Mau pilih MLM? kenali 4 kriteria ini

MLM itu multilevel marketing. Di Indonesia disebut penjualan langsung berjenjang.

MLM yang baik membuka peluang orang berusaha. Juga memudahkan. Tanpa modal, tanpa toko. Bahkan ada yang bisa jadi bisnis online yang tidak perlu kemana-mana.

Baca juga: berbagai peluang bisnis online

Tapi hati-hati. Jaman sekarang banyak yang bilang menolong, padahal merongrong. Alih-alih mendapat kemudahan, Anda terjerat dalam MLM skema piramida semacam Q-net, Paytren, Melia Sehat atau Eco Racing.

Dua kriteria utama memilih MLM

Lalu bagaimana memilih MLM yang baik? Berikut 2 kriteria utama:

  • Tidak ada biaya pendaftaran
  • Tidak ada kewajiban membeli produk
  • Produk layak dipasarkan
  • Ada legalitas

Tidak ada biaya pendaftaran

Tidak ada biaya pendaftaran artinya anda bisa jadi member gratis tis tis. Ada malah MLM yang bukan cuma gratis, tapi sangat mudah prosesnya. Anda tinggal mengisi data secara online, klik, beres. Andapun lalu bisa mendownload katalog produk yang bisa Anda jual.

Kadang ada biaya untuk ganti katalog cetak. Itu wajar saja. Biayanya hanya beberapa puluh ribu rupiah. Itu kalau Anda masih membutuhkan katalog dalam bentuk cetakan. Dan itu jelas bukan biaya pendaftaran.

Tidak ada kewajiban beli produk

Ini artinya Anda tak perlu membeli produk sebijipun untuk jadi member.

Baru kalau Anda nanti berhasil memasarkan produk, Anda beli untuk dikirim ke pelanggan Anda.

Kriteria kedua ini untuk menghindari Anda dari jebakan batman. Banyak perusahaan MLM yang merayu anda untuk jadi member. Kadang rayuannya bombastis seperti cepat sukses dan sebagainya. Ternyata cuma supaya Anda membeli sejumlah besar produk mereka.

Dalam permendag yang sama, pasal 21 huruf f juga disebutkan bahwa MLM tidak boleh mengharuskan penjual langsung untuk membeli barang pada saat pendaftaran.

Sumber: Permendag No. 70 2019

Jadi kalau ada MLM seperti Eco Racing, Melia Sehat dan sebagainya yang mewajibkan Anda membeli produk, jangan ikut. Mereka tidak membantu Anda untuk berusaha dan dagang, tapi cuma ingin agar Anda membeli produk mereka.

Produk layak dipasarkan

Menilai kriteria ini tak semudah menilai 2 kriteria pertama. Tapi biasanya, bila 2 kriteria tadi terpenuhi, MLM memang mempunyai produk yang layak dipasarkan. Mempunyai ‘retail value’ yang bagus. MLM seperti itu yakin produknya dibeli orang tanpa memanipulasi orang. Tanpa memanipulasi dengan mengharuskan pembelian saat pendaftaran jadi member.

Untuk memastkan, mungkin Anda harus riset di internet. Apakah banyak yang menjual, Apakah banyak yang membeli.

Perhatikan juga harga yang dijual. Bila banyak yang mengobral harga, apalagi dibawah harga beli sebagai member, itu tanda besar bahwa produk tersebut tidak laku dijual.

Anda juga perlu mencari produk pesaing dari merk yang lain. Lihat fungsinya, cari produk dengan fungsi yang sama. Apakah harga lebih murah? Apakah lebih laris?

Membeli produk untuk dicoba sendiri? Mengapa tidak? Beli saja sejumlah diperlukan untuk penggunaan. Rasakan produk sebagai konsumen biasa sebelum Anda menjualanya.

Perlu diingat bahwa MLM skema piramida biasa menggunakan alasan ini untuk membenarkan kewajiban beli produk saat pendaftaran: Mana bisa Anda menjual kalau belum merasakan sendiri? Tidak begitu. Logisnya adalah, Anda merasakan sebelum jadi penjual, bukan setelah daftar jadi penjual. Dan sekedar merasakan manfaat produk itu tak perlu beli banyak-banyak. Sekedar untuk mencoba.

Terakhir, tak ada salahnya melihat berbagai forum. Jaman internet Anda bisa mudah mendapatkan opini orang lain yang punya pengetahuan terhadap produk sejenis. Asal tau tempat yang pas. Misalnya, mencari opini tentang produk additive BBM, lihat di forum otomotif. Opini produk fashion dan kecantikan, lain lagi tempatnya.

Ada Legalitas

Adanya SIUP membuat Anda yakin bahwa perusahaan MLM itu legal beroperasi. Tapi jangan jadikan legalitas sebagai satu-satunya kriteria. Harap maklum. Pengawasan pemerintah di negara kita masih begitu lemahnya. MLM yang nyata sebagai skema piramida tentap dibiarkan beroperasi.

MLM yang layak untuk Anda bergabung adalah MLM yang memenuhi semua kriteria di atas. Satu saja tidak terpenuhi, tinggalkan. Salah-salah Anda akan terjak dalam skema piramida.

Skema piramida adalah jenis MLM yang hanya bisa membuat Anda untung kalau mengajak orang jadi member dengan membeli sejumlah produk, bukan jualan produk secara langsung ke masyarakat luas. Dan mengajak orang jadi member dengan membeli sejumlah produk itu jauh lebih sulit ketimbang menjual produk bagus ke masyarakat luas. Kecuali Anda biasa berbohong dan memberi iming-iming kepada orang lain tentang jadi sukses dan kaya raya kalau bergaung.

Baca juga : Cara mengenali skema piramida

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fingo, tipu-tipu berkedok e-commerce

Vtube, penipuan bisnis iklan lagi

EDC Cash Penipuan cucu MMM, ponakan E-Dinar