CAR 3i Network itu skema piramida?


Memangnya 3i Network itu skema piramida? Lihat pembahasan dibawah ini.

Pertama, tentang definisi

Skema piramida didefiniskan dengan cara yang berbeda-beda. Bisa di lihat dibagian referensi. Anda juga bisa Google berbagai referensi lain.
Meski artikulasinya berbeda-beda, cukup fair untuk mengatakan beberapa point yang selalu ada dalam defnisi tersebut adalah:
  • Fokus pada rekrut member baru.
  • Member untung kalau berhasil merekrut sejumlah member baru
  • Produk umumnya.hanya dijual di kalangan member atau untuk tujuaan menjadi member.
  • Produk kemahalan
  • Nilai manfaat produk kecil

Lalu, mana yang skema piramida?

Dengan definisi-definisi yang dijadikan panduan, mudah menyimpulkan bahwa Eco Racing, Qnet dan Paytren adalah skema piramida. Semua cirinya plek memenuhi definisi manapun yang dipakai.
Contoh eco racing. Member fokus pada rekrutmen member baru? Ya. Produk kemahalan? Ya. Produk hanya terjual dikalangan member atau syarat jadi member? Ya.
Hal yang sama dengan Qnet dan Paytren.

Tapi bagaimana dengan CAR 3i Network?

Ciri-ciri skema piramida yang ada di CAR 3i network:

Member fokus pada rekrut member baru.
CAR 3i Network memang dirancang supaya member fokus cari member baru.

Member untung kalau berhasil merekrut member baru.
Ini adalah tujuan dari perekrutan. Tujuannya sama dengan Eco Racing dan skema piramida yang lain: Dengan rekrut member baru, member baru akan beli produk, dan member lama akan dapat komisi.

Produk umumnya hanya dijual di kalangan member dan sebagai syarat jadi member baru, bukan ke masyarakat umum.
CAR 3i Network? Tentu. Semua produk yang dijual oleh CAR 3i Network adalah ke member baru atau syarat untuk jadi member baru.

Tapi bagaimana dengan produk kemahalan dan manfaat kecil?
Ciri ini memang sepertinya sulit dikatakan ada di produk yang dipasarkan 3i network. Produknya tidak bisa dibilang overpriced. Orang-orangpun menganggap wajar saja.
Tetapi kalau mau ditilik lebih mendalam, dalam konteks skema piramida, mengapa operator (bandar) skema piramida menjual produk terlalu mahal dibandang manfaat? Mengapa Eco Racing menjual kapur barus yang harganya beberapa ratus perak sebutir menjadi 3000 sebutir? Mengapa Paytren menjual aplikasi 0 rupiah menjadi 350.000 per linsensi? Tak lain supaya ada margin yang cukup besar, yang cukup untuk dibagikan ke member jaringan di berbagai tingkatan. Tentu juga supaya operator mendapat bagian yang lumayan.

Bagaimana dengan 3i Network? Apakah ada margin yang cukup besar untuk dan cukup untuk dibagikan ke member jaringan di berbagai tingkatan? Yups.
Yang dijual 3i Network adalah CAR Link Pro mixed. Dalam istilah dunia asuransi, CAR Link Pro Mixed itu unik link dengan pembebanan biaya akuisisi dimuka. Dikenal dengan istilah front end loaded. Dan di 3i Network, sebagian besar biaya akuisisi itu diperuntukkan untuk membayar agen di berbagai tingkatan. Pada tahun pertama, 47% uang nasabah dibagikan ke berbagai lapisan agen.
Jadi, lepas dari produknya kemahalan atau tidak, hasilnya adalah sama: Komisi dari pembelian produk mitra baru cukup besar untuk seluruh lapisan mitra di level atasnya. Cukup untuk membuat orang bersemangat mencari mitra baru.

Jadi, skema piramida atau bukan? Menurut saya ya. CAR 3i Network adalah pemasaran skema piramida. Sama dengan Eco Racing dan Paytren.
Bedanya cuma, Produk di Eco Racing dan Paytren dipilih dari awal untuk menjalankan skema piramida. Produk murahan akan dijual dengan mahal. CAR 3i Network tidak begitu. Awalnya produknya (CAR Link Pro Mixed) dijual dengan cara biasa. Cuma lalu, seseorang melihat peluang untuk memasarkannya dengan skema piramida.

Skema itu merugikan sebagian orang

Apapun namanya, Skema pemasaran 3i Netwrok itu merugikan dalam hal yang sama dengan Eco Racing, Paytren dan skema piramida yang lain. Kerugian yang ditimbulkan itulah yang membuat skema piramida dilarang dibanyak negara:

Mencampur adukkan manfaat kemitraan dengan manfaat produk.

Menawarkan peluang bisnis supaya orang beli produk adalah suatu yang khas di skema piramida manapun. ‘Mas, ada bisnis bagus nih, bla bla bla’. Produknya asuransi, kita setor premi setiap bulan. Tapi kita bisa dapat income lho. Jadi seperti nabung tapi kita malah digaji.
Dan seperti skema piramida yang lain, tawaran bisnis itu hanya pemanis supaya orang beli produk. Orang akhirnya beli, bukan karena manfaat produk tapi karena peluang bisnis dan ‘digaji’. Peluang bisnis tak bisa diraih, orang pun menyesal membeli produk.
Silahkan baca : Korban kebohongan 3i Network.

Berat bagi member yang masuk belakangan.

Ini terjadi secara umum. Di 3i Network itu sangat teramat kelihatan. Disamping komisi yang terbesarnya mengalir ke level atas jaringan, level bawah juga menghadapi tantangan yang lebih berat. Level bawah harus menghadapi persaingan yang lebih berat di banding saat level atas masuk. Jumlah agen sudah jauh lebih banyak berlipat-lipat dan persaingan menjadi jauh lebih ketat.


Bonus posisi. Agen baru dapat nasabah? Sedapnya buat agen lama.


Bonus level, agen baru dapat agen baru? agen lama di semua level pun kebagian

Beberapa referensi

Dari situs scamwatch milik pemerintah Australia:

https://www.scamwatch.gov.au/types-of-scams/jobs-employment/pyramid-schemes



Intinya, supaya untung, member butuh banyak member baru. Produk digunakan untuk penyamaran. Produknya kemahalan, mutu rendah, susah dijual dan nilai manfaat kecil.

Dari website FTC (Federal Trade Commission) Amerika Serikat

https://www.ftc.gov/public-statements/1998/05/pyramid-schemes



Menjanjikan keuntungan yang utamanya dari perekrutan member baru, bukan dari keuntungan jualan produk, tapi mereka sering menggunakan produk untuk menyamarkan skema piramida. Produknya baiasanya kemahalan. Produk dijual hanya ke orang didalam skema atau orang yang baru bergabung, bukan ke masyarakat umum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fingo, tipu-tipu berkedok e-commerce

Vtube, penipuan bisnis iklan lagi

EDC Cash Penipuan cucu MMM, ponakan E-Dinar