Sinergy Eco Racing money game. Kenapa?


Sebelum membahas apakah Sinergy Eco Racing money game, kita perhatikan dulu skema MLM yang diterapkan perusahaan ini:

  • Untuk jadi mitra, orang harus membeli sejumlah produk. Setiap orang dapat mendaftar untuk 1 lisensi usaha dengan membeli paket produk senilai 1 juta rupiah, bisa juga sampai 30 lisensi sekaligus dengan membeli paket produk senilai 30 juta rupiah

  • Bila mitra berhasil mengajak mitra baru, bonus yang diperoleh adalah 100 ribu rupiah sampai 3.100.000 rupiah, terkantung jumlah lisensi yang dibeli si mitra baru.

  • Disamping bonus sponsor, terdapat pula bonus pasangan dan bonus lain yang didasarkan pada perekrutan mitra baru.

Apakah sinergy eco racing money game?


Bila kita bicara money game dalam hubungannya dengan MLM, tentu yang kita maksud adalah money game skema piramida. Skema piramida adalah skema dimana MLM hanya sebagai kedok. Kegiatan sebenarnya adalah transfer mentransfer uang dari mitra baru ke mitra lama.


Dari beberapa literatur tentang skema piramida, sinergy eco racing mempunyai ciri yang jelas sebagai skema piramida alias money game. Ciri tersebut ada pada kewajiban pembelian untuk menjadi mitra baru dan promotor / upline mendapat komisi dari pembelian wajib tersebut. Tidak ada kebijakan pembelian kembali bila mitra memutuskan untuk berhenti menjadi mitra. Praktek ini tidak etis dan salah satu ciri utama dari skema piramida. (FTC - Bisnis yang sah dan skema piramida).

Logika mengapa front loading tanpa kebijakan pembelian kembali menjadi salah satu ciri skema piramida adalah: Produk bisa dijadikan penyamaran praktek transfer-mentransfer uang dari mitra baru ke mitra lama. Praktek tersebut juga bisa dijadikan cara tak etis bagi perusahaan MLM untuk menjual produk sebanyak-banyaknya dengan bujukan keuntungan besar bila menjadi mitra usaha.

Baca juga: Apa itu skema piramida.

Pelanggaran yang dilakukan Sinergy Eco Racing


Dalam perundangan di Indonesia, ada satu pasal dalam UU No. 7 2014 yang melarang skema piramida. Tetapi aturan ini terlalu singkat dengan definisi tentang skema piramida yang juga masih kabur. Aturan lain yang lebih rinci ada di permendag No. 32 tahun 2008. Meski tak menyebut skema piramida, tapi aturan dan larangan yang ada disana adalah upaya menghindari terjadinya skema piramida dan relevan untuk menilai suatu MLM skema piramida atau bukan. Bila merujuk pada permen tersebut, MLM sinergy eco racing menyalahi beberapa ketentuan paling tidak pada:

  • Pasal 21 ayat f, larangan untuk menerima pendaftaran keanggotaan sebagai mitra usaha dengan nama yang sama lebih dari 1 kali (adanya pembelian paket 30 hak usaha di MLM eco racing).

  • Pasal 9 ayat 1, keharusan untuk memiliki SIUPL (MLM Sinery Eco Racing tidak memiliki SIUPL)

  • Pasal 4 ayat 2 huruf f tentang keharusan adanya jaminan pembelian kembali, ini tak ada di sinergy eco racing.

Kontroversi tentang manfaat produk Eco Racing dan dampaknya pada mesin


Apakah produk eco racing bermanfaat meningkatkan nilai oktan? Ya. Tapi perlu dingat:

  • Manfaat yang sama akan diperoleh bila orang menambahkan sedikit kapur basur atau minyak atsiri kedalam bahan bakar.

  • Tidak ada hasil riset yang obyektif apakah dalam jangka panjang penggunaan eco racing (juga kapur barus dan minyak atsiri) tidak berdampak buruk pada mesin.

Jadi, kalau dibilang ada manfaatnya, ya ada. Tapi apakah harganya sebanding dengan produk lain (semisal kapur barus dan minyak atisiri)? Tentu tidak. Apakah harga yang tak sebanding itu karena eco racing lebih aman? Tidak ada bukti, tidak ada hasil pengujian yang menyatakan hal tersebut dan tidak ada sertifikasi produk yang menyatakan hal tersebut.

Penyesatan informasi hasil pengujian Eco Racing


Menarik untuk mencermati klaim klaim dari pihak Synergy Ecoracing tentang beberapa hasil pengujian yang banyak digunakan untuk mendukung pemasaran ecoracing. Faktanya adalah: hasil-hasil pengujian itu sama sekali tidak dapat digunakan untuk menyimpulkan secara obyektif bahwa ecoracing benar-benar dapat menghemat BBM.

Hasil pengujian Petrolab


Hasil ini hanya menyimpulkan bahwa BBM yang ditambah eco racing telah memenuhi berbagai ambang batas, termasuk RON yang ditetapkan dirjen migas. Apa istimewanya? semua bahan bakar yang dijual pertamina pun demikian. Juga, disitu tidak disebutkan berapa banyak eco racing yang dimasukkan. Apakah kalau banyak malah menjadi lebih beracun? Apakah RON meningkat secara signifikan? kita tidak tahu.



Yang lebih parah adalah hasil pengujian tersebut ternyata persis sama dengan hasil pengujian produk lain dengan merk Hi-octan milik CV Energi Selaras Alam. Produk ini beredar sekitar tahun 2012 lalu. Pengujiannyapun dilakukan pada tahun tersebut. Coba lihat dan bandingkan 2 hasil pengujian ini. Yang satu milik CV Energi Selaras Alam, satunya milik Sinergy Eco RAcing.



Kedua hasil pengujian berisi angka-angka yang persis sama, sesuatu yang mustahil dalam sebuah pengujian berulang kecuali: Salah satu dokumen itu adalah copy paste dari dokumen lain.

Hasil pengujian emisi Auto 2000


Dalam banyak promosi, para mitra ecoracing menampilkan hasil uji emisi sebelum dan sesudah pemakaian ecoracing. Tampak bahwa kadar-kadar racun gas buang kendaraan berkurang setelah penggunaan eco racing. Yang perlu dikritisi: Pengujian di auto 2000 itu sangat bisa dimanupilasi. Bukan Auto 2000 yang memanipulasi, tapi pihak auto racing. Bagaimana kita memastikan bahwa pengujian emisi yang kedua adalah mobil dengan bahan bakar yang dicampur dengan ecoracing? bagaimana kalau sebetulnya bahan bakar pengujian yang kedua adalah bahan bakar yang dijual resmi, yang lebih mahal dan memang mempunyai kualitas yang lebih baik? Pihak Auto 2000 tidak perduli dengan bahan bakar apa yang ada di dalam mobil.


Hasil pengujian dynometer


Hasil pengujian ini menyatakan bahwa kinerja mesin dengan bahan bakar yang menggunakan eco racing lebih tinggi. Tapi sama dengan pengujian lain, hasil pengujian ini juga tak pantas untuk dijadikan. Siapa yang menguji? pihak eco racing sendiri? Atau lembaga independen?

Legalitas Synergy Eco Racing


Synergy Eco Racing hanya bermodalkan badan usaha berbentuk PT. Tidak ada SIUPL (Surat izin usaha penjualan langsung) yang seharusnya dimiliki oleh perusahaan dengan penjualan secara MLM. Meskipun adanya SIUPL tidak menjamin bahwa MLM tidak mempraktekkan money game, tapi tidak dimilikinya SIUPL itu adalah satu pertanda: Produk eco racing tidak memiliki sertifikat produk dari lembaga yang berwenang.

Pendiri Sinergy Eco Racing


Pendiri Sinergy Eco Racing adalah Febrian Agung. Siapakah dia? Tak lain adalah pendiri Duta Business School (DBS) yang kemudian berubah menjadi Duta Future International. DBS/DFI adalah money game skema piramida yang berkedok MLM penjualan pulsa. Money game sudah bangkrut dan tak bisa lagi menjaring korban.

Apakah layak bergabung menjadi mitra di Sinergy Eco Racing?


Money game sama sekali tidak layak diikuti. Money game akan cepat jenuh dan korbannya bisa ribuan orang yang terakhir bergaung, yang tak bisa mendapatkan mitra baru. Ada 2 kemungkinan bila anda ikut bergabung dengan Sinergy Eco Racing: Anda untung tapi merugikan orang-orang yang akan menjadi korban kemudian hari (sebab kalau dirunut-runut, keuntungan anda adalah uang yang dikeluarkan oleh para korban), Atau Anda akan menjadi korban yang mengeluarkan uang terlalu banyak tanpa keuntungan. Kemungkinan besarnya adalah Anda akan menjadi korban. MLM yang tak punya SIUPL akan sangat mudah di nyatakan illegal oleh Sagas Waspada Investasi. Pernyataan illegal akan membuat titik jenuh money game Eco Racing lebih cepat datang, dan akhirnya Anda tak bisa mencari mitra baru. Produk yang sudah terlanjur anda beli? Selamat menikmati kapur barus dengan harga wow.

Adanya korban dan penyesalan itu selalu ada dan menjadi bagian dari money game. Berikut adalah curatan hati orang yang pernah mengikuti money game DBS/DFI, money game yang didirikan oleh orang yang sama: Febrian Agung.

sumber: Kaskus 

Awal Cerita gw d ajak sama salah satu rekan kerja gw...sebut aja pak G,,gw di-iming"in,kalo gw beli Beberapa HAK USAHA yang di tawarkan oleh PT DUTA FUTURE INTERNATIONAL :
- 1 HU Rp. 200.000,- ( Terdiri dari 1 kartu EC/CCI )
- 3 HU Rp. 500.000,- ( Terdiri dari 1 kartu EC/CCI dan 2 kartu REGULER )
- 7 HU Rp. 1.100.000,- ( Terdiri dari 1 kartu EC/CCI dan 6 kartu REGULER )
dan kata rekan kerja gw kalo mau maksimalin pendapatan,ambil yg 3 HU (Hak Usaha),,dan kalo mau langsung dapet pulsa ambil 7 HU dan lebih gampang katanya untuk maksimalin pendapatan....

*akhirnya setelah gw di Prospek dengan mulut salesnya,,,ok lah gw pertama ambil yg 3 HU...stelah itu,gw harus cari member" utk ngisi kanan kiri gw biar bisa dapet pendapatan & Pulsa,,selama seminggu penuh gw gk dapet" itu member,,akhirnya member gw diisiin sama pak G itu...alhasil gw dapet duit sekitar 50rbuan,,dan gw coba lagi nyari member" di perusahaan gw,,dan gw dapet Operator yg gajinya cuman 2jt an...dan gw iming"in lah ini itu,,,akhirnya dapet member gw sekitar 9 orang dengan 7 Hak Usaha....tapi dari situ gw gak bisa dapet member lagi...gw merasa kaya berdosa ngeliat Buruh gw dah ngeluarin duit 1,1 juta utk 7 Hak Usahanya,dan akhirnya gw ditagih" janji gw...yg waktu itu gw prospek,,,sampe malu gw buat ke bawah lagi....utk nemuin member gw,,karena gw dah gak bisa bantu" lagi...dan dia pun gak bisa keluar kerjaan buat prospekin orang,,karena jam kerja dia dari jam 7 pagi sampe jam 9,,bahkan jam 11..

Emang bener dari gw dapet 9 Member dan semuanya ambil yg 7 HU,,gw dapet duit sekitar 1jt lebih dan pulsa (gw lupa nominal pulsanya),,tapi yg dibawah gw dengan kerjanya yg hampir 17 Jam kerja...dia gak bisa ngapa"in...dan cuma berharap dr gw nya sndiri...akhirnya gw maluuu gak ketulungan...setiap gw kbawah di ungkit" masalah bisnis gituan....

*Jujur mau sampe kapanpun gw ditawarin bisnis yang beginian lagi...gw TOLAK mentah"...leader" yg katanya dapet mobil jaguar???ternyata hanya pinjeman aja....

*gw bener" kasian dengan gaji yg cuma 2jt - 1,1jt = 900rb,,dbelai"in sebulan buat makan anak istrinya....

Anda masih mau ikut Sinergy Eco Racing?

Update terbaru tentang Eco Racing


Update 25 Mei 2018: OJK dan Satgas Waspada Investasi telah mengeluarkan siaran pers tertanggal 24 Mei 2018 agar masyarakat berhati-hati untuk mengikuti MLM Ecoracing karena berpotensi merugikan masyarakat. Selengkapnya dapat dibaca di situs resmi OJK:
Siaran pers OJK tentang Eco Racing

Untuk informasi, semua lembaga yang masuk dalam daftar investasi ilegal OJK dan yang disebut berpotensi merugikan masyarakat, semuanya tumbang tak lama kemudian.

Update 27 Mei 2018: Pihak Eco Racing mengeluarkan banyak pernyataan sudah mempunyai SIUPL sementara. Itu sama sekali bohong karena yang ditunjukkan sebetulnya adalah surat bukti untuk meminta pihak ketiga mengurus SIUPL. Semua orang bisa meminta pihak ketiga untuk mengurus perizinan. Sama saja dengan surat bukti untuk meminta jasa pengurusan STNK.

Mungkinkah Eco Racing akan mendapatkan SIUPL?


Kemungkinannya kecil Eco Racing mendapat SIUPL. Kenapa? Karena salah satu syarat mendapat SIUPL, produknya harus bersertifikasi dari lembaga berwenang. Misalnya untuk produk makanan dan kosmetik, harus ada sertifikat dari BPOM. Masih belum jelas lembaga mana yang bisa menerbitkan sertifikasi untuk produk semacam Eco Racing. Tapi apapun lembaganya, untuk sertifikasi produk, bukan hanya harus diuji mutu produknya tetapi juga sistem produksinya dari material, proses produksi sampai akhir. Sementara untuk mutu produk pun Eco Racing harus memalsuka sertifikat pihak lain, apalagi sistem produksnya. Besar kemungkinan Eco Racing hanya industri rumahan yang hanya melakukan pengolahan sederhana dari zat additive semacam kapur barus untuk diklaim sebagai zat additive yang bisa meningkatkan kinerja mesin.

Komentar

  1. Ini sumber hoax, kayaknya, hanya ingin mengambil kesempatan untuk menjadi bagian usahanya, waduuu

    BalasHapus
    Balasan

    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Hi, it's Sue!

    Almost everyone is using voice search with their Siri/Google/Alexa to ask for services and products now, and in 2019, it'll be EVERYONE of your clients. Imagine what you are missing out on.

    Right now, I can only find bahasbisnis.com on text search after going through a few pages (that's NOT good), businesses above are getting all the traffic and $$$$!

    Answer all your visitors' questions on your site and earn their business! Find out how simple it is here: https://goo.gl/6h8hfW

    Get your VSO voice search optimized content: https://goo.gl/tQh8J7
    Starts at $20, regular SEO content starts at $10

    Cheers,
    Sue

    BalasHapus
  3. Dear Penulis,
    Setelah saya baca ulasan anda, terlepas benar atau tidaknya tentang ecoracing yang anda tulis, satu hal yang saya rasakan, nampaknya anda punya rasa kurang senang dengan perkembangan bisnis eco racing dan semakin terlihat setelah anda juga membahas tentang latar belakang pemiliknya, apakah ana punya rasa sentiment dengan pemiliknya? mohon konfirmasi anda tentang pendapat saya ini, bila pendapat saya salah, mohon maaf yang sebesar-besarnya.
    Salam persahabatan.

    BalasHapus
  4. Hi, it's Augusta!

    Pretty much everyone is using voice search with their Siri/Google/Alexa to ask for services and products now, and in 2019, it'll be EVERYONE of your customers. What you are missing out on.

    Right now, I can only find bahasbisnis.com on text search after digging a few pages (that's hurting your business), competitors above are getting all the traffic and $$$$!

    Answer all your buyers' questions on your website and win their business! Learn how simple it is here: https://goo.gl/6h8hfW

    Get your VSO voice search optimized content: https://goo.gl/tQh8J7
    Starts at $20, regular SEO content starts at $10

    Cheers,
    Augusta

    BalasHapus
  5. Awalnya saya ingin gabung di ecoracing, namun setelah baca artikel ini, ane jadi ragu...Terima kasih pencerahannya mas bro !

    BalasHapus
  6. tolong info utk Eco racing apakah SIUPL sdh terbit 2019. karena berita nya sdh memiliki SIUPL resmi

    BalasHapus
  7. Brati ini produknya juga ilegal ya gan? Padahal saya niat jualin aja sih gan, gaikut jadi mitranya. Klo gini brati cuma sekadar make produknya buat kndaraan sndiri juga ilegal kah gan?

    BalasHapus
  8. Fitrah Ramdani22 Januari 2019 04.47

    Dan mulai akhir 2018, terbukti ECO RACING mendapatkan legalitas dan SIUPL. Maka terbukti, eco racing bukan money game dan punya izin resmi dr pemerintah.

    BalasHapus
  9. Kenapa yah ecoracing bisa di sebut moneygame, saya masih belum paham benar batas pembahasan antara moneygame dan mlm ?

    BalasHapus
  10. Produknya sih gak bisa dibilang illegal. Cuma klaim hasil pengujian itu menipu. Sekedar pake produk ya gak illegal juga. Ini sebetulnya sama aja dengan kamper atau minyak atsiri kok. pemakaian pada kendaraan, dampak jangka panjang silahkan tanggung sendiri.

    BalasHapus
  11. sama sama.

    BalasHapus
  12. Sama sekali gak ada sentimen. Sah sah saja mencari tau latar belakang seseorang yang menawarkan bisnis kepada umum. Bukan cuma sah, tapi perlu.

    BalasHapus
  13. Pengertiaan Legalitas Perusahaan dan konsepnya

    Jenis persaingan yg tdk sehat. inilah kenyataan nya,suatu legalitas di langkahi,fitnah di mana2,menjual product di bawah aturan,semua ini di lakukan oleh competitor2 yg tdk bertanggung jawab.bukan memperbaiki system nya ingin membahas khusus yg tdk di kuasai nya.suatu hal yg tdk Ber etikai.sebab para leader2 kawakan.hijrah sekalian membawa gerbong.Tekanan di sana sini.tpi yg hebatnya owner tetap istiqomah.sebab masyarakat sendiri yg menilai & mengakui nya

    BalasHapus
  14. Pengertiaan Legalitas Perusahaan dan konsepnya

    Jenis persaingan yg tdk sehat. inilah kenyataan nya,suatu legalitas di langkahi,fitnah di mana2,menjual product di bawah aturan,semua ini di lakukan oleh competitor2 yg tdk bertanggung jawab.bukan memperbaiki system nya ingin membahas khusus yg tdk di kuasai nya.suatu hal yg tdk Ber etikai.sebab para leader2 kawakan.hijrah sekalian membawa gerbong.Tekanan di sana sini.tpi yg hebatnya owner tetap istiqomah.sebab masyarakat sendiri yg menilai & mengakui nya.apakah eco racing mendapat siupl jawaban nya sudah

    BalasHapus
  15. Terima Kasih atas informasinya Bro, terjawab sudah keraguan saya baru sabtu kemarin saya mengikuti pelatihan dan penawaran produk eco racing, sudah diduga ini sama dengan money game sama dan banyak kedoknya. semoga banyak yang tersadarkan

    BalasHapus
  16. Web ini setelah saya baca kok isinya jelekan bisnis anak bangsa ya,,,
    kurang mempelajari bisnisnya tapi bikin artikel yang aneh supaya naik dan mendapatkan pengunjung banyak,, kemudian mendapatkan uang dari iklan web.

    Broo hati2 perusahaan2 bisnis yang kau jelekan si web ini punya kuasa hukum dan perlindungan hukum,,
    hati2 jangan sampai karena artikel bisa menjadi penyesalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mana iklan?
      dritdi gw buka ulang2 ni website g ada iklan yg muncul
      gw cek dri atas sampe bawah LEGIT 100% ga ada iklan

      ketahuan gobloknya kan?

      lu liat dibagian paling bawah

      diberdayakan oleh blogger

      blogger aja klo bru buat mana ada iklan

      ketahuan lagi lu itu mirip macem mayoritas
      nempel terozzz sama adsense
      tapi pas buat konten
      itu kualitas kontennya ga jelas a.k.a BLUR dimana2

      Hapus
  17. Dampak jangka panjangnya apa ya gan?

    BalasHapus
  18. Koq banyak omong kosongnya tulisan ini. Kamu menutup rezeki banyak org krn ketidaktahuanmu. Klu tidak paham, jangan memfitnah. Datangi kantor pusatnya, temui org2 yg sukses di bisnis ini. Jangan cari info ke org yg gagal. Ini bisnis syariah, berkah, anti riba. Ingat.. Jangan sampai tulisanmu menorehkan label Dosa yg akan engkau pertanggung jawabkan kelak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok

      anda tau cara kerja mesin bensin? 2 tak dan 4 tak?
      kita bahkan blum masuk diskusi bagian material mesin yg digunakan dan tekanan kompresi ruang silinder bla bla bla...
      anti riba, tapi apa yg akan terjadi di kemudian hari?
      anda percaya bisnis ini karena apa?
      anda tau ttg mesin ga?

      Hapus
  19. Generic Viagra India Pharmacy Aprender A Tomar Kamagra tadalafil cialis from india Order Now Fluoxetine Huntingdonshire For Sale Provera Pills Overseas Xenical Alli levitra samples overnight Comprar Cialis Online Seguro Ou Acheter Du Cialis Sur Le Net

    BalasHapus
  20. Bro .. mungkin buat km yg merasa kaya gitu ada sesuatu yg kurang membuat anda down.. mungkin anda tidak bisa mencari mitra dan membantu mitra ?
    Dan saya tidak percaya dengan kinerja eco racing.
    Ia sebelum nya saya tidak tertarik atau alerghi dengan bisnis jaringan.
    Tp setelah tau manfaat produck nya.
    "Motor ane di ganti busi yg lebih panjang dari ori sinil motor gw. Lngsung klep cacad bahkan mesin menetes kan OLI.
    Dan gw gak sadar setelah gw cempungin eco racing 1-2hari gw pake,,OLI ITU TIDAK LAGI MENETES.
    Dan apa yg di tulis di eco racing, smua nya gw buktikan sendiri."

    Dan alhamdulilah karna gw semangat melihat kinerja eco racing. Gw berbagi pengalaman gw dari mulai teman , sodara , bahkan orang lain.
    Gw ceritakan yg se jujur jujur nya..
    Dan smua tak ada yg komplen . Bhkan motor gw sllu pake eco racing. Sampe dtik ini mtor gw sehat tidak berdampak apa apa..
    Dan di minggu kemaren .. .
    Hadiah yg di bagikan eco racing, ternyata sampai di dpan rumah gw..
    Maap sblm nya. Anda bicara di atas mungkin tidak di jalan kan sesuai bisnis nya..

    Bukti nya gw dah dpat reward 150JT ,,,

    BalasHapus
  21. Berarti produk ini penipuan secara tersembunyi ya,padahal sebelumnya
    Saya mau bergabung tp setelah membaca artikel ini saya jadi berubah pikiran,thanks atas infonya.

    BalasHapus
  22. w kenal tuh DFI DBS jaman sekolah SMA sekitar tahun 2008 diprospek untuk join ama temen sampai dikasih buku kisah sukses yang orang lama tapi ane tolak karena sudah dijelasin duluan ama nyokap.
    Menerima keuntungan dari korban downline dan akan terus begitu..

    Thanks info nya, berguna untuk menyadarkan teman saya. Penjelasan agan sangat gamblang dan logis..

    BalasHapus
  23. Kamu dapat informasi ini dari mana....
    Apakah bisa di tijukkan bukti2 kebenaran informasi anda... Jgn asal nulis...

    BalasHapus
  24. Bisa tunjukkan bukti falid atas tulisan anda...

    BalasHapus
  25. Tulisan ini aja kita gk tau benar apa tidak nya, karna tidak ada bukti validitasnya... Jgn mudah percaya dgn tulisan ini.

    BalasHapus
  26. Saya lagi uji coba pakai eco racing utk mobil saya. Sudah 3 pil saya masukkan utk masing2 sekitar 40 liter saat pengisian.
    Kesimpulan sementara utk hasil adalah :
    1. Utk menjadi irit belum signifikan spt yg diiklankan mereka yaitu 50%
    2. Utk booster tenaga mobil juga tidak ada hasil yg baik (hal ini masih menggunakan tolok ukur manual by feeling saat digeber dan kecepatan maksimal yg diperoleh)
    Untuk info, saya menggunakan mobil Kia Sportage 2012 dgn engine 2.0 liter.
    Pengalaman saya menggunakan pertamax masih jauh lebih baik dibanding menggunakan pertalite + ecoracing.

    BalasHapus
  27. Udah ngga usah ngurusin urusan orang. Konsumen yang menilai setelah menggunakan. Alangkah baiknya sanggahan tersebut juga berdasarkan fakta pembuktian. Semisal anda bisa coba produknya dan lakukan pengujian emisi. Kalau memang ngga bener bisa anda floorkan di forum berikut buktinya.

    BalasHapus
  28. Mantaap gan.. Ane muak sama slogan & stiker nya kata nya anti riba, tapi ngeborong produk dimuka & akan bingung jual nya terus ngejongkrokin org sebanyak2 nya biar dapet bonus udah ciri khas MLM, ga ada tuh untung dari enteng, jgn ambil hak org secara batil, daging ayam pun bs haram klo dpt nyuri apalagi bisnis kayak ginian..

    BalasHapus
  29. Terimakasih atas informasinya gan, AKU YAKIN SEMUANYA PERNAH SEKOLAH, KALAU MAU HEMAT BBM, MOTOR SIMPAN AJA DIRUMAHNYA, ITU BUKAN 50% LAGI, TAPI 100% HEMAT BBM, SEDANGKAN HARGA KAPSUL TERSEBUT SAMA DENGAN HARGA BENSIN,

    BalasHapus
  30. Jazaakumullaah khayr akhiy. ana dapet banyak pencerahan dan hiburan dari antum, pencerahan dalem arti `ilmu ana nambah dan hiburan dalam arti ana senang melihat seorang muslim terdidik yang membagikan `ilmunya, tanpa meninggalkan batasan agama. baarakallaah fiykum

    BalasHapus
  31. SIUP sudah ada : 0015/iup/XII/2017/DPMPTSP
    NIB: 8120001861974

    BalasHapus
  32. Heeum..makin kesini jenis usaha mlm diramu makin halus dan bagi umum sangat sulit memahami halalnya ...dengan artikel diatas ini sangat membantu saya untuk sedikit mengerti......

    BalasHapus
  33. Tapi kenapa sekarang sudah ada siupln ya dan ada sertifikat dari mui jabar ttg cara bisnis eco racing?

    BalasHapus
  34. Kalo menurut saya penulis adalah pelaku bisnis Paytren, terlihat dari postingan di blognya ini
    Saya tahu banyak mitra paytren beralih ke ECO Racing karena skema pembagian keuntungannya jauh lebih baik dari paytren.
    Karena paytren sekarang jadi aplikasi bebas para mitra kesulitan untuk berkembang.
    Saya kira tulisan Bro Brahm ditrigger situasi banyaknya mitra paytren yang migrasi ke ECO Racing karena leader2 Patren yg punya mitra lebih dari 15rb, berbondong2 migrasi ke ECO Racing
    Pindah aja bro, masih luas peluangnya kok ...

    BalasHapus
  35. Emang dampak jangka panjangnya apa gan?
    Bsa mnta tlg dijelasin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampe skarang kita smua gak tau apa jangka panjangnya
      karena produk ini baru muncul ditahun 2019

      hmmm mesti nunggu 5 tahun nih

      gw liat di medsos, produk ini bahkan mengurangi knocking
      bro wtf?!

      yg namanya knocking itu gk bisa dihindari
      connecting rod yg menghubungkan antara piston dgn crankshaft itu hrus terus dilumasi
      karna komponen sebuah mesin itu harus rapat loh
      nah, coba klo komponen con-rod itu longgar

      dalam artian tidak bisa memegang erat poros engkol/crankshaft itu
      bahkan bisa digerakin pake jari

      kenapa bisa? ya karna jika benda ini tak terlumasi
      bisa jadi komponen tersebut akan bergerak tpi dengan gesekan yg luar biasa yg menimbulkan con-rod tersebut meleleh karna panas yg dihasilkan dri gesekan tersebut

      con-rod meleleh jadinya lubang crank pin makin besar > longgar, con-rod akan terlempar kesana-kesini ketika menyalurkan tenaga dari piston ke poros engkol

      Hapus
  36. Kalau hasil uji emisinya palsu tapi knp ya kemarin saya uji emisi di kota rembang brsam dishub sana tapi hasilnya bner 0,00% tu CO nya.
    Oya ini kan bukan investasi knp harus diawasi ojk segala

    BalasHapus
  37. wow mantap gan ...memang lagi gencar genarnya bisnis ini dari dulu emang begitu dan memang jika agan dan saudara saudara yang ingin bisnis dengan yang baik silakan cari bisnis MLM yang baik adalah MLM tertua di Dunia..dan ada sampai sekarang tetap eksi puluhan tahun bahkan samapai sekarang, sebelum bergabung di MLM ini para calon diberikan bimbingan terlebih dahulu sebelum bergabung....penasaran silakan SMS/WA ke 087826769944

    BalasHapus
  38. Terus yg di vidio itu byk yg dpt mobil itu bener tdk, termasuk polwan yg udh dapet mobil itu masa bohong..!!
    Tapi saya ragu nya kenapa produk tsb tdk masuk iklan di tv, logikanya klo emang pngen byk msyarakat yg tau dan menggunakan ya pasang iklan dong di tv.
    Sekedar bertanya2 ajh mohon pencerahanya

    BalasHapus
  39. apa bener cuma kapur barus atau minyak atsiri ,bukannya yang menemukan anak bangsa yang katanya dari bandung,kalau emang benar abal abal malu kalau saya tawarkan
    trimakasih pencerahannya

    BalasHapus
  40. Wah mencerahkan sekali nih mas bro. Saya sendiri memang sudah alergi dengan MLM yang berbasis produk (ada barang untuk dijual). Karena yang namanya produk, apapun, suatu saat akan ada substitusinya. Sehingga pasti pasarnya akan lesu. Belum lagi soal legalitasnya,,,,

    Mantap lah mas bro Brahm, teruslah memberikan pencerahan.

    BalasHapus
  41. Salam broo sang penulis.
    Mohon pencerahannya....
    Apa yg Anda tau tentang MLM?
    Apa yg Anda tau tentang SIUPL?
    Apa dasar Anda mengatakan system piramid adalah money game.
    Mohon pencerahannya?

    BalasHapus
  42. Namanya juga dunia bisnis
    Pasti ada saling menjatuhkan
    Sudah biasa kok
    Meskipun saya ndak joino eco racing tapi saya sudah menggunaka prodaknya pada kendaraan saya dan hasilnya bagus kok
    Malahan montir bengkel ahass suruh nyaranin saya terus pakai eco raci g

    BalasHapus
  43. Waduh, terlanjur sdh gabung seminggu yg lalu, nantilah saya komen lg kalo memang sistemnya money game, biar saya yg menjadi testimoni bisnisnya

    BalasHapus
  44. Gmna buat membagikan artikel ini ya kak

    BalasHapus
  45. Bgs pembahasannya gan. Sy ingat waktu kuliah dl di jatinangor. Skitar thn 2002 keatas. Ditawarin mlm pulsa dbs dan fastrex. sy bergabung di fastrex. Pendirinya katanya anak itb. Wah ,sekarang bikin mlm lg ya... He...he.

    BalasHapus
  46. Anda bisa pertanggung jawabkan semua pernyataan anda ini
    Anda seperti nya punya KECEMBURUAN yg liar biasa dgn bisnis eco racing dengan membuat statemen yg tanpa dasar yg jelas
    Anda bilang eco racing ga ada izin nya anda tau dari mana, ?
    Kalau memang ini produk merusak dan sistem nya melanggar aturan pemerintah pasti nya sudah di bubar kan jauh2 hari..
    Tentang SIUP :
    Perlu anda ketahui sekarang SIUP itu sudah tidak ada dan di ganti dgn NIB dan eco racing punya itu (NIB)
    Bahkan dari MUI tgl 3 maret 2019 kemaren sudah mengeluarkan sertifikasi HALAL untuk eco racing
    Jadi sekali lagi sy yakin anda org yg SANGAT2 SAKIT HATI terhadap eco racing dan itu masa lalu anda dan itu juga hak anda
    Ingat,, hati2 dgn tulisan anda yg sifat nya propokatif seperti ini karena sy secara pribadi pun bisa mengejar anda dgn jalur hukum yg berlaku di NKRI

    BalasHapus
  47. Penulis artikel ini tukang hoak yg memiliki penyakit di hati nya

    BalasHapus
  48. Amiril Mukminin14 Maret 2019 17.52

    Saya jadi biingung ini gan satu malam saya ndk tidur di prospek oleh leader eco racing dan saya bilang saya tertarik karena memang janji dan iming2 bonus yang besar dan waktu yang singkat, namun setelah saya membaca Artikel anda saya jadi ragu, al hasil saya menjadi Dilema

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama bos.saya hampir join eco racung.setelah baca ini menjadi bimbang

      Hapus
  49. Nope brapa bos...?
    Kita sama2 uji kelayakan...
    Mobil saya baru 3 bulan pake eco racing..

    BalasHapus
  50. Pertama saya niat mo gabung,setelah liat owner nya...batal deh.... karena dulu sy ikut dbs...???

    BalasHapus
  51. Saya sudah tes uji LAB dikantor saya, hasilnya memuaskan, jadi para rekan monggo dibuktikan sendiri dan apabila ada LAB monggo diuji sendiri jangan asal ngomong, ngomong tanpa bukti akan dipertanggung jawabkan diakhirat kelak, no WA saya 081332241414, Logikanya apabila bisnis eco racing buruk gak mungkin sampek bisa menembus Go International, monggo dicermati nggeh, mohon maaf apabila ada kata2 yang kurang memuaskan, karena saya juga manusia biasa

    BalasHapus
  52. Terima kasih atas ulasannya, gan.... mungkin saya dibantu analisa untuk video yang beredar di Youtube berikut ini. https://www.youtube.com/watch?v=wZcx-8K93xw
    Semoga web ini bisa terus berkarya menghasilkan karya yang luarbiasa kedepannya, aamiin

    BalasHapus
  53. 1 orang berhasil...1000 orang merana....calon pribahasa baru?

    BalasHapus
  54. Klo eco racing gak benar sih Gak apa apa mas, yang penting riwetnya beneran ya gak mas?

    BalasHapus
  55. Ada yg bisa kasih pencerahan, kenapa banyak yg Jual eco racing di tokped dengan harga yg jauuuuh lebih murah
    (1 dus/ 10 pcs = - /+ 50rb)
    Padahal harga resmi nya, 25rb/pcs
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. produk yg dijual dibawah harga resmi adalah palsu, dan bisa dilaporkan

      Hapus
  56. Ini merasa di saingi aja... Setelah bac postingsn ini sy jd lebih semangat buat member

    BalasHapus
  57. Setuju dengan artikel ini, saya pun pernah menjalankan MLM yang didapat adalah beban moril kepada downline saja. Lebih baik hindari saja, tdk realistis bisnis itu

    BalasHapus
  58. Info terbaru SIUPL nya sudah ada tanngal 23 juli 2018 , OJK tidak ada krn ini bukan bisnis investasi tapi penjualan langsung ..jual beli produk.. sehingga masuk anggota AP2LI .. .. klu kualitas produknya sy sudah pake produknya selama 11 bulan.. mesin makin halus dan terbukti bisaa hemat… dipake sendiri jg untung.. jd tidak ada resikonya… sudah beberapa perusahaan yg jd pelanggan setelah melewati segala macam uji lab perusahaannya...

    BalasHapus
  59. Pertanyaan singakat saja untuk anda penulis,,,just saran saja,,,dari semua testimoni yg anda utarakan apakah sdh di buktikan dengan anda mencoba produk tersebut,,,?kalau cuma berdasarkan dengan analisa dan logika,,,tidak cukup bro,,,harus disertai dengan testimoni,,,contoh mana bisa anda menyimpulkan kue itu tidak enak padahal anda belum mencoba kue tersebut,,,mengkoreksi boleh tp kita juga harus merasakan dahulu,,,salam perdamaian,,,

    BalasHapus
  60. Didit Hastanto3 April 2019 18.03

    Sepertinya TS lagi nggak suka dengan bisnis yg mampu membangun masyarakat lebih makmur ...
    Padahal ECO RACING adalah produk yang benar2 sudah teruji di Laborat ITB dan banyak sekali kesaksian kebagusan produk ini .
    Mengenai Money Game ? apa sih didunia ini yg tidak lepas dari Money Game ? apakah TS juga mengerti apa itu Money Game ??
    Perputaran uang itu adalah hal yang wajar selama keuntungan per penjualan masih dalam batas kewajaran .
    Yang saya baca keuntungan resellernya hanya 10% dan itu bukan lah riba , iya kl lebih dari itu kemungkinan riba nya sangat besar .
    Oh ya sebaiknya jika tidak ingin tersandung Money game lebih baik jangan berurusan dengan Bank , jangan menabung di Bannk atau deposito dll krn Bank sumbernya Riba dan money game ... Money adalah uang Game adalah permainan , bisa bunga atau dll ... oh ya menabunglah di rumah sendiri kl ingin bersih dari Money Game ..

    BalasHapus
  61. Wkwkwkwkwk , saya sebagai tetangganya eco racing , alias tempat gw deket banget sama kantor pusat eco racing , yg bikin gw ngakak ?,ni orang kayaknya gak suka deh sama perusahaan ini . Saya sebagai tetangganya saya liat dengan mata telanjang saya di sa'at uji produk eco racing dan semua ativitas di kantor eco racing saya suka liat seperti tes produk. Dan semua yg ada di artikel ini ngaco? . GW sebagai pengguna eco racing aman" aja kok malah banyak manfaatnya bagi gw. Ya kalo kalian mungkin kalian ragu dengan produknya silahkan tes aja sendiri kalo ada bukti kenapa enggak .Jangan asal main nuduh .bukannya kalian mendukung anak bangsa malah menjelek"kan . saya BANGGA PRODUK ANAK INDONESIA BISA MENYAINGI PERUSAHAAN LUAR.

    BalasHapus
  62. Nih gan koreksian artikel lu. ???

    https://www.otobest.id/2019/01/05/eco-racing-penipuan-tanpa-ijin-ojk-dan-siupl/

    BalasHapus
  63. Saya sudah bergabung dengan bisnis eco racing ,bagi saya saya engga perduli saya rugi atau tidak yang terpenting adalah kebenaran yg saya cari dan bukan hanya i formasi dari orang lain yg mungkin ada yg tersinggung atau sentiment dgn keberhasilan orang lain dgn usahanya, dalam perjalan hidup manusia ceritanya tidak akan sama ,dan itu masuk akal . Di usaha eco racing ini yg sedang saya pelajari adalah salah satu ilmu yg paling sulit diantara ilmu lain yaitu ilmu sabar dan ikhlash .sabar di dalam berusaha ,sabar dalam menikmati proses utulah inti dari seni berdagang ,di eco racing yg sedikit saya pelajari yaitu berdagang produk berupa bahan campuran BBM yg memang terasa manfaatnya hemat sampai 50% , suara mesin menjadi lebih halus ,itu saja sudah cukup , saya membeli produknya dan saya jual kembali ,saya sangat jarang untuk mengaka siapapun ,mqu ikut terserah engga juga terserah toh pada dasarnya memang produk eco racing bagi saya sangat membantu dalam berhemat BBM. Soal dapat poin atau tidak saya tidak perduli ,toh tanpa di harapkan pun saya yakin saya pasti dapat yang di butuh kan oleh saya saat ini adalah kesabaran dgn mengikuti proses .soal hasilnya bagai manapun itu bukan urusan saya ,yg terpenting bagi saya adalah saya sedang berjuang untuk ibu , anak dan istri saya .berdagang jiwa saya sedikit untung alhamdulillah ,banyak untung alhamdulillah. Mohon di koreksi untuk saya yg tidak sekolah ini.

    BalasHapus
  64. Gw stuju artikel ini. Yg perlu jg dibahas. Apa benar yg daftar member itu adalah harga produk? Sbg contoh sy daftar member 1jt maka "katanya" 1 jt trsebut adlh hrga produk?? Sy msh pikir2 bnar nya. Krn tdk mungkin hnya dg jual harga produk dpt hadiah. Yg sy mngkin hitung2 klo dr 1 jt harga daftar paling 300-500 rb sj, sisanya adlh keuntungan yg nnti jadi hadiah (500rb). Bayangkan. Kalo dr 1 member untung 500rb, sdangkan klo dpt mobil hrs 1000 member ( kanan kiri 500 member) berarti keuntungan 1000x500.000= 500 jt. Mobil? 300 jt msh ada sisa 200jt. Itu yg dr target sj. Blm dr org2 yg tdk/blm target!!!

    BalasHapus
  65. Priligy Au viagra Achat Propecia 1mg

    BalasHapus
  66. Susilo Silo1 Mei 2019 08.46

    Smaa cuma maox blg yg nulis ini kyak y iri sama perkembangan eco racing... Saya pemakai eco racing udah lama dan kendaraan saya aman semua.. Anda kalau blm pernah Pake produk jangan sembarang bicara

    BalasHapus
  67. Tapi sampai saat ini eco racing masih berjalan seperti biasa ya??

    BalasHapus
  68. Baiknya anda datang langsung ke kantor Eco Racing yg dibandung agar jelas.

    BalasHapus
  69. Knp gamabr uji emisi nya nggak bisa di perbesar

    BalasHapus
  70. Saya udah coba eco racing berkali kali dan hasilny tetep aja itu pake spedometer.. Yg katany bisa mengiritkn yg bilang biasany ngisi bbm 3 hri habis kl pake eco rcing bisa 5 hari ya jelas dulu ngisiny palng bnyk 20 ribu sekrang kan pake eco racing harus 4 liter kira2 35 ribu coba hitng pake spedometer

    BalasHapus
  71. Biarkan tikus menggonggong, eco racing tetap melaju !!

    BalasHapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  73. Ngomong bisnis syariah? Yakin ? Apa cuma klaim sepihak?

    Klo ambil sertifikasi dari MUI nasional, masih ada hal syubhat didalamnya


    Bukan gampang ambil sertifikat syariah pusat

    Butuh pengujian 200pertanyaan dan diawasi selama 5 tahun keatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum.
      Sebenarnya Bpk ini orang hebat.tapi kenapa cuman mau cari-cari kesalahan orang.Alangkah baiknya Bpk, Bantu Pak Febrian agar eco racing bermanfaat kalau menurut Bpk eco racing ini tdk bermanfaat.terus bpk kalau syariahnya bermasalah menurut Bpk kenapa tidak dibantu juga agar tidak bermasalah.tidak banggakah bpk kalau eco racing terbukti bermanfaat untuk masyarakat.
      Ini Bpk Taunya cuman koar-koar saja tong kosong.Kalau orang mempunyai kesalahan ,,,kita wajib bagaimana caranya memperbaiki kesalahan itu.bukanya sdh salah tambah dipersalah.jadikan diri kita bermanfaat buat orang lain bkn sebaliknya.
      Salam Dari Palu

      Hapus
  74. Trus sistem syariah pake sistem hybrid?
    Alahai 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr.cuman taunya cerita kecelekan orang sj.bagus kalau kejelakan yang diceritakan benar kalau tidak...???
      Sdr.sdh berbuat tidak...???
      Pak Febrian dgn produk eco racing entah itu manfaat Produknya benar atau tidak setidaknya sdh berbuat.

      Hapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  76. Ane kira eco racing itu merk part motor atau mobil aftermarket semacam T*R dan H*S😂😂😂

    BalasHapus
  77. Saya udah merasakan selama 8 bulan pemakaian eco racing , bersama club motor saya...Alhamdulillah ga ada efek sampingnya malah saya jadi mitra baru beberapa bulan luar biasa banget bisa menghemat kalau bapak tidak merasakan manfaatnya berarti kendaraannya jelek perawatannya udah kelihatan biasa suka ganti oli doang tanpa service full hahaha, yang namanya penghematan itu munculnya ketika ruang bakar itu udah sempurna Pak nggak ada yang langsung instan, karena saya berada di mekanik jadi saya tahu mana barang bagus dan mana barang yang jelek kalau soal sistem itu nomor 2 itu mah mengikuti celengan aja yang penting bisa menghemat juga udah luar biasa banget apalagi bisa menghemat sampai 50% dahsyat,

    BalasHapus
  78. Assalamualaikum,,,
    Ulasan yg diatas menurut saya terlalu menyudutkan produk eco racing. Sangat kelihatan Sifat sipembuat ulasan tersebut EGOIS.selalu mencari atau menceritakan keburukan/kejelekan ciptaan orang (Produk).Kalau didalam Agama sy Islam Ibarat Memakan BANGKAI SAUDARA SENDIRI. Padahal Niat Dari Bpk Febrian Agung sangat mulia...,,,ingin membantu masyarakat agar pengeluaran untuk biaya BBM bisa hemat dari sebelumnya.
    Kalaupun Produknya benar-benar terbukti ya Alhamdulillah sekali buat kita.
    Dan apa bila produknya juga tidak terbukti ya tidak apa-apa.Setidaknya Bpk Febrian sdh berbuat.
    Nah saudara sendiri ada nggak yang sudah diperbuat seperti Bpk Febrian....??? Ya kalau ada sih Alhamdulillah,,Tapi kalau nggak ada seharusnya saudara malu dong sedikit yang taunya cuman ngejelekin produk orang.seharusnya Bantu dong Pak Febrian biar eco racing bisa betul-betul bermanfaat.itupun kalau eco racing tidak terbukti bermanfaat.hilangkan sifat dengki saudara agar saudara bermanfaat buat orang banyak.salam dari sulteng sulteng palu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu diingat juga bahwa produk yang tidak diberitahukan cacatnya adalah barang jualan yang tidak halal.

      Hapus
  79. Sebenarnya Sdr. Ini Pintar dan Cerdas akan tetapi digunakan bukan pada tempatnya. Ulasan sdr.tentang kejelekan eco racing sungguh luar biasa lengkap dan sedetail-detailnya.
    Ilmu Pengetahuan yang sdr.miliki ini sepertinya jagoan sdr. dari pada Pak Febrian.
    SARAN :
    ~Kalau Memang Produk Eco Racing tidak bermanfaat hasil dari penemuan Pak Febrian.
    * Bantulah Pak Febrian untuk membuat eco racing supaya bisa bermanfaat.
    ~Kalau dari sertifikat yang tidak jelas (Ilegal) seperti ulasan sdr.
    * Coba sdr. Lengkapi tentang Legalitasnya.
    Bukanya kita manusia harus saling tolong-menolong.
    Keberhasilan tanpa bantuan orang lain hal yang mustahil terkecuali kehendak Allah.
    Salam Dari Sulteng Palu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahas bisnis asuransi car3i network

Para Ulama NU menyimpulkan Paytren Haram