Sinergy Eco Racing money game. Kenapa?

Eco Racing bisnis apa? Jualan addtive bahan bakar? Bukan. Produknya tidak laku. Di Tokopedia banyak diobral. Klaim mutu produkpun banyak dikritik oleh kalangan pecinta automotive.

Lalu bisnis apa? Bisnis mencari mitra. Orang diiming-iming untuk menjadi member supaya membeli produk dalam jumlah besar. Member ini lalu mengiming-iming orang lain untuk jadi member dan melakukan hal yang sama: membeli produk dalam jumlah besar. Produknya sendiri hanya sedikit dijual ke pengguna akhir. Itulah moneygame.

kita perhatikan skema MLM yang diterapkan perusahaan ini:

  • Untuk jadi mitra, orang harus membeli sejumlah produk. Setiap orang bisa mendaftar dari 1 sampai 30 lisensi sekaligus dengan membeli paket produk senilai 30 juta rupiah
  • Bila mitra berhasil mengajak mitra baru, bonus yang diperoleh adalah 100 ribu rupiah sampai 3.100.000 rupiah, terkantung jumlah lisensi yang dibeli si mitra baru.
  • Disamping bonus sponsor, terdapat pula bonus pasangan dan bonus lain yang didasarkan pada perekrutan mitra baru.

Eco Racing Marketing plan
Marketing Plan Eco Racing
Yang dimaksud penjualan langsung sebetulnya adalah paket pembelian saat orang mendaftar menjadi mitra baru.

Apakah sinergy eco racing money game?

Bila kita bicara money game dalam hubungannya dengan MLM, tentu yang kita maksud adalah money game skema piramida. Skema piramida adalah skema dimana MLM hanya sebagai kedok. Kegiatan sebenarnya adalah transfer mentransfer uang dari mitra baru ke mitra lama.

Dari beberapa literatur tentang skema piramida, sinergy eco racing mempunyai ciri yang jelas sebagai skema piramida alias money game. Ciri tersebut ada pada kewajiban pembelian untuk menjadi mitra baru dan promotor / upline mendapat komisi dari pembelian wajib tersebut. Kewajiban pembelian ini disebut front loading. Tidak ada kebijakan pembelian kembali bila mitra memutuskan untuk berhenti menjadi mitra. Praktek ini tidak etis dan salah satu ciri utama dari skema piramida. (FTC – Bisnis yang sah dan skema piramida).

Logika mengapa front loading tanpa kebijakan pembelian kembali menjadi salah satu ciri skema piramida adalah: Produk bisa dijadikan penyamaran praktek transfer-mentransfer uang dari mitra baru ke mitra lama. Praktek tersebut juga bisa dijadikan cara tak etis bagi perusahaan MLM untuk menjual produk sebanyak-banyaknya dengan bujukan keuntungan besar bila menjadi mitra usaha.

Baca juga: Apa itu skema piramida.

Kontroversi tentang manfaat produk Eco Racing dan dampaknya pada mesin

Apakah produk eco racing bermanfaat meningkatkan nilai oktan? Ya. Tapi perlu dingat:

  • Manfaat yang sama akan diperoleh bila orang menambahkan sedikit kapur basur atau minyak atsiri kedalam bahan bakar.
  • Tidak ada hasil riset yang obyektif apakah dalam jangka panjang penggunaan eco racing (juga kapur barus dan minyak atsiri) tidak berdampak buruk pada mesin.

Jadi, kalau dibilang ada manfaatnya, ya ada. Tapi apakah harganya sebanding dengan produk lain (semisal kapur barus dan minyak atisiri)? Tentu tidak. Apakah harga yang tak sebanding itu karena eco racing lebih aman? Tidak ada bukti, tidak ada hasil pengujian yang menyatakan hal tersebut dan tidak ada sertifikasi produk yang menyatakan hal tersebut.

Penyesatan informasi hasil pengujian Eco Racing

Menarik untuk mencermati klaim klaim dari pihak Synergy Ecoracing tentang beberapa hasil pengujian yang banyak digunakan untuk mendukung pemasaran ecoracing. Faktanya adalah: hasil-hasil pengujian itu sama sekali tidak dapat digunakan untuk menyimpulkan secara obyektif bahwa ecoracing benar-benar dapat menghemat BBM.

Hasil pengujian Petrolab

Hasil ini hanya menyimpulkan bahwa BBM yang ditambah eco racing telah memenuhi berbagai ambang batas, termasuk RON yang ditetapkan dirjen migas. Apa istimewanya? semua bahan bakar yang dijual pertamina pun demikian. Juga, disitu tidak disebutkan berapa banyak eco racing yang dimasukkan. Apakah kalau banyak malah menjadi lebih beracun? Apakah RON meningkat secara signifikan? kita tidak tahu.

hasil analisa bahan bakar eco racing

Yang lebih parah adalah hasil pengujian tersebut ternyata persis sama dengan hasil pengujian produk lain dengan merk Hi-octan milik CV Energi Selaras Alam. Produk ini beredar sekitar tahun 2012 lalu. Pengujiannyapun dilakukan pada tahun tersebut. Coba lihat dan bandingkan 2 hasil pengujian ini. Yang satu milik CV Energi Selaras Alam, satunya milik Sinergy Eco RAcing.

hasil uji palsu eco racing

Kedua hasil pengujian berisi angka-angka yang persis sama, sesuatu yang mustahil dalam sebuah pengujian berulang kecuali: Salah satu dokumen itu adalah copy paste dari dokumen lain.

Update: belakangan Eco Racing melakukan pengujian sendiri dan mempunyai hasil yang bukan copas dari produk hi octan. Mereka, termasuk ownernya, banyak menyebut Petrolab untuk melegitimasi produk mereka. Malangnya, itu dibantah oleh pihak petrolab.

Penjelasan dari Petrolab, bahwa hasil uji itu tidak menyatakan bahwa Eco Racing layak pakai

Hasil pengujian emisi Auto 2000

Dalam banyak promosi, para mitra ecoracing menampilkan hasil uji emisi sebelum dan sesudah pemakaian ecoracing. Tampak bahwa kadar-kadar racun gas buang kendaraan berkurang setelah penggunaan eco racing. Yang perlu dikritisi: Pengujian di auto 2000 itu sangat bisa dimanupilasi. Bukan Auto 2000 yang memanipulasi, tapi pihak auto racing. Bagaimana kita memastikan bahwa pengujian emisi yang kedua adalah mobil dengan bahan bakar yang dicampur dengan ecoracing? bagaimana kalau sebetulnya bahan bakar pengujian yang kedua adalah bahan bakar yang dijual resmi, yang lebih mahal dan memang mempunyai kualitas yang lebih baik? Pihak Auto 2000 tidak perduli dengan bahan bakar apa yang ada di dalam mobil.

Baca juga: Kesimpulan emisi HC yang menyesatkan.

Hasil pengujian dynometer

Hasil pengujian ini menyatakan bahwa kinerja mesin dengan bahan bakar yang menggunakan eco racing lebih tinggi. Tapi sama dengan pengujian lain, hasil pengujian ini juga tak pantas untuk dijadikan acuan. Siapa yang menguji? pihak eco racing sendiri? Atau lembaga independen? Apakah obyek yang diuji terjamin tidak dimanipulasi?

Legalitas Synergy Eco Racing

Synergy Eco Racing saat ini telah mempunyai legalitas dari badan usaha, SIUPL dan lain-lain. tetapi itu tidak menjamin bahwa Eco Racing bukan moneygama. Contoh yang sedang hangat saat ini adalah Q-net, yang punya legalitas sangat lengkap, tetapi para petingginya kini diburu karena menjalankan praktek skema piramida.

Pendiri Sinergy Eco Racing

Pendiri Sinergy Eco Racing adalah Febrian Agung. Siapakah dia? Tak lain adalah pendiri Duta Business School (DBS) yang kemudian berubah menjadi Duta Future International. DBS/DFI adalah money game skema piramida yang berkedok MLM penjualan pulsa. Money game sudah bangkrut dan tak bisa lagi menjaring korban.

Apakah layak bergabung menjadi mitra di Sinergy Eco Racing?

Money game sama sekali tidak layak diikuti. Money game akan cepat jenuh dan korbannya bisa ribuan orang yang terakhir bergaung, yang tak bisa mendapatkan mitra baru. Ada 2 kemungkinan bila anda ikut bergabung dengan Sinergy Eco Racing: Anda untung tapi merugikan orang-orang yang akan menjadi korban kemudian hari (sebab kalau dirunut-runut, keuntungan anda adalah uang yang dikeluarkan oleh para korban), Atau Anda akan menjadi korban yang mengeluarkan uang terlalu banyak tanpa keuntungan. Kemungkinan besarnya adalah Anda akan menjadi korban.

Adanya korban dan penyesalan itu selalu ada dan menjadi bagian dari money game. Berikut adalah curatan hati orang yang pernah mengikuti money game DBS/DFI, money game yang didirikan oleh orang yang sama: Febrian Agung.

Korban DBS, Moneygame terdahulu Febrian Agung

sumber: Kaskus 

Awal Cerita gw d ajak sama salah satu rekan kerja gw…sebut aja pak G,,gw di-iming”in,kalo gw beli Beberapa HAK USAHA yang di tawarkan oleh PT DUTA FUTURE INTERNATIONAL :
– 1 HU Rp. 200.000,- ( Terdiri dari 1 kartu EC/CCI )
– 3 HU Rp. 500.000,- ( Terdiri dari 1 kartu EC/CCI dan 2 kartu REGULER )
– 7 HU Rp. 1.100.000,- ( Terdiri dari 1 kartu EC/CCI dan 6 kartu REGULER )
dan kata rekan kerja gw kalo mau maksimalin pendapatan,ambil yg 3 HU (Hak Usaha),,dan kalo mau langsung dapet pulsa ambil 7 HU dan lebih gampang katanya untuk maksimalin pendapatan….

*akhirnya setelah gw di Prospek dengan mulut salesnya,,,ok lah gw pertama ambil yg 3 HU…stelah itu,gw harus cari member” utk ngisi kanan kiri gw biar bisa dapet pendapatan & Pulsa,,selama seminggu penuh gw gk dapet” itu member,,akhirnya member gw diisiin sama pak G itu…alhasil gw dapet duit sekitar 50rbuan,,dan gw coba lagi nyari member” di perusahaan gw,,dan gw dapet Operator yg gajinya cuman 2jt an…dan gw iming”in lah ini itu,,,akhirnya dapet member gw sekitar 9 orang dengan 7 Hak Usaha….tapi dari situ gw gak bisa dapet member lagi…gw merasa kaya berdosa ngeliat Buruh gw dah ngeluarin duit 1,1 juta utk 7 Hak Usahanya,dan akhirnya gw ditagih” janji gw…yg waktu itu gw prospek,,,sampe malu gw buat ke bawah lagi….utk nemuin member gw,,karena gw dah gak bisa bantu” lagi…dan dia pun gak bisa keluar kerjaan buat prospekin orang,,karena jam kerja dia dari jam 7 pagi sampe jam 9,,bahkan jam 11..

Emang bener dari gw dapet 9 Member dan semuanya ambil yg 7 HU,,gw dapet duit sekitar 1jt lebih dan pulsa (gw lupa nominal pulsanya),,tapi yg dibawah gw dengan kerjanya yg hampir 17 Jam kerja…dia gak bisa ngapa”in…dan cuma berharap dr gw nya sndiri…akhirnya gw maluuu gak ketulungan…setiap gw kbawah di ungkit” masalah bisnis gituan….

*Jujur mau sampe kapanpun gw ditawarin bisnis yang beginian lagi…gw TOLAK mentah”…leader” yg katanya dapet mobil jaguar???ternyata hanya pinjeman aja….

*gw bener” kasian dengan gaji yg cuma 2jt – 1,1jt = 900rb,,dbelai”in sebulan buat makan anak istrinya….

Anda masih mau ikut Sinergy Eco Racing?

Update terbaru tentang Eco Racing

Update 25 Mei 2018: OJK dan Satgas Waspada Investasi telah mengeluarkan siaran pers tertanggal 24 Mei 2018 agar masyarakat berhati-hati untuk mengikuti MLM Ecoracing karena berpotensi merugikan masyarakat. Selengkapnya dapat dibaca di situs resmi OJK:
Siaran pers OJK tentang Eco Racing

Untuk informasi, semua lembaga yang masuk dalam daftar investasi ilegal OJK dan yang disebut berpotensi merugikan masyarakat, semuanya tumbang tak lama kemudian.

Update 10 Desember 2019:

Dampak permendag 70 2019 bagi Eco Racing

Peremendag 70 2019 telah mengganti Permendag 32 2008. Ada pasal yang memberatkan MLM moneygame seperti Eco Racing untuk bertahan: Perusahaan MLM dilarang untuk mengharuskan mitra membeli barang saat pendaftaran. Itu akan membuat Eco Racing sulit berkembang, bahkan membuat cepat bubar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fingo, tipu-tipu berkedok e-commerce

Vtube, penipuan bisnis iklan lagi

EDC Cash Penipuan cucu MMM, ponakan E-Dinar