Bisnis online yang mudah, yang cocok untuk Anda

Bisnis online banyak macamnya. Yang mudah buat seseorang bisa jadi susah buat orang lain. Karena setiap orang punya kekuatan dan kelemahan yang beda-beda.

Maka untuk memilih bisnis online yang mudah untuk Anda, Anda harus tau bukan hanya peluangnya, tapi juga tantangannya. Mengetahui tantangannya, Anda lalu mengukur diri sendiri. Apakah Anda punya kemampuan untuk menghadapinya? Lebih jauh lagi, apakah Anda punya kelemahan yang harus anda antisipasi?

Dalam dunia bisnis itu disebut analisa SWOT. Singkatan dari strength, weakness, opportunity and threat. Analisa yang mempertimbanhkan kelebihan anda, kekurangan anda untuk menilai suatu peluang dan tantangan yang ada.

Berbagai macam bisnis online

Jual produk secara online

Jualan online
Berjualan secara online. Bisa di toko online website sendiri, atau di market place seperti Tokopedia dan Buka Lapak.

Berjualan online ini adalah bentuk bisnis online yang paling umum. Beberapa orang malah mendefinisikan bisnis online adalah jualan online. Entah yang dijual adalah jasa ataupun produk.

Peluang berjualan online itu terbuka lebar. Sekarang semua orang pakai smartphone yang terhubung ke internet. Mereka mudah mengakses market place seperti bukalapak, tokopedia, atau mungkin website pribadi Anda.

Peluang jualan online:

  • tidak mengenal jarak. Anda di Jakarta. Buat calon customer dari Aceh dan Papua sama saja. Mereka sama-sama bisa melihat-lihat barang yang ada tampilkan di internet. Potensi pembeli jelas jauh dan jauh lebih banyak dari jualan secara offline.
  • Tak perlu sewa toko
  • Tak perlu capek atur-atur toko, atur-atur display
  • Taik perlu selalu standby. Bisa cek beberapa jam sekali untuk liat kalau ada order

Tantangan dalam jualan online

Tantangannya: Sulit membuat orang berkunjung ke toko

Ada jutaan orang jualan online. Mungkin ada ribuan yang jual produk yang sama. Supaya produk dibeli, pertama harus ada pengunjung toko. Jumlah pengunjung harus banyak. Itu yang susah.

Solusinya, anda bisa iklan berbayar. Seperti di Tokopedia, mereka bisa mengiklankan produk Anda. Kalau orang mencari suatu produk, produk Anda bisa ditampilkan pada barisan paling atas. Dengan begitu toko Anda akan dikunjungi banyak orang. Iklan berbayar juga bisa di Facebook, kalau Anda jualan di Facebook. Atau di Google, kalau Anda punya webiste sendiri.

Tantangan lain dalam jualan online adalah membangun kredibilitas toko. Membuat orang memberikan review itu sulit. Umumnya pembeli tidak perduli untuk memberikan review, apalagi review positif. Sebagai informasi, bila ada 2 orang yang sangat puas dengan orang yang sangat kecewa, yang lebih mungkin memberikan review adalah orang yang sangat kecewa.

Dropshipping

Dropshipping itu anda jualan produk tanpa punya produk. Ada orang beli, Anda pesan ke toko online lain dan meminta untuk dikirim ke pembeli dengan pengirim seolah-olah Anda.

Tentu, Anda harus punya toko online juga. Anda juga harus punya kesepakatan dengan penjual asli. Pertama supaya Anda bisa dapat harga lebih murah. Kedua, supaya mereka bersedia mengirim barang atas nama Anda.

drop shipping
Dropshipping. Anda punya toko online, tapi menjual produk toko online lain. Orang pesan, Anda pesan ke toko lain untuk mengirim atas nama toko Anda.

Peluang bisnis online dropshipping

Dropshipping sangat praktis. Anda tidak perlu modal membeli barang yang akan dijual.

Tantangan dropshipping

Anda harus mencari penjual asli yang terpercaya. Artinya, produknya memang bermutu, mau mengganti bila produk tidak sesuai, pengiriman cepat dan stock selalu diupdate.

Anda harus bersaing dengan penjual asli untuk menjaring pengunjung toko. Bila penjual asli adalah penjual besar, mereka biasanya berani mengeluarkan uang untuk promosi. Anda akan sulit untuk bersaing.

Tips: Carilah rekanan dropshipping yang tidak terlalu banyak menjual secara online. Bisa juga Anda mencari rekanan yang hanya menjual di beberapa market place. Anda jual di market place lain dimana rekanan tersebut tidak mempunya toko.

Bisnis online Affiliate Marketing

Affiliate marketing artinya Anda menjadi marketing dari toko online lain. Bedanya dengan dropshipping, Affliate markeing hanya memasarkan. Anda hanya memberitahukan pada orang-orang tentang keunggulan suatu produk. Bila Anda berhasil membuat orang membeli barang, Anda mendapat komisi. Pembelian dilakukan langsung ke toko online di market place dimana Anda berafiliasi.

Cara kerjanya, Anda harus daftar dulu di market place tersebut. Setelah terdaftar, Anda bisa membuat link khusus tentang suatu produk yang ingin Anda pasarkan.

Anda bisa menyebarkan link tersebut melalui website Anda atau melalui media sosial. Bila orang mengklik, Anda belum tentu dapat komisi. Baru bila terjadi transaksi pembelian, Anda dapat komisi.

Affiliate Marketing
Affiliate marketing. Orang mengunjungi website Anda, lalu klik link suatu produk di toko online dan melakukan pembelian. Anda mendapatkan komisi.

Peluang affiliate marketing

Market place seperti Lazada dan Jakarta Notebook punya modal besar untuk beriklan di berbagai media. Termasuk lewat Google, Facebook dan lain-lain. Tapi mereka juga sadar bahwa iklan tak bisa menjangkau semua orang. Itulah makanya mereka masih membutuhkan orang untuk menjadi affiliate marketing. Dan itu jadi peluang bagi Anda yang ingin bisnis online.

Affiliate marketing lebih mudah dari dropshipping. Anda hanya cukup menempatkan link affiliasi. Orang akan mengklik link tersebut akan diarahkan ke market place. Mereka beli, Anda dapat komisi. Besarnya bervariasi. Bisa 3%, bisa sampai 10%.

Tantangan affiliate marketing

Affiliate marketing perlu strategi khusus supaya banyak orang berbelanja lewat link affiliasi Anda.

Bila Anda menempatkan link afiliasi di blog Anda, pengunjung blog harus cukup banyak. Ingat bahwa tidak semua pengunjung akan mengklik link affilasi. Dan yang mengklik link juga tak semua beli. Ingat bahwa Anda hanya akan mendapat komisi bila ada transaksi.

Akan lebih baik bila pengunjung website Anda adalah orang yang potensial untuk membeli barang yang anda berafiliasi. Misalnya, anda memasarkan handphone, akan lebih baik bila website Anda adalah website yang membahas teknologi handphone, atau mereview berbagai merk dan type handphone.

Bisnis online pembuatan websites

Jasa pembuatan website berarti Anda merancang website sampai bisa ditampilkan di internet. Ada banyak variasi website. Dari sekedar website untuk ngeblog, untuk jualan online, untuk menampilkan profile perusahaan dan sebagaimnya.

Peluang bisnis online pembuatan website

Bisnis online: jasa pembuatan website
Jasa pembuatan webiste. Perlu pengetahuan tentang pemograman web design.

Tak perlu modal membeli barang seperti jualan online

Pekerjaan bisa dilakukan dimana saja. Di rumah atau dimanapun Anda bepergian.

Tantangan bisnis online pembuatan website

Seperti banyak bisnis online lainnya, saingan banyak. Anda tetap harus berusaha menonjol dari yang lain dan melakukan upaya-upaya marketing.

Anda harus punya pengetahuan yang cukup tentang pengembangan website. Akan lebih mumpuni kalau Anda menguasahi bahasa pemrograman yang diperlukan seperti HTML, CSS, SQL, Java dan lain-lain. Bila pengetahuan Anda terbatas, ada baiknya Anda mengkhususkan layanan untuk kalangan tertentu. Misalnya, Anda sekedar mahir di CSS dan aplikasi content managemen system (seperti Joomla, wordpress), Anda bisa menyasar kalangan yang hanya membutuhkan webiste yang tidak kompleks.

Menjadi penulis lepas

Bisins online: Menjadi penulis lepas
Penulis lepas. Santai tapi serius.

Menjadi penulis lepas, Anda dibayar untuk setiap tulisan. Bila mempunyai media sendiri, anda bisa mendapat uang dari iklan yang dimasukkan dalam media anda.

Peluang menjadi penulis lepas

Ada banyak media online yang membutuhkan penulis lepas. Anda tinggal pilih yang sesuai untuk Anda. Ada yang khusus politik, ada yang tentang teknologi ada juga yang serba-serbi.

Tantangan menjadi penulis lepas

Bayaran murah untuk tulisan ‘apa adanya’

Umumnya tulisan dihargi murah di media online. Ada yang menghargai hanya sekitar 20 ribu rupiah untuk beberapa ratus kata.

Ada juga yang membayar dengan perhitugan jumlah view, jumlah orang yang membaca tulisa Anda. Setiap ada yang membuka tulisan anda, Anda dibayar sekitar 3 rupiah saja. Perlu ratusan ribu ‘vies’ agar ada bayaran yang signifikan.

Anda harus punya kemampuan menulis cepat, mengalir seperti air deras.

Memerlukan bakat untuk dibayar mahal

Beruntung kalau Anda punya bakat menulis. Punya gaya menulis yang disukai orang. Tak perlu menulis banyak, yang penting kualitas. Anda bisa mengajukan tulisan Anda ke media yang berani membayar mahal. Contohnya mojok.co, yang berani membayar beberapa ratus ribu untuk setiap tulisan.

Tetap perlu membangun citra

Pun bila Anda punya bakat, untuk menjadi penulis yang diakui, dan mendapat penghasilan banyak, Anda perlu mamasarkan diri Anda sendiri. Membuat Anda dikenal oleh banyak orang dan banyak media online.

Tak ada cara lain untuk membangun citra sebagai penulis handal selain terus menulis dan mengasah kemampuan. Bisa jadi pada tahap awal Anda lebih banyak menulis tanpa bayaran sambil terus mencoba memasukkan tulisan Anda ke media yang punya nama dan mau membayar.

Anda juga perlu menyusun portofolio, daftar tulisan Anda yang sudah dimuat. Dengan poftofolio Anda bisa mendaftar menjadi penulis yang menerima jasa penulisan untuk topik-topik tertentu dari media online.

Menjadi blogger

Bisnis online: Menjadi blogger
Blogging, menjadi blogger dan mendapat penghasilan dari iklan.

Menjadi blogger berarti Anda menulis untuk media Anda sendiri. Anda punya website, dan disitulah Anda menulis. Penghasilan didapat dari memasang iklan di blog Anda. Ini kalau mau murni sebagai penulis blogger.

Peluang untuk menjadi blogger

Ada banyak orang membutuhkan informasi di internet. Ada juga yang suka dengan tulisan-tulisan ringan.

Tantangan sebagai blogger

Iklan yang paling populer yang umumnya dipasang di blog adalah iklan dari Google adsense. Untuk topik umum (bukan tentang bahasan produk), rata-rata penghasilan dari adsense sekitar 10 rupiah setiap ada satu orang berkunjung ke suatu halaman blog. Anda harus mengupayakan ada puluhan ribu pengunjung ke blog Anda setiap hari supaya dapat penghasilan signifikan.

Jumlah pengguna internet memang luar biasa banyaknya. Tapi jumlah halaman di internet luar biasa pula jumlahnya. Itu yang membuat upaya agar orang mengunjugi blog anda susah. Pada tahap awal, mendapat beberapa ratus pengunjung setiap hari saja sudah tantangan tersendiri.

Sama dengan penulis lepas, tulisan Anda juga harus cukup istimewa agar orang mau mengunjungi webiste anda lagi. Akan lebih bagus kalau Anda menulis bahasan yang belum terlalu banyak dibahas blogger lain.

Anda juga perlu paham SEO. Search engine optimazation. SEO adalah teknik agar halaman-halaman dalam blog anda muncul ketika orang melakukan pencarian di Google. Tentu munculnya pada baris-baris pertama. SEO inilah yang dapat menjaga agar jumlah kunjungan ke blog Anda terjaga dan juga terus meningkat.

Ikut MLM

Ikut MLM atau multilevel marketing mirip dengan dropshipping. Orang pesan barang kepada Anda, bayar kepada Anda, Anda pesan ke perusahaan. Bedanya, MLM mengirim barang kepada Anda untuk disalurkan ke pembeli.

Peluang bisnis online dengan MLM

Menjadi anggota MLM itu mudah. Anda tinggal daftar maka Anda berhak untuk menjual produk perusahaan MLM. Bisa dijual offline, bisa online.

Tantangan bisnis online dengan MLM

Tantangan terbesar adalah memilih MLM yang bersih, bukan skema piramida. MLM yang bersih berarti produknya memang bermutu dan laku dipasarkan ke masyarakat umum.

Sebaliknya MLM skema piramida, produk yang sebagai penyamaran, tidak laku dipasaran. MLM skema piramida hanya menjaring anggota agar membeli produk mereka saat pendaftaran.

Sulitnya, kebanyakan MLM di Indonesia adalah skema piramida. Bila Anda menjadi anggota MLM seperti ini, Anda hanya akan mendapat penghasilan kalau bisa menjaring member baru. Dan menjaring member baru itu jauh lebih sulit daripada menjual produk bermutu.

Tips untuk mencari MLM yang bersih, bukan skema piramida:

  • Tidak ada biaya pendaftaran. Kalaupun ada, hanya sekedar ganti ongkos cetak katalog yang beberapa puluh ribu rupiah.
  • Tidak ada keharusan untuk membeli produk untuk menjadi member.

Silahkan baca: Memilih MLM, juga kriteria memilih MLM

Bisnis online yang mudah

Jadi, mana yang mudah? Tentu yang cocok untuk anda. Yang cocok untuk anda berarti Anda punya kelebihan untuk menghadap tantangannya.

Bila Anda pandai menulis, atau senang menulis dan terus mau belajar supaya tulisan Anda enak dibaca, Anda bisa jadi penulis lepas atau blogger.

Anda punya kemampuan lebih pemograman disain webiste, Anda jual jasa pembuatan website.

Tulisan ini pada intinya mengingatkan bahwa bicara bisnis online, atau bisnis apapun tidak cukup hanya bicara peluangnya. Tantangannya pun perlu dipikirkan. Dari situ Anda nilai diri sendiri, bisnis mana yang tantangannya paling bisa Anda tangani.

Tentu ada banyak jenis bisnis online lain. Bisa jual foto bila Anda senang dan punya kemampuan di fotografi, atau konsultasi online di berbagai bidang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fingo, tipu-tipu berkedok e-commerce

Vtube, penipuan bisnis iklan lagi

EDC Cash Penipuan cucu MMM, ponakan E-Dinar