saya disini hanya sebagai pembaca, tak berpihak kesemua pihak.

    BalasHapus
  67. Ok kita bahas ya tulisan di atas, karena saya tulis ini dimoderasi tidak ditampilkan jadi saya reply di sini:
    1. Anda mungkin tidak pernah belajar kalau perusahaan itu perlu mengeluarkan uang untuk iklan, itu bisa milliaran per tahun lho, jadi ya jangan aneh kalau orang bayar RM199, dapat produk dan voucher, itu tidak seberapa dibandingkan keluarkan iklan milliaran per tahun.
    2. Mengenai founder Fingo, jangan pakai bahasa sini kalau mau cari tau sebelumnya Jack Yi, Messi Wang dan Yundong Liu kerja di mana, karena mereka memang baru 1 tahun membuka Fingo di Asia Tenggara, coba pakai bahasa Mandarin, karena mereka dari China seperti yang kamu tuliskan di atas. Dan yang kerja sama Jack Ma itu kan banyak sekali, ya wajar saja kalau ada yang branding dirinya seperti itu, yang jelas jika dia punya perusahaan dan Chu Xin Capital pendana e commerce besar dan Softbank Jepang mau memberikan dananya, berarti mereka bukan orang-orang biasa. Kamu cuma menghujat, coba buktikan bisa dapat dana dari perusahaan besar.

    3. Anda membandingkan harga di pilih yang memang kebetulan lebih tinggi, tetapi tidak menampilkan juga di luar itu banyak yang lebih murah apalagi untuk PS masih mendapatkan cashback 10% - 15% terus menerus seumur hidup. Sayang saya tidak bisa attach produk lain yang harganya di bawah dari market place lain di sini, Tidak ada supermarket yang semua produk nya pasti lebih murah atau lebih mahal dari yang lain, bahkan supermarket di Indonesia yang menyatakan dia paling murah, sebenarnya kalau dibandingkan ada saja yang lebih mahal dari tempat lain. Fingo tidak pernah klaim semua produknya paling murah, tetapi Fingo bekerja sama dengan pemegang merk langsung sehingga bisa dijamin keasliannya.

    4. Saya sudah dapat kok barang giftpack pesanan saya dan kualitas bagus, juga team saya sudah banyak yang sudah dapat. Jangan menuduh sembarangan Fingo tidak kirim barang.

    5. Anda tidak pernah mempelajari system marketing nya Fingo kalau bilang Fingo piramida, karena di Fingo yang bekerja lebih keras itu bisa naik level lebih tinggi kalau sponsor atau yang di atas nya tidak bekerja, karena ada aturan AM tidak bisa ada di bawah PS. Sedangkan yang dibilang system piramida itu yang awal daftar selalu pasti lebih tinggi, nah tidak seperti itu kenyataannya di Fingo, jadi Fingo bukan skema piramida.

    6. Biaya pendaftaran tidak naik, tetap RM199 dan RM229, yang berbeda itu kurs ringgit, karena kurs itu memang berubah-ubah mengikuti kurs. Sekarang sudah turun menjadi sekitar 720 ribu.

    7. Di Fingo itu ada cashback referral dan cashback belanja, jadi tetap ada keuntungan dari orang yang belanja dimana Fingo produk nya langsung dari pemegang merk, jadi bisa dijamin asli, dan Fingo tidak membayar untuk iklan gila-gilaan seperti marketing e-commerce lain, melainkan itu diberikan kepada para affiliate nya yang berprestasi untuk sharing informasi-informasi ke para shopper dan affiliate marketer lainnya. Jadi wajar Fingo membayar mahal orang-orang yang sudah bekerja keras memperkenalkan Fingo.

    Jadi banyak sekali informasi yang Anda tuduhkan tidak tepat, Anda mencuri impian orang lain untuk memiliki bisnis yang dapat memberikan perubahan hidup kepada mereka, jika Anda tidak mau ikut ya tidak masalah tetapi tidak tepat merusak impian orang lain tanpa memberikan informasi yang benar.

    Salam sukses Fingo!!

    BalasHapus
  68. Patika Juhera14 Mei 2020 04.33

    Setiap negara mempunya hukum yang jelas dan mempunyai orang-orang IT yang cerdas. Kalau memang itu menyesatkan kenapa sampai saat ini masih launching ei negara tersebut dan di setiap medsos?

    BalasHapus
  69. Patika Juhera14 Mei 2020 04.37

    Setiap negara mempunya hukum yang jelas dan mempunyai orang-orang IT yang cerdas. Kalau memang itu menyesatkan kenapa sampai saat ini masih launching di negara tersebut dan di setiap medsos?

    BalasHapus
  70. 1. Anda mungkin tidak pernah belajar kalau perusahaan itu perlu mengeluarkan uang untuk iklan, itu bisa milliaran per tahun lho, jadi ya jangan aneh kalau orang bayar RM199, dapat produk dan voucher, itu tidak seberapa dibandingkan keluarkan iklan milliaran per tahun.
    2. Mengenai founder Fingo, jangan pakai bahasa sini kalau mau cari tau sebelumnya Jack Yi, Messi Wang dan Yundong Liu kerja di mana, karena mereka memang baru 1 tahun membuka Fingo di Asia Tenggara, coba pakai bahasa Mandarin, karena mereka dari China seperti yang kamu tuliskan di atas. Dan yang kerja sama Jack Ma itu kan banyak sekali, ya wajar saja kalau ada yang branding dirinya seperti itu, yang jelas jika dia punya perusahaan dan Chu Xin Capital pendana e commerce besar dan Softbank Jepang mau memberikan dananya, berarti mereka bukan orang-orang biasa. Kamu cuma menghujat, coba buktikan bisa dapat dana dari perusahaan besar.

    3. Anda membandingkan harga di pilih yang memang kebetulan lebih tinggi, tetapi tidak menampilkan juga di luar itu banyak yang lebih murah apalagi untuk PS masih mendapatkan cashback 10% - 15% terus menerus seumur hidup. Sayang saya tidak bisa attach produk lain yang harganya di bawah dari market place lain di sini, Tidak ada supermarket yang semua produk nya pasti lebih murah atau lebih mahal dari yang lain, bahkan supermarket di Indonesia yang menyatakan dia paling murah, sebenarnya kalau dibandingkan ada saja yang lebih mahal dari tempat lain. Fingo tidak pernah klaim semua produknya paling murah, tetapi Fingo bekerja sama dengan pemegang merk langsung sehingga bisa dijamin keasliannya.

    4. Saya sudah dapat kok barang giftpack pesanan saya dan kualitas bagus, juga team saya sudah banyak yang sudah dapat. Jangan menuduh sembarangan Fingo tidak kirim barang.

    5. Anda tidak pernah mempelajari system marketing nya Fingo kalau bilang Fingo piramida, karena di Fingo yang bekerja lebih keras itu bisa naik level lebih tinggi kalau sponsor atau yang di atas nya tidak bekerja, karena ada aturan AM tidak bisa ada di bawah PS. Sedangkan yang dibilang system piramida itu yang awal daftar selalu pasti lebih tinggi, nah tidak seperti itu kenyataannya di Fingo, jadi Fingo bukan skema piramida.

    6. Biaya pendaftaran tidak naik, tetap RM199 dan RM229, yang berbeda itu kurs ringgit, karena kurs itu memang berubah-ubah mengikuti kurs. Sekarang sudah turun menjadi sekitar 720 ribu.

    7. Di Fingo itu ada cashback referral dan cashback belanja, jadi tetap ada keuntungan dari orang yang belanja dimana Fingo produk nya langsung dari pemegang merk, jadi bisa dijamin asli, dan Fingo tidak membayar untuk iklan gila-gilaan seperti marketing e-commerce lain, melainkan itu diberikan kepada para affiliate nya yang berprestasi untuk sharing informasi-informasi ke para shopper dan affiliate marketer lainnya. Jadi wajar Fingo membayar mahal orang-orang yang sudah bekerja keras memperkenalkan Fingo.

    Jadi banyak sekali informasi yang Anda tuduhkan tidak tepat, Anda mencuri impian orang lain untuk memiliki bisnis yang dapat memberikan perubahan hidup kepada mereka, jika Anda tidak mau ikut ya tidak masalah tetapi tidak tepat merusak impian orang lain tanpa memberikan informasi yang benar

    BalasHapus
  71. bisnis sesat lain juga bisa launching kok. Gak bisa jadi ukuran. Tampil di setiap medsos? omg. Lebih lagi tak bisa jadi ukuran.

    BalasHapus
  72. Mantap mbak...harus dilaporkan biar kayak dimalaysia, yang hanya bilang fingo MLM aja langsung kena tindkan , apalagi ini πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  73. Lo org sakit, gak heran lo susah

    BalasHapus
  74. GW Promote Bang Web Lu Biar Masyarakat Indonesia Nggak ada yang kena Penipuan Online.

    BalasHapus
  75. Walah...bro Brahm Anuga. Komentar saya 14 Mei tadi pagi tadi kok dak di publish. takut ya. ternyata ente sama aja maling teriak maling.

    BalasHapus
  76. Komentar saya 14 Mei tadi pagi tadi kok dak di publish. takut ya. ternyata ente sama aja maling teriak maling.

    BalasHapus
  77. BETULLL..., maling teriak maling pak si Brahm Anuga. semua postingan saya dak ada yg di publish.

    Salam go AT.

    BalasHapus
  78. Rugi BESAR ente bro...
    japri saya di komputer77@yahoo.com.
    saya ajak main logika soal fingo.

    BalasHapus
  79. Halo admin. Tks artikelnya. Hanya saja knp analisisnya kurang dalam??
    Trus, Anda sendiri ada join bisnis apa? Mohon referensinya. Tks

    BalasHapus
  80. Ratman fingo15 Mei 2020 05.25

    Buat sahabat semuanya Yang mau tau tentang bisnis fingo ,bisnis yang lagi booming saat ini, khusus yang baca ini daftarnya sama saya GRATIS TISS......

    Klik http://bit.ly/info_fingo_indonesia http://bit.ly/info_fingo_indonesia

    πŸ˜πŸ’°πŸ’°πŸ’°πŸ’°πŸ’°

    BalasHapus
  81. Saya curiga saat salah satu web mitra member memberikan perbandingan harga Smartphone Oppo di Fingo dan di Shopee... sangat tidak mungkin di Fingo lebih murah... sedangkan fakta nya harga oppo sama di seluruh wilayah... konyol bangettt...

    BalasHapus
  82. Artikelnya bagus juga, info lengkap ttg fingo klik http://bit.ly/info_fingo_indonesia http://bit.ly/info_fingo_indonesia

    Emang dg kondisi ekonomi Indonesia yang menurun perlu gerakan yg kreatif dan inovatif, sesuatu itu harus perlu kita coba, wong daftar fingo gratis ini..... πŸ˜πŸ’°πŸ’°

    BalasHapus
  83. Awalnya saya join Fingo diajak kawan yg ada di Malaysia, dan saya bergabung dengan membeli produk Baseus Air Purifier seharga 650rb. Dalam waktu kurang dari 1 bulan, barangnya sudah sampai ke tempat saya di Padang. Barangnya langsung saya gunakan untuk membersihkan udara dan menghilangkan bau di mobil saya. Dan alhamdulillah, saya sangat puas menggunakan barangnya, karena benar benar 100% bisa menghilangkan bau di mobil, menjadi udara terasa murni tanpa bau, dan tak perlu lagi ditambah pengharum. Saat ini saya malah memesan isi ulang cairan yang ada dalam alat itu. Silahkan cek alatnya disini:
    https://t.publicecommerce.com/16cELr

    BalasHapus
  84. ditunggu, ditunggu

    BalasHapus
  85. πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£
    Banyak sekali pemain MLM yg kebakaran jenggot takut sama Fingo dan sebar fitnah yg engga2, ini berita yg sebenarnya :

    Fingo Malaysia Sdn Bhd mencatat pencapaian luar biasa apabila jumlah pembelian dalam talian meningkat antara 150 peratus sehingga 200 peratus sejak pelaksanaan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) pada 18 Mac lalu.

    Ketua Pegawai Eksekutif Kumpulannya Jack Yi berkata, beliau yakin peningkatan itu menunjukkan masyarakat mula menerima Fingo sebagai model e-dagang yang unik.

    Sumber: https://www.bernama.com/bm/am/news_covid-19.php?id=1833945

    https://suarasarawak.my/2020/04/20/pkp-jualan-dalam-talian-fingo-melonjak-hingga-200-peratus/

    https://www.bisnessinar.com/jualan-dalam-talian-fingo-melonjak-hingga-200-peratus/

    https://focusmalaysia.my/mainstream/fingo-sees-up-to-200-rise-in-online-sales-during-mco/

    https://malaysiagazette.com/2020/04/20/pkp-jualan-atas-talian-fingo-melonjak-200-peratus/

    https://www.budiey.com/jualan-fingo/

    https://suaramerdeka.com.my/jualan-fingo-melonjak-200-peratus-dalam-tempoh-pkp/

    https://bebasnews.my/?p=34492

    BalasHapus
  86. πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£πŸ“£
    Banyak sekali pemain MLM yg kebakaran jenggot takut sama Fingo dan sebar fitnah yg engga2, ini berita yg sebenarnya :

    Fingo Malaysia Sdn Bhd mencatat pencapaian luar biasa apabila jumlah pembelian dalam talian meningkat antara 150 peratus sehingga 200 peratus sejak pelaksanaan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) pada 18 Mac lalu.

    Ketua Pegawai Eksekutif Kumpulannya Jack Yi berkata, beliau yakin peningkatan itu menunjukkan masyarakat mula menerima Fingo sebagai model e-dagang yang unik.

    Sumber: https://www.bernama.com/bm/am/news_covid-19.php?id=1833945

    https://suarasarawak.my/2020/04/20/pkp-jualan-dalam-talian-fingo-melonjak-hingga-200-peratus/

    https://www.bisnessinar.com/jualan-dalam-talian-fingo-melonjak-hingga-200-peratus/

    https://focusmalaysia.my/mainstream/fingo-sees-up-to-200-rise-in-online-sales-during-mco/

    https://malaysiagazette.com/2020/04/20/pkp-jualan-atas-talian-fingo-melonjak-200-peratus/

    https://www.budiey.com/jualan-fingo/

    https://suaramerdeka.com.my/jualan-fingo-melonjak-200-peratus-dalam-tempoh-pkp/

    https://bebasnews.my/?p=34492

    BalasHapus
  87. Saya jadi bingung rencananya mau gabung ke fingo jadi takut tlg solusi terbaik nya dong makasih sebelumnya

    BalasHapus
  88. market place yg ada saja dan gratis banyak bisa dimanfaatkan. nda perlu repot recruting

    BalasHapus
  89. yauda kalo mnrt bapak ini hoaks dan fitnah, buktikan dgn fakta dan sumber yg kredibel mnrt bapak aja. gitu aja kok repot.

    bapak sendiri bikin statement ini sudah cross check juga belum? jgn sembarangan tuduh juga pak :))

    BalasHapus
  90. Saya sudah daftar Fingo, dan upgrade ke PS, membayar 800 ribu untuk beli barang, dan sudah 1 bulan lebih barang tetap belum saya terima. Saya sempat kaget waktu melihat pilihan barang yang bisa saya dapat dengan harga 800ribu itu, luar biasa mahall, tidak sesuai dengan harganya. Tapi karena saya daftar dan upgrade dengan cara dibimbing melalui telpon oleh Leader teman baik saya, saya merasa gak enak untuk membatalkan. Ya sudahlah, anggap saja menolong teman. Setelah upgrade ke PS baru saya mempelajari Fingo lebih lanjut, dan sadar bahwa ini bukan seperti ynag mereka katakan. Saya tidak akan pernah punya bisnis online shop. Bahkan tidak bisa dropship, atau jadi reseller sekalipun. Saya hanya akan mendapat uang kalau bisa rekrut orang untuk jadi PS,dan membayar 800ribu juga. Kalau orang yang saya dapat melalui link saya hanya 'daftar' saja, saya tidak mendapatkan apa2. Jadi ulasan di website ini benar adanya. Kalau tidak mau disebut MLM, jadi apa namanya? Dan yang lebih parah, saya membaca bahwa Deddy Corbuzier tidak ada hubungan dengan Fingo. Konten video Deddy Corbuzier ternyata dicuri dan ditambahkan tulisan2 mengenai Fingo, dan dipakai untuk keperluan promosi. Ada banyak berita mengenai ini, dan saya juga sudah melihat video asli Deddy Corbuzier yang belum dipotong2 dan diedit oleh Fingo. Mari kita promote website ini untuk mencegah lebih banyak korban seperti saya.

    BalasHapus
  91. Sebarkan ke berbagai forum medsos baik fb atau wa,informasi ini bagus untuk menangkal korban lebih banyak lagi. secara hukum saja tidak legal beroperasi di indonesia, ini tidak lebih dari permainan uang dengan merekrut member baru jadi PS dengan biaya 750.000,-. kalau fingo ecomerce murni maka tentu akan memberikan kesempatan member untuk jualan di situsnya,ini tidak, kasihan orang selalu di iming-iming dapat uang sampai milyaran hanya dengan share link. kalau mau kaya itu buat usaha, bukan sebarin link, itu namanya membuat orang kaya makin kaya, lu melarat sendiri. namanya MLM ya begitu, kira-kira member sudah habis yang mau direkrut, maka pesta usai dan tinggal jadi kenangan.nangis. kalau ada iming-iming dapat income sampe millyaran hanya sebar link , sudah pasti itu BOHONG.

    BalasHapus
  92. Menghimpun dana masyarakat Indonesia, izin ojk sdh ada ? Transparasi kepengurusan siapa saja orang2nya di Fingo Indonesia? Kenapa tdk nunggu ipo /saham saja lebih jelas aturannya. Kalo bos besarnya di LN, yg menikmati mereka, ada kasus susah ditindak nantinya.

    BalasHapus
  93. Untung. Cari tau tentang fingo. Lumayan 800rb bisa raib. Jaman lagi susah begini. Thx bro

    BalasHapus
  94. Agus Mulyono19 Mei 2020 07.45

    Kala biznet gimana lagi ini produknya ?tolong ada yg beri pencerahannya sebab saya juga ditawari

    BalasHapus
  95. terima kasih atas infonya, saya baru ditawarin fingo, untung belum bayar

    BalasHapus
  96. Michael Liem19 Mei 2020 10.23

    Lihat kualitas juga, bro. .
    Fingo itu yang dijual barang-barang exclusive, dijamin keasliannya dan langsung diambil dari produsen, jadinya harga barang di Fingo itu 1 harga semuanya. .
    Jangan cuma lihat gambar, bro. .
    Walaupun gambar sama, tapi jika harganya berbeda, kualitasnya tentu berbeda juga. .
    Saya pedagang online dan juga sering berjualan online, jadinya saya tahu kualitas barang, bro. .
    Saya sering tertipu karena gambar. .
    Gambarnya emang sama persis, tapi setelah saya beli yang harganya lebih murah, kualitasnya jauh berbeda dengan barang yang sama dibeli oleh teman saya dengan harga yang lebih mahal. .

    BalasHapus
  97. kl pingo nanti loncing trus direstuin pemerintah, gmn? kl g lolos sih g ush dbhs, artiny emang g bnr, tp kl di acc pemerintah, apakah g bnr jg..(iseng2 nanya..hehehe)

    BalasHapus
  98. Saya sebenarnya tertarik dengan bisni Affiliate-nya. Tetapi karena informasi ini.

    Terima Kasih infonya, saya berharap semoga tidak ada orang Indonesia terjebak di bisnis Fingo.

    Boleh diinfokan jika ada bisnis affiliate yang bagus, seperti dulu Amazone Affiliate ya?

    BalasHapus
  99. Saya pun ada daftar di fingo. Karena takut, jd tdk sampai ke tahap mentransfer uang 800ribu itu. Gara2 fokus utama fingo di suruh cari member utk join bisa dpt komisi.

    BalasHapus
  100. Wah kena tipu gua. 850. Mudah mudahan jadi sumber api neraka buat mrk. Amiin.

    BalasHapus
  101. Bagi orang awam mungkin tidak tahu, tapi bagi kami para IT tahu banget bahwa web bahasbisnis ini web hoax. Tujuan kami adalah memberantas fitnah dan hoax di negeri tercinta ini.
    Berikut data web bahasbisnis.com
    Registrant Contact Information:
    Name
    WhoisGuard Protected
    Organization
    WhoisGuard, Inc.
    Address
    P.O. Box 0823-03411
    City
    Panama
    State / Province
    Panama
    Postal Code
    Country
    PA
    Phone
    +507.8365503
    Fax
    +51.17057182
    Email

    Administrative Contact Information:
    Name
    WhoisGuard Protected
    Organization
    WhoisGuard, Inc.
    Address
    P.O. Box 0823-03411
    City
    Panama
    State / Province
    Panama
    Postal Code
    Country
    PA
    Phone
    +507.8365503
    Fax
    +51.17057182
    Email

    Technical Contact Information:
    Name
    WhoisGuard Protected
    Organization
    WhoisGuard, Inc.
    Address
    P.O. Box 0823-03411
    City
    Panama
    State / Province
    Panama
    Postal Code
    Country
    PA
    Phone
    +507.8365503
    Fax
    +51.17057182
    Email

    Lihat email untuk mendaftar domain websites hoax apakah itu email yang wajar .........?

    BalasHapus
  102. Coba loloskan komen saya ini...Bagi orang awam mungkin tidak tahu, tapi bagi kami para IT tahu banget bahwa web bahasbisnis ini web hoax. Tujuan kami adalah memberantas fitnah dan hoax di negeri tercinta ini.
    Berikut data web bahasbisnis.com
    Registrant Contact Information:
    Name
    WhoisGuard Protected
    Organization
    WhoisGuard, Inc.
    Address
    P.O. Box 0823-03411
    City
    Panama
    State / Province
    Panama
    Postal Code
    Country
    PA
    Phone
    +507.8365503
    Fax
    +51.17057182
    Email

    Administrative Contact Information:
    Name
    WhoisGuard Protected
    Organization
    WhoisGuard, Inc.
    Address
    P.O. Box 0823-03411
    City
    Panama
    State / Province
    Panama
    Postal Code
    Country
    PA
    Phone
    +507.8365503
    Fax
    +51.17057182
    Email

    Technical Contact Information:
    Name
    WhoisGuard Protected
    Organization
    WhoisGuard, Inc.
    Address
    P.O. Box 0823-03411
    City
    Panama
    State / Province
    Panama
    Postal Code
    Country
    PA
    Phone
    +507.8365503
    Fax
    +51.17057182
    Email

    Lihat email untuk mendaftar domain websites hoax apakah itu email yang wajar .........?

    BalasHapus
  103. Sudah ada ribuan member akan menggugat dia. Tunggu aja nanti setelah fingo resmi di indonesia, pasti mewek dan memohon mohon minta diampuni, bukan fingo aja yg dia fitnah paytren dll juga di jelekan, tunggu ya

    BalasHapus
  104. Di web ini ga akan ada solusi yg ada fitnah keji , pemilik web ini pengangguran yg usahanya terlindas usaha usaha yg canggih dan modern , atau di pernah jadi PS yg gagal punya mental tempe ,

    BalasHapus
  105. Saya dan banyak dari member Fingo tidak merasa dirugikan bahkan kami sangat tertolong ekonomi kami disaat pandemi corona seperti sekarang ini. Yg lucunya kami member Fingo tidak merasa rugi tapi malah orang yg bukan member Fingo jelek2in Fingo jadi provokator, ini pasti ada udang dibalik batu, kompetitor gak seneng lihat kami sukses.

    BalasHapus
  106. Ahhh ini mah jebakan !! Web ini Fake buatan dr org MLM yang kebakaran Jenggot!! FINGO REAL BUSINESS dan saya sudah dapat pasif income disana .. kalau mau bukti boleh japri saya dan saya tunjukan bukti yang sudah saya dapat! Semoga dari komentar ini dapat menyadarkan Anda yang membaca.. semoga Kalian lebih smart bisa membedakan mana yang positif dan mana yang negatif ! Jangan karena 1 web tidak bertanggung jawab seperti ini meracuni pikiran Kalian ! Mana ada modal kecil tapi untung besar kalau bukan program afiliasi yang ada di dalam FINGO .. hahaha KALAU MLM modal besar ditambah ada kadaluarsa nya dan diharuskan membeli produk nya .. kalau ini ecommerce mana ada begitu begituan ?? Tolong dong dibuka pikirannya jangan sampai tertipu dengan web abal abal begini hahaha..

    BalasHapus
  107. gila lu dro namanya.

    Pendirinya yang komentar. wkwkwkwkw

    Gue juga ah biar muncul paling atas nih blog.

    Gue abis di undang di grupnya. Terus ribut dah. Ga mau di bilang MLM.

    Sepakat sama ni artikel

    BalasHapus
  108. Sepahama saya dengan artikel ini. Terimakasih Sudah Di wakilkan

    BalasHapus
  109. Baru join tp blum smpet bayar 750rb

    BalasHapus
  110. Saya baru saja gabung 2mingguan, sy simak semua ulasan diatas, fingo tipu2 berkedok e commerce, sy kira ulasan yg masuk akal dan perlu dijelaskan secara clear oleh pihak fingo indonesia supaya jika ilegal tdk timbul korban yg lebih banyak lagi. Dan jika betul legal spy yg sungguh2 mau mencari nafkah di sini tdk was was. Krn itu sy hanya ingin tanya, jika betul fingo blm bs launching di indonesia krn terkendala covid 19, okelah bisa dipahami., tapi tolong dijawab jika karena alasan covid 19 sehingga tdk bs launching artinya secara legal sdh ada izin dari pemerintah. Dan jika benar fingo itu legal artinya di indonesia sdh ada kantornya, Krn salah satu syarat utk pengurusan perizinan wajib melampirkan alamat usahanya. Dan siapa penanggungjawab di indonesia. Mohon dijawab oleh fingo indonesia. dimana alamat kantornya di indonesia?. Dan siapa penanggungjawabnya. Ditunggu.

    BalasHapus
  111. Saya simak semua ulasan diatas, " fingo tipu2 berkedok e commerce ", sy kira ulasan yg masuk akal dan oleh karena itu perlu dijelaskan secara clear oleh pihak fingo indonesia supaya tdk ada kekisruhan sperti ini. jika ilegal spy tdk timbul korban yg lebih banyak lagi. Dan jika betul legal spy yg sungguh2 mau mencari nafkah di sini tdk was was.
    sy hanya ingin tanya, jika betul fingo legal dan dan sdh mengantongi izin dari pemerintah, tetapi krn covid 19 sehingga launching yg sedianya (katanya) dilaksanakan pd bln maret 2020 ditunda. Pertanyaannya, jika benar fingo itu legal artinya di indonesia sdh ada kantor pusatnya, Krn salah satu syarat utk pengurusan perizinan wajib melampirkan alamat usahanya. Dan siapa penanggungjawab di indonesia. Mohon dijawab oleh fingo indonesia. dimana alamat kantornya di indonesia?. Dan siapa penanggungjawabnya. Ditunggu.

    BalasHapus
  112. Jika fingo legal artinya sdh mengantongi ijin pemerintah.. yg artinya juga punya alamat yg jelas sebagai kantor pusat di indonesia. Mohon dijawab dimana kantor pusat di indonesia dan siapa penanggungjawabnya. Supaya tdk menimbulkan polemik.

    BalasHapus
  113. Smoga aj fingo gak spt mlm,spt paytrend ,qnet,dream from freedom

    BalasHapus
  114. Saya sudah baca keseluruhan artikel dan komentar juga, terimakasih atas pemahamannya, untuk masyarakat indonesia termasuk saya berhati-hatilah terhadap hal baru, harus banyak² sharing, jangan mudah terbawa arus dengan tawaran² yang menggiurkan

    BalasHapus
  115. Kalau saya lihat system nya Fingo tidak mengharuskan menjadi PS ( prefered shopping ) , hanya di jelaskan kalau mau menikmati komisi dari Down Line nya harus mendaftar sebagai PS . Bagi rekan rekan yang sekedar mau Shoping aja nga perlu bayar sampai 800.000 sebagai syarat menjadi PS . Bagi yang mendaftar sebagai shooper tidak di kenakan biaya , hanya diperlukan preferal number dan kalau mau belanja tinggal membandingkan dengan Tokopedia , Shopee dll , kalau lebih mahal nga usah beli. Nanti kalau sdh opening di indonesia , bagi shooper tinggal membuat pilihan mau jadi shooper aja atau jadi PS ( prefered Shooper ) tinggal anda sendiri yang memutuskan . Masalah ijin / legalitas fingo itu urusan Management fingo . Namanya juga di indonesia bisa keluar juga bisa tidak keluar. Karena banyak pro & kontra untuk setiap “pendatang baru “ , kita nga tau mana yg benar sampai terbukti kebenaran nya. Jadi kalau mau aman ya daftar aja sebagai shooper yang gratis ... nanti kalau memang sdh terbukti launching , tinggal pilihan kita sendiri mau jadi shooper atau prefered shooper ? Kalau pilih shooper nanti tinggal pilihan kita aja , kalau harga murah sengat merek yang sama kita bisa beli, kalau mahal ya nga usah. Itu semua kan bergantung pilihan kita masing-masing masing-masing ,

    BalasHapus
  116. Hi teman - teman,
    Nama saya Rusli.
    Saya akan mencoba untuk menjelaskan ttg bisnis Fingo, karena bisnis Fingo adalah bisnis yang legit tidak seperti apa yg di tulis pada website ini, apakah teman-teman percaya atau tidak ? Itu semua tergantung sudut pandang dan pemahaman kita masing masing.

    BalasHapus
  117. Begini, Fingo adalah e-commerce yang gak ada bedanya dgn e-commerce lain seperti lazada dkk, bedanya adalah Fingo menggunakan affiliasi partner membernya sebagai team promosi Fingo.
    Jadi Fingo, adalah network bisnis atau bisnis jaringan yang sistem promosinya melalui affiliasi partner dari orang orang yang bergabung ke dalam bisnis Fingo.

    Apakah Fingo adalah MLM atau Money Game ? Jawabannya adalah bukan, krn bisnis Fingo tidak memiliki syarat tertentu atau iming iming bonus yang tidak masuk akal seperti bisnis yang di tawarkan dalam money game.

    BalasHapus
  118. Intinya ada 2 sistem komisi yang member Fingo bisa dapatkan :
    1. Komisi dari merekrut member baru.
    2. Komisi dari pembelanjaan team.

    Mengapa harga barang yang sama di e-commerce Fingo lebih mahal daripada e-commerce lainnya di indonesia seperti Lazada dkk ?

    Jawabannya adalah karena regulasi pemerintah Malaysia dan Indonesia berbeda terkait dengan Pajak dan Bea Masuk barang import serta selisih nilai tukar Rupiah (Rp) dengan Ringgit Malaysia (RM)

    BalasHapus
  119. Bila ingin membandingkan barang yang sama yang di jual oleh e-commerce Fingo, bandingkan dengan e-commerce lainnya yang beroperasi di malaysia seperti Shoppee Malaysia dll, disana baru akan kelihatan perbedaan harganya apakah harga barang di Fingo kompetitif atau tidak.

    Karena regulasi pemerintah Indonesia lebih murah terkait pajak dan bea masuk juga selisih nilai tukar mata uang RM dan Rp dibanding pemerintah Malaysia. Makanya harga barang di Indonesia umumnya lebih murah dibandingkan negara Malaysia apalagi Negara Singapore.

    BalasHapus
  120. Bila harga Fingo malaysia lebih mahal, mana mungkin ada orang Indonesia yang mau belanja di Fingo dong ?
    Jawabannya adalah sudah pasti orang Indonesia gak mungkin ada yang mau belanja di Fingo sementara ini, karena Fingo saat tulisan ini dibuat (22 May 2020) masih terpusat di Malaysia.
    Akan tetapi, bila Fingo kelak telah buka atau launching di Indonesia tentunya dengan regulasi terkait pajak dan bea masuk akan sama seperti e-commerce lainnya di indonesia, jadi bisa dipastikan harga barang yang di jual kelak di Fingo Indonesia akan sangat kompetitif dan bisa bersaing dengan e-commerce lainnya di Indonesia seperti Lazada dkk.

    BalasHapus
  121. Jadi saat ini, memang Fingo masih berbasis di Malaysia, kita sebagai affiliasi partner yang menjalankan bisnis Fingo dengan membentuk team promosi sedang curi start menjelang Fingo Indonesia resmi di buka, karena saat Fingo Indonesia resmi lauching semua team promosi Fingo yang ada di indonesia hanya tinggal menikmati hasil (passive income) berupa komisi yang diberikan Fingo dari setiap orang yang belanja pada team promosinya.

    Oleh karena itu, menjelang Fingo Indonesia launching di Indonesia, member Fingo yang di Indonesia masih menerima komisi dari setiap rekrutment team promosi.

    BalasHapus
  122. Jadi kesimpulannya adalah Fingo bukanlah bisnis MLM ataupun Money Game.
    Fingo adalah Network Bisnis atau Bisnis Jaringan.

    Apakah teman - teman alergi terhadap Network Bisnis ?
    Sadarkan teman - teman bahwa pada prinsipnya setiap bisnis yang kita jalankan butuh network.
    Tanpa network tidak ada bisnis yang bisa jalan.
    Toko butuh customer sebagai networknya.
    Ojek online butuh penggunanya sebagai network.
    Intinya semua bisnis butuh network.

    Jadi kenapa harus alergi dengan Network Bisnis ?

    Setiap orang punya sudut pandang yang berbeda beda dalam melihat sesuatu terutama mengenai kesempatan.

    Fingo adalah sebuah kesempatan buat kita bisa berkembang meraih income yang tidak terbatas untuk mewujudkan mimpi kita masing masing.

    Apakah teman - teman melihat Fingo ini sebagai kesempatan emas atau kesempatan (maaf) taik ? Semua kembali kepada sudut pandang kita masing masing.

    Semoga penjelasan saya ini bisa sedikit menjawab kekeliruan atas informasi yang ada pada website ini.

    Salam
    Rusli
    WA 089605050679

    BalasHapus
  123. belum launching udah cari affiliate? waras?

    BalasHapus
  124. segitu doang? Duh ngaku orang IT bisanya segitu doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata oh ternyata si Bram ini buzzer bayaran toh,

      Hapus
  125. Permendag no.70?
    Menurut informasi dari para member fingo bahwa barang yang dikirim masih menggunakan alamat malaysia, karena memang belum bisa masuk Indonesia, barang2 tersebut dikirim ke Indonesia oleh para member yang memang berada di Malaysia, melanggarx dimana ya?apakah permendag no.70 berlaku juga di Malaysia?

    BalasHapus
  126. Saya baru dapat info dari saudara. Masalah utama adalah saya mau membandingkan produk yg benar benar bisa dibandingkan misalah handpho dan komputer tetapi setiap saya klik produk tersebut selalu crash.
    Saya mau bandingkan dengan lazada Malaysia dulu sebelum gabung. Tapi setiap klik produk selalu cras di hp saya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vtube, penipuan bisnis iklan lagi

EDC Cash Penipuan cucu MMM, ponakan E-Dinar