Ta'awun Al Ikhsan dan Bandar Ponzi Berpeci Haji

Much Nasrulloh Al Jufri, Bandar Ponzi Berpeci Haji

Mengamatai praktek skema ponzi itu kadang menggelikan. Kadang geli campur sedikit mual.
Suatu skema disebut skema ponzi kalau prakteknya adalah peserta baru, katakanlah si fulan mengirim uang ke peserta lama, dan berharap akan ada sekian peserta lebih baru lagi yang nantinya mengirim uang ke si fulan. Skema ponzi bukan bisnis. Tak ada bisnis disitu. Kalaupun disebut ada bisnis, itu biasanya hanya kedok.

Ponzi Ta'awun Al Ikhsan

Lalu bagaimana dengan komunitas Ta'awun Al Ikhsan? Jelas itu skema ponzi. Malah terang-terangan bandarnya mengatakan itu bukan bisnis. Itu komunitas 'sedekah'.
Komunitas ini sebetulnya sama saja dengan MMM. Hanya saja, di komunitas Ta'awun Al Ikhsan dipakai kata 'sedekah' untuk saling tolong membayar hutang. Selain istilah-istilah arab, skema itu sebetulnya persis dengan MMM, arisan mama gaul atau sederet skema ponzi lainnya.

Cara kerja Ponzi Ta'awun Al Ikhsan

Cara mendapatkan uang di komunitas Ta'awun Al Ikhsan
Kalau Anda mau ikut, gampang.
  • Siapkan uang 50.000.Kirim masing-masing 10.000 ke Bandar ponzi, ke urutan peserta penerima no. 1, 2, 3 dan 4.
    (Peserta No. 4 adalah orang yang mengajak anda, no. 3 orang yang mengajak nomor 4 dan seterusnya).
  • Cari peserta baru. Peserta baru akan melakukan hal yang sama. Bedanya, kini anda akan menjadi peserta penerima no. 4. Cari sebanyak-banyaknya peserta baru untuk mendapat sebanyak-banyaknya trasnferan dana.
Peserta baru akan mencari peserta lebih baru lagi. Begitu seterusnya, Anda akan menerima transferan sampai 4 tingkat peserta dibawah Anda. Jumlahnya tak terbatas.

Apakah skema ponzi ini merugikan?

Pastinya. Yang rugi adalah orang-orang terakhir yang ikut saat jenuh (saat tak ada lagi peserta baru yang masuk.
Apakah akan jenuh? pasti juga. Itu matematika sederhana. Apalagi dengan andai-andai yang diberikan sang Bandar: Anda mendapat 10 orang peserta, lalau setiap bawahan anda mendapat 10 juga dan seterusnya. Hitung saja: dari 1 peserta (bandar ponzi), lalu jadi 10 peserta. 10 jadi 100, lalu 1000, 10.000, 100.000 lalu sejuta peserta, lalu sepuluh juta, lalu 100 juta, lalu semilyar peserta, lalu 10 milyar peserta. Dalam waktu singkat seluruh penduduk dunia sudah ikut semua dan tak ada peserta baru. Rugilah orang yang baru ikut. Itu pengandaian bombastis. Pada kenyataannya saat jenuh tiba lebih cepat karena tak semua orang terlalu bodoh untuk ikut skema tersebut. Hanya sebagian kecil, malah.
Yang paling untung ya bandar ponzinya. Dia dapat 10.000 setiap ada peserta baru.

Tentang sang Bandar

Bandar ponzi komunitas Ta'awun Al Ikhsan ini Much Nasrulloh  Al Jufry. Cukup eksis di internet sebagai semacam business coach. Saya sendiri baru kenal. Searching di google, dia juga pernah coba himpun dana di sebuah platform pengumpulan dana. Katanya untuk pesantren.

Cara Much Nasrulloh mengajak orang

Cara Much Nasrulloh mengajak orang ikut komunitas itu menggelikan sedikit bikin mual. Entah orang ini bodoh atau memang mau membodohi orang. Dia bilang sedekah, dia bicara moneygame, dia bicara fatwa MUI, dia pakai berbagai istilah arab. Apapun, skemanya tetap skema ponzi. Tak beda MMM dan arisan mama gaul. Ponzi yang terang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinergy Eco Racing money game. Kenapa?

Bahas bisnis asuransi car3i network

MLM bisnis hebat, pelajari dengan cermat.