HIPO, skema ponzi anggota KADIN sempalan

Update 21 Februari 2020: POLRI ambil ancang-ancang

POLRI bersama OJK makin gerah dengan HIPO. Beberapa kali diingatkan untuk tidak menghimpun dana masyarakat, HIPO tetap membandel.

Kelihatannya POLRI bersama OJK pun sudah tau bahwa HIPO cuma skema ponzi. Ada kemungkinan HIPO akan dibuat seperti Memiles. Ditutup tanpa menunggu laporan korban.

Hati-hati terjerat menjadi member HIPO dan mengambil paket sejahtera. Bila HIPO dibubarkan POLRI, dana kalian tak akan kembali. Dana kalian dipakai untuk membayar profit member yang masuk lebih dahulu.

HIPO singkatan dari Himpunan Pengusaha Online. Orang bisa jadi anggota tanpa perlu jadi pengusaha Online. Orang hanya perlu beli PIN 150 ribu rupian, lalu jualan PIN. Juga, bisa beli paket ‘loyalty’ dengan untung 25% sebulan. Mau?

5 Pilar HIPO

5 Pilar HIPO hipo itu semacam tujuan umum. Isinya cukup menarik:

5 pilar hipo

4 Pilar pertama biasa saja. Cocoklah buat himpunan pengusaha. Memanusiakan, mensejahterkan, mendampingi, mencerdaskan.

Yang asik itu pada pilar kelima. Membahagiakan: Memberi aset mewah + Kebutuhan wisata Asia Eropa. Indah.

Harusnya ada pilar keenam: ‘Menyengsarakan’. Karena begitulah faktanya nanti. Untuk para leader dan orang yang masuk duluan, mereka membahagiakan. Tapi untuk yang masuk belakangan, menyengsarakan. Mengapa pilar itu tidak ada? mungkin mereka lupa.

Produk dan layanan HIPO

Di situs resmi HIPO, diterangkan tentang produk HIPO. Aneh. Saya belum pernah dengar himpunan pengusahan mempunyai produk.

Produk HIPO

Himpunan pengusaha biasanya tidak punya produk. Misalnya, himpunan pengusaha penjualan langsung (APLI, Asosiasi penjualan langsung), memang punya produk MLM? Atau contoh yang keren, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia. Punya produk? Tidak.

Tapi tak apalah. Namanya juga himpunan tipu-tipu. Lagian kalau tak punya produk, nanti mereka bingung kalau ada yang tanya: Itu bayar profit dari mana? Mari kita bahas produknya.

  1. Unit usaha HIPO
  2. Produk UKM
  3. Produk dari Anggota
  4. Kerjasama dengan produsen
  5. Aplikasi Multi fungsi
  6. Branding aplikasi
  7. Layanan periklanan

Kurang lebih, produk HIPO, atau apa yang dijual oleh HIPO: produk dari unit usaha HIPO, produk UKM, produk dari anggota, produk hasil kerjasama dengan produsen, aplikasi, layanan branding dan layanan periklanan.

Modus operasi:

Selayaknya skema ponzi lain, hipo punya berbagai skema yang mereka sebut dengan berbagai nama. Untuk memudahkan, kita similarisasikan dengan berbagai praktek bisnis yang sudah kita kenal:

HIPO seperti Market Place

Cara kerjasama dengan HIPO dapat dilihat dari gambar berikut:

cara kerjasama dengan HIPO
Cara kerjasama dengan HIPO

Dari gambar diatas, HIPO dapat dianggap seperti market place seperti Tokopedia. Bedanya:

  • Jadi anggota di HIPO harus bayar Rp. 150.000
  • Jadi anggota HIPO harus ikut paket kesejahteraan.
  • Harus kasih diskon ke sesama anggota HIPO
  • 1% keuntungan jualan produk diberikan untuk HIPO (Tokopedia tidak ada potongan, kecuali kita inginkan untuk memproosikan produk)

Tapi hanya bualan. Sebetulnya tidak ada market place. Yang jadi member disana hanya ingin profit dari paket kesejahteraan.

HIPO seperti Paytren

Selain seperti Tokopedia, HIPO juga meniru moneygame Paytren. Aplikasinya bisa digunakan untuk jualan pulsa. Juga yang terpenting, setiap anggota dapat menjual keanggotaan kepada orang lain dengan komisi 25.000 rupiah.

Digambarkan bahwa kalau anggota dapat merekrut paling tidak 3 orang perhari, keuntungan sebagai berikut:

hipo seperti paytren

Bedanya, di HIPO PIN keanggotaan harus dibeli ulang setiap tahun. Jadi, setiap tahun anggota akan mendapat keuntungan berlipat ganda dari penjualan PIN keanggotaan (dari pembelian ulang dan pembelian baru).

HIPO seperti MMM dan D4F

MMM dan D4F adalah skema penipuan dimana member menyetorkan uang lalu mendapat keuntungan yang besar. Keuntungan itu bukan dari hasil usaha, tapi dari uang member yang belakangan basuk.

Di HIPO anggota bisa mengikuti paket Loyalty. Member menyetorkan sejumlah uang dan otomatis akan mendapat keuntungan setiap hari. Contoh, paket kesejahteraan 4, anggota menyetor 15 juta rupiah, setiap hari akan mendapakan 126 poin yang dalam rupiah = 126.000 rupiah. Berarti, anggota mendapat keuntungan sebesar 0,84 % sehari, alias 25% sebulan!

Member juga dianjurkan mengajak orang lain (downline-nya) untuk membeli paket loyalty. Bila downline mengikuti paket lolalty, anggota juga dapat komisi 10% dari nilai paket plus keuntungan lain yang ditentukan dari jumlah paket seluruh downline. Asik bukan?

paket loyalty hipo

Dari mana HIPO membayar berbagai komisi? Apakah himpunan pengusaha online ini begitu besar pendapatannya? Sama sekali tidak. HIPO membayar berbagai komisi dan reward dari uang anggotanya sendiri. Keuntungan bersih (setelah dikurangi modal) anggota lama dibayar dari dana anggota baru. Itulah skema ponzi.

Kenapa saya yakin? Karena tak ada usaha real yang bisa memberi keuntungan sampai 20% lebih sebulan. Kecuali bisnis perorangan seperti tukang bubur: Belanja sendiri, masak sendiri, dorong gerobak sendiri, buka lapak sendiri, layanin sendiri. Baru bisa dapat prosentase ‘untung’ gede. Usaha besar? Tidak ada. Di usaha besar, atau bahkan di suaha yang sudah memperkerjakan orang, segalanya harus bayar. Keuntungan jadi sedikit.

Selain memberi keuntungan besar, HIPO memberi keuntungan fix. Itu suatu hal yang mustahil dalam dunia usaha.

Jadi HIPO itu apa? Himpuman ponzi online.

Pendiri HIPO: Penipu-penipu veteran

Sebagaimana umumnya skema ponzi yang lain, HIPO juga didirikan oleh pemain lama, penipu-penipu veteran yang dari dulu sudah malang melintang dalam skema ponzi.

pendiri hipo: Umeet, Budi Suroyo, Andi Junaedi Nyompa
Pendiri HIPO, Para penipu veteran

Tiga orang yang aktif mempromosikan HIPO adalah dedengkot Dream for Freedom. Skema bisnis penipuan yang telah bubar tahun 2014. Kenapa disebut penipuan? Karena mereka tidak terus terang bahwa Dream for freedom adalah arisan berantai alias skema ponzi belaka.

Jejak digital yang masih bisa didapat tentang para petinggi HIPO

Mujahid Fillah Umar Alias Mr. Umeet, ada logo Dream for Freedom di fotonya
Mbah Wongso alias Budi Suroyo, membanggakan keluarganya (Power Team pimpinan Angga, support system Dream For Freedom)

Pengakuan KADIN terhdap HIPO

Ketua KADIN ikut dalam acara launching HIPO

Ini aneh bin ajaib. KADIN mendukung HIPO. Kamar Dagang dan Industri Indonesia? Ya. Ketua KADIN Eddy Ganefo turut hadir dalam acara deklarasi HIPO.

Kenapa Aneh bin ajaib? Kadin itu wadah berkumpulnya pengusaha perdagangan dan industri. Isinya tentu para pengusaha. Kenapa bisa ketuanya mendukung bisnis penipuan seperti HIPO? Suatu kecerobohan luar biasa. Seorang pengusaha harusnya tahu mana yang realistis mana yang mustahil. Ketua wadah pengusaha? harusnya super tahu.

Ketua KADIN ikut dalam aktifitas operasional HIPO

Bukan hanya itu saja. Ketua KADIN Eddy Ganefo juga terlihat terlibat dalam beberapa aktifitas HIPO lain.

Ketua KADIN dalam salah satu aktifitas HIPO. Ehem. Jangan percaya bahwa ini benar-benar pembayaran tanah.

Jadi anggota KADIN

Dan yang lebih wow, HIPO menjadi anggota KADIN. Penipuan berskema Ponzi aggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia?

Sertifikat kenaggotaan HIPO di KADIN

Catatan: Kadin yang mendukung HIPO bisa dibilang sebagai Kadin sempalan yang terbentuk melalui munas luar biasa. Kadin asli tidak terlibat.

Keterlibatan KADIN sempalan dalam HIPO ini menunjukkan mana KADIN yang masih kredibel mana yang tidak. Dan KADIN sempalan nyata-nyata tidak kredibel.

Peringatan OJK

HIPO masuk dalam daftar entitas investasi ilegal

Agustus 2019, Satgas Waspada Investasi melalui OJK telah memasukkan HIPO dalam daftar perusahaan investasi ilegal.

diambil dari laman ojk

Pihak HIPO, seperti halnya skema ponzi lain tentu menyanggah. HIPO tidak menghimpun dana, kata mereka. Lalu member membayar sampai 15 juta untuk paket sejahtera itu apa namanya? Mereka bilang donasi, yang dikelola untuk usaha oleh HIPO dan menghasilkan keuntungan.

Bodohnya. Dari definisi per kamus saja, mengalokasikan modal berupa uang untuk dikelola dalam bisnis itu artinya investasi.

Mendapat Legalitas

Setelah dimasukkan dalam daftar investasi ilegal, HIPO memberi perntayaan bahwa mereka tidak menggalang investasi. Bahwa mereka adalah impunan pengusaha online sesuai legalitasnya yang terbit januari 2019. Secara hukum HIPO terdaftar sebagai perkumpulan. Perkumpulan pengusaha online.

Pengedahan badan hukum HIPO
Lampiran pengesahan hukum HIPO

Oktober 2019, OJK menyatakan bahwa HIPO sudah mendapatkan ‘izin usaha’. Lihat rilis OJK Okteober 2019.

Cukup disayangkan sebetulnya OJK memberi pernyataan seperti itu. Orang-orang HIPO menggunakan hal tersebut sebagai legitimasi, menganggap mereka sudah tak lagi ada dalam daftar entitas investasi illegal.

Saran buat Satgas Waspada Investasi: Ganti saja namanya menjadi Satgas Waspada Ilegalitas.

Legalitas tak menjadikan sebuah entitas itu bebas dari skema Ponzi. OJK bersama Satgas Waspada Investasi tahu persis itu. Pandawa Mandiri Group, CSI, legal secara administratif. Terbukti skema Ponzi.

Sebagai catatan, pada siaran rilis diatas, OJK menyatakan ada 3 entitas sudah mendapatkan ‘izin usaha’: Eco Racing, Akumobil dan HIPO. Satu bulan kemudian, masyarakat dihebohkan dengan penipuan Akumobil. Jadi apa fungsimu Satgas Waspada Investasi?

Okelah. Tak bisa juga terlalu sinis sama OJK dan Satgas WI. Paling tidak mereka mendorong penipuan jadi ‘punya legalitas’. Dengan begitu ada penanggungjawabnya saat ada masalah. Dan di HIPO, dengan adanya legalitas, orang-orang inilah yang nanti akan bertanggung jawab:

  • Muhammad Syukur
  • Syahrizal Pulungan
  • Dra. Afnizar
  • Andi Junaedi

Syahrizal Pulungan dan Andi Junaedi dulu lolos dari kasus Dream for Freedom. Kenapa? Karena mereka tak tertulis dalam struktur organisasi. Bisa melabelkan diri mereka sebagai korban juga. Di kasus HIPO nanti, mereka tak bisa lagi begitu.

HIPO, Himpunan ponzi online

Apapun yang dikatakan pentolan HIPO tentang aktifitas mereka, pada faktanya adalah:

  • HIPO didirikan oleh para verteran penipuan skema ponzi Dream for freedom
  • Tidak ada satupun bukti bahwa HIPO menjalankan usaha real yang menguntungkan
  • Pun kalau ada usaha real, mustahil bisa memberikan keuntungan tetap sebanyak 25% perbulan. Belum termasuk berbagai reward lain yang dijanjikan.

Dapat dipastikan bahwa HIPO memberikan berbagai keuntungan dan reward dari dana anggotanya sendiri.

Selama masih ada anggota baru yang menyetor uang, atau anggota lama yang melakukan setoran baru, pemberian keuntungan masih bisa dilakukan.

Tapi makin lama kewajiban pembayaran keuntungan itu makin membengkak. Pada akhirnya pemasukan tak lagi cukup untuk membayar keuntungan. Saat itulah HIPO akan bubar. Sama halnya dengan MMM, Dream for Freedom, Pandawa Mandiri Group, Umroh First Travel dan berbagai entitas penipuan berskema ponzi lain.

HIPO lulus ISO 9001

Di website resminya, HIPO menyatakan telah lulus ISO-9001. Dengan kata lain mendapatkan sertifikat ISO-9001.

HIPO lulus iso 9001
HIPO lulus iso 9001, sertifikat yang ada di website resmi HIPO

ISO-9001 adalah standar sistem manajemen. Dengan mendapat sertifikat itu berarti organisasi telah menerapkan manajemen yang mampu menjamin kesesuaian produk/layanan secara konsisten.

Kedengarannya hebat. Tapi nanti dulu. Saya pastikan sertifikat ini PALSU. Lihat bagian yang saya lingkari merah dibawah ini.

Tanda-tanda sertikat ISO-9001 palsu HIPO

Pernyataan kesesuaian salah grammar

Perhatikan struktur kalimat.

“This is to certify that management system of Himpunan Pengusaha Online Indonesia Jl. Dewi Sartika – – – DKI Jakarta Indonesia”

“Ini untuk menyatakan bahwa sistem manajemen dari Himpunan Pengusaha Online Indonesia Jl. Desi Sartika – – – DKI Jakarta Indonesia”

Kok berhenti? Harusnya ada lanjutanna … confirms to ISO-9001:2015 standard, atau dalam variasi kata yang lain yang menyatakan HIPO lulus ISO 9001.

Ini mungkin karena salah copas. Tapi fatal sekali.

jadi, dari teks di sertifikat saja sudah kelihatan sertifikat itu dibuat oleh anak-anak.

Lingkup sertifikat ISO-9001 HIPO

Disebut bahwa cakupun sertifikat adalah layanan aktifitas sosial, layanan publik dan layanan lain.

Layanan publik apa? Layanan publik artinya layanan untuk masyarakat umum. HIPO tidak memberikan pelayanan umum. Dia hanya memberikan layanan pada membernya untuk bermain arisan berantai.

Tanda tangan direktur badan sertikiasi tak bernama

Tanda tangan direktur badan sertifikasi (yang memberikan sertifikat ISO-9001 kepada HIPO) tidak mencantumkan nama. Aneh. Takut?

HIPO lulus ISO 9001 dari Badan sertifikasi abal-abal

Saya pastikan juga badan sertifikasi (yang memberikan sertifkat ISO-9001) abal-abal. Badan sertifikasi yang valid diakreditasi oleh lembaga akreditasi yang valid. Di Indonesia, badan akreditasi yang diakui adalah KAN, Komite Akreditasi Nasional. Semua badan sertifkasi harus terakreditasi KAN, atau badan akreditasi lain yang diakui di negara lain.

INA Cert diakreditasi oleh IAB-CB, badan akreditasi yang juga abal-abal.

Di website resminya inacert.co.id, INA-Cert benar-benar gaje alias gak jelas. Tak ada nomor telpon, adanya sederet nomor HP. Tak ada profile manajemen. Lokasi kantor operasionalnya pun di daerah nun jauh disana, di sebuah kabupaten di Bali yang bernama Gianyar.

Badan Akreditasi, IAB-CB

Badan akreditasi dan lembaga sertifikasi sama tak jelasnya. Malah lebih parah: Tak ada alamat

Tulisan website-nya, iab-cb.org kelihatan keren, tapi cuma tulisan dari website lain. Begitu di klik read more wuiiing kita di over ke website lain.

IAB-CB juga tidak terdaftar dalam jaringan lembaga akreditasi IAF (International Acreditation Forum).

Jadi, sertifikat ISO-9001 HIPO adalah palsu, dari badan sertifikasi tak jelas, yang diakreditasi oleh lembaga akreditasi yang juga tak jelas.

Orang bikin badan akreditasi sendiri, lalu bikin badan sertifikasi sendiri yang pendirinya dia dia juga, lalu print out sertifikas ISO-9001 kepada siapapun yang mau beli.

Akan jadi kasus skema ponzi terbesar?

HIPO ini skema ponzi model terbaru di Indonesia. Hanya HIPO skema ponzi berbentuk himpunan pengusaha. Mereka ‘nyantel’ di KADIN. Tentu kita tau itu KADIN sempalan. Tapi kebanyakan orang mana tau? Nama KADIN itu menguatkan kesan HIPO sebagai himpunan pengusaha.

Yang mengerikan dari HIPO adalah cara memperluas jaringannya. Mereka membuat semacam DPD (dewan pimpinan daerah). Mereka juga mengadakan acara workshop. Sama sekali berbeda dengan skema ponzi pada umumnya.

Nama, keterkaitan dengan kadin membuat mereka leluasa dan terang-terangan menyebar ke berbagai penjuru.

Apakah akan menjadi skema ponzi terbesar? Bisa jadi. Melihat betapa leluasanya mereka mengembangkan jaringan. Kasusnya mungkin akan mengalahkan kasus skema ponzi seperti Dream for Freedom.

Silahakan baca juga:

Apa itu skema ponzi

Skema ponzi, dari mana datangnya komisi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fingo, tipu-tipu berkedok e-commerce

Vtube, penipuan bisnis iklan lagi

EDC Cash Penipuan cucu MMM, ponakan E-Dinar