3i Network, member money game atau agen asuransi?

CAR 3i network itu semacam kumpulan. Kumpulan orang yang beli asuransi CAR link pro mix sekaligus jadi agen asuransi tersebut. Meski namanya agen asuransi, mereka punya karakteristik unik. Lucu dan menggemaskan. Ini kalau lihat aktifitas mereka di Facebook.

Baca juga: bahas bisnis asuransi CAR 3i Network

Member CAR 3i Network itu lebih mirip member moneygame daripada agen asuransi. Gak percaya? Gampak kok. Buka saja profil agen asuransi lain. Jangan agen in4link ya. Sama saja. Yang lain.

Lalu buka juga profile member moneygame semacam paytren, eco racing atau memiles. Lebih mirip manakah member 3i Network? Member moneygame.

Ini Ciri-ciri agen 3i Network yang mirip member moneygame

Ganti Nama

Sudah lumrah kalau member moneygame itu ganti nama di Facebook. Mereka akan menyisipkan nama bisnisnya di antara nama asli. Atau malah mengganti sebagian namanya. Contoh: Yanto Koplak jadi Yanto Pandawa, Abdul Rahman menjadi Abdul Paytren. Agen CAR juga gitu. Putra Jaya jadi Putra Car (jadi anak mobil?), Edo Prawira jadi E-docar (dokar elektronik?).

Kebanggaannya salut. Padahal bukan pejabat, bukan siapa siapa. Cuma member jaringan. Bayangkan kalau mereka jadi pejabat 3i Network atau AJ Central Asia Raya. Mungkin nama marganya yang diganti. Atau nama kampungnya.

Agen asuransi CAR ganti nama
Khas member moneygame, ganti nama di akun medsos (1)

Agen asuransi CAR ganti nama (2)
Khas member moneygame, ganti nama di akun medsos (2))

3i Network: Mendadak motivator

Entah apa yang merasuki mereka. Begitu jadi agen CAR, tiba-tiba berubah jadi motivator. Tulisannya memotivasi orang untuk semangat dan semangat dan semangat. Salut dengan perubahannya. Walaupun tak jelas tulisan itu untuk orang lain atau diri sendiri. Khas member moneygame.

Posting agen asuransi 3i Netwrok mendadak motivator
Posting agen asuransi CAR – mendadak motivator
Posting agen asuransi CAR - mendadak motivator
Posting agen asuransi CAR – mendadak motivator

Postingan sukses

Postingan tentang uang, mobil dan pleseiran juga jadi ciri khas yang kental pada member moneygame. Agen CAR juga begitu. Diluar masalah itu postingan halu atau bukan, tapi itu jadi ciri khas.

3i Netwrok dan postingan sukses
Tawaran sukses khas moneygame agen asuransi CAR (2))

Apakah postingan itu faktual? Bisa jadi. Bisa jadi juga mereka salah kaprah. Dikiranya pakai jas itu sukses. Kalaupun faktual mereka tak sadar, di banyak bisnis lainpun, orang sukses dan super sukses itu ada. Di antara sekian ribu tukang nasi uduk pun ada yang sukses, sampai punya jaringan resto uduk. Ada, tapi hanya sebagian kecil.

Sesungguhnya mereka seperti tukang nasi uduk pemula.Buka lapak meja depan rumah, lalu posting ngajak orang jualan nasi uduk, lengkap dengan foto tukang nasi uduk yang sudah punya rumah mewah. Tagnya, “Ayo jualan uduk, sukses jadi jurangan franchise menanti anda”.

3i Network: Promo menyesatkan

Ini ciri yang menggambarkan member moneygame yang paling mengenaskan. Ada pendan bisa menyembuhkan, air full mukzizat, pil yang bisa bikin polusi 0% dan sebagainya. Di 3i Network juga begitu. Penyesatan yang paling sering adalah menabung digaji.

Jadi member 3i Network itu menabung lalu digaji? Sesat. Yang betul itu, jadi member 3i Netwrok berarti Anda beli polis CAR link pro mix (bayar premi setiap bulan) dan sekaligus menjadi agen asuransi. Dapat komisi kalau bisa jualan asuransi.

Dimana menabungnya? Bayar premi sama dengan menabung?

Note: Ciri ciri member CAR 3i Network di atas tentu bukan maksudnya semua member begitu. Tapi ada, dan banyak. Sama dengan member moneygame. Gak semua, tapi banyak.

Dampaknya pun mirip moneygame

Dampak moneygame (yang dimaksud adalah skema piramida) itu: Banyak yang beli produk bukan karena manfaat produk, tapi manfaat jadi agen. Begitu manfaat jadi agen tak bisa mereka peroleh, rugilah dia. Barang tak terpaki.

Apakah ada orang yang rugi seperti itu di 3i Network? Banyak. Tak percaya? Coba minta PT AJ Centeral Asia Raya untuk buka itu lapse rate CAR link pro mix yang dijual CAR 3i.

Kenapa Agen Asuransi CAR seperti member moneygame?

Ada yang bilang itu ulah oknum agen saja. Tapi oknum itu biasanya jumlah satu dua. Kalau banyak? Makmum.

Semuanya bersumber dari perusahaannya sendiri, AJ Central Asia Raya. Mereka bikin konsep marketing seperti itu. Membuat jaringan agen yang namanya CAR 3i Network.

Salahnya itu di 3i. Itu menggabungkan manfaat jadi agen sekaligus jadi pembeli produk.

  • Insurance dan investment: Berarti jadi pembeli polis asuransi CAR pro mix.
  • Income: Berarti menjadi agen sekaligus perekrut agen.
brosur car 3i network
Inilah biang masalah yang membuat kelakuan agen asuransi CAR lucu-lucu

Membernya akhirnya juga seperti itu. Mencampur manfaat produk dengan manfaat jadi agen. Hasilnya adalah, menjual polis asuransi CAR Pro Mix dengan manfaat dapat income (padahal income didapat kalau jadi agen. Itupun kalau berhasil mengajak orang lain jadi agen plus beli polis).

Jaringan agen di perusahaan asuransi lain

Sebagai perbandingan, Jaringan agen sebetulnya di perusahaan lain juga ada. Bedanya, ‘member’nya lebih fokus jualan produk. Yang dipresentasikan adalah manfaat produk, tidak dicampur dengan potensi manfaat kalau jadi agen. Juga, orang bisa jadi agen tanpa harus beli produk.

Gak percaya? sekali lagi bandingkan postingan agen asuransi lain dengan agen asuransi jaringan CAR 3i.

Jadi CAR 3i itu moneygame atau bukan?

Semi lah. Untuk beberapa orang, walaupun ternyata tak mendapat income (karena tak berhasil rekrut orang), dia masih bisa mendapat manfaat produk asuransi plus investasi jangka panjang. Tapi buat sebagian orang lain, tak dapat income lalu berhenti bayar premi, duit pun hilang. Rugi.

Di luar masalah moneygame atau bukan, lebih baik pakai nurani. Pantaskah membuat orang membeli sesuatu karena postingan Anda tentang sukses kaya raya harta bejibun yang sebetulnya bukan manfaat dari produk? Bagaimana kalau orang beli CAR link pro mix karena terbuai iming-iming income tanpa menyadari bahwa dia sama sekali tak mampu jualan asuransi?

Dan buat saya, member CAR 3i itu merusak martabat agen asuransi. Atau paling tidak, merubah persepsi saya tentang agen asuransi. Yang tadinya chic, berkesan well educated menjadi senorak member moneygame.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fingo, tipu-tipu berkedok e-commerce

Vtube, penipuan bisnis iklan lagi

EDC Cash Penipuan cucu MMM, ponakan E-Dinar