Eco Racing: Produk gak laku, bisa dikembalikan

Produk MLM moneygame Eco Racing itu gak laku di masyarakat umum. Lakunya cuma di orang yang beli untuk jadi member, atau yang mau upgrade membership. Akhirnya member Eco Racing mengobral harga.

Tentang obral mengobral itu, owner Eco Racing sampai mengancam akan mempidanakan mitra yang jatohin harga (apa dasarnya mempidanakan orang jualan? Harga itu mengikuti supply and demand. Demand gak ada, alias gak laku ya harga turun).

Boss eco racing mengancam karena produk tak laku.
Boss Eco Racing mengancam mitra yang menjual produk di obral karena tak laku.

Tapi kenapa kalau produk gak laku banyak yang ingin jadi mitra? Dimana untungnya mitra ecor racing kalau produknya gak laku?

Orang jadi mitra MLM moneygame karena nanti ingin dapet komisi kalau cari mitra baru. Bukan dapat komisi dari penjualan produk ke umum.

Produk MLM moneygame tak laku? bisa dikembalikan

Masalahnya adalah, ada mitra yang tidak tidak bisa mendapatkan mitra baru. Atau mitra yang menyadari bodohnya mencari mitra untuk produk yang tidak laku. Apa yang harus dilakukan dengan produknya? Kembalikan.

Mitra MLM atau penjual langsung dari MLM bisa berhenti jadi mitra dan mengembalikan produknya ke perusahaan MLM berkaitan. Itu tercantum di Permendag No. 70 tahun 2019 pasal 13 huruf k.

Permendag 70 2019, pengembalian produk mitra MLM

Inilah bunyi pasal 13 huruf k permendag 70 2019, yang memungkinkan mitra MLM untuk berhenti jadi mitra dan mengembalikan produk yang terlanjur dibeli.

Pasal 13 huruf k:

Perusahaan yang telah melakukan perekrutan Penjual Langsung sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 dalam melakukan kegiatan usaha Penjualan Langsung wajib:

k) membeli kembali Barang, bahan promosi (brosur, katalog, atau leaflet), dan alat bantu penjualan (starter kit) yang dalam kondisi layak jual dengan harga senilai harga pembelian awal Penjual Langsung ke Perusahaan dengan dikurangi biaya administrasi paling banyak 10% (sepuluh persen) dan nilai setiap manfaat yang telah diterima oleh Penjual Langsung berkaitan dengan pembelian Barang tersebut, apabila Penjual Langsung mengundurkan diri atau diberhentikan oleh Perusahaan;

Apakah pasal ini merugikan MLM?

Untuk MLM yang baik tidak masalah. MLM yang baik produknya bisa dijual. Mau dikembalikan sama mitra pun produk itu punya peluang besar untuk terjual. Dan pengembalian produk praktek yang biasa dalam perdagangan. Kadang disebut konsinyasi, kadang disebut retur. Bisnis yang sehat dengan produk yang kompetitif tak akan masalah dengan konsinyasi dan retur.

Untuk MLM moneygame ini masalah besar. MLM moneygame bisa dipastikan produknya kurang kompetitif. Mereka hanya bisa menjual dengan iming-iming manfaat jadi mitra/agen. Kalau mitra bisa mengundurkan diri dan mengembalikan produk, numpuklah barang di gudang mereka. Cari mitra lagi untuk dibohongi, nanti berhenti lagi dan mengembalikan produk. Hanya memakan biaya yang tak perlu.

Jadi, penerapan pasal ini bisa menghambat berkembangnya MLM moneygame aka skema piramida.

Apa dampaknya pasal ini bagi mitra MLM?

Sangat membantu, terutama mitra MLM moneygame seperti Eco Racing, Melia Sehat, Moment. Mereka yang terlanjur terjerat membeli sejumlah produk untuk dijual lagi, tapi produknya susah laku, bisa mengembalikan produk ke Perusahaan MLM dan menekan kerugian.

Sebagai catatan, isi pasal ini sebetulnya sudah ada sejak tahun 2008 di permendag yang lama. MLM moneygame seperti Eco Racing pasti tak ingin membernya mengetahui hal ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fingo, tipu-tipu berkedok e-commerce

Vtube, penipuan bisnis iklan lagi

EDC Cash Penipuan cucu MMM, ponakan E-Dinar