Paytren penipuan money game yang berkedok MLM

Paytren penipuan berkedok MLM mungkin akan mengejutkan banyak orang. Tapi dari skema bisnisnya, terlihat jelas bahwa itu adalah money game. Dan kalau money game mengaku sebagai MLM, tentu itu sebuah penipuan.

Banyak yang ikut paytren karena karena menganggap paytren itu bisnis MLM menjual aplikasi untuk pembayaran online. Mereka tidak tau bahwa paytren adalah MLM yang memainkan money game. Apa ciri-ciri money game? Gampang saja sebetulnya. MLM money game punya 2 ciri:

Ciri-ciri MLM money game pertama: Penjual lebih banyak dapet duit dari komisi pendaftaran penjual baru.

‘Penjual’ dalam istilah MLM ada banyak. Mereka kadang menyebut dengan agen, distributor, member, atau dalam paytren disebut mitra bisnis, yaitu orang yang membayar paling tidak 350.000 rupiah untuk mendapatkan lisensi dan berhak menjual aplikasi kepada pihak lain.

Apakah penjual aplikasi paytren (mitra bisnis) mendapat penghasilan lebih banyak dari komisi pendaftaran penjual baru? Jawaban pertanyaan tersebut yang paling akurat tentunya dari data statistik mitra bisnis paytren sendiri. Tetapi, indikasi kuat ke arah itu dapat dilihat dari promosi-promosi paytren sendiri. Mereka jauh lebih fokus, atau malah hanya fokus pada penjualan lisensi yang berharga 350.000 rupiah (lisensi mitra bisnis) ketimbang menjual aplikasi dadar yang seharga 25.000 rupiah.

Baca lebih lanjut bagaimana member paytren mendapat uang.

Ciri-ciri MLM money game kedua: Membutuhkan member lebih banyak terus menerus

Ini adalah konsekuensi dari ciri kesatu dan kedua. Bayangkan saja, modal 350.000 jadi mitra bisnis. Kalau bisa menarik satu orang lain jadi mitra bisnis baru, kita akan dapet 75.000. Dengan demikian, butuh paling tidak 5 orang untuk balik modal. Kalau mau untung besar, harus tarik berpuluh-puluh orang.

Inilah sebetulnya mengapa money game, skema ponzi ataupun yang disebut skema piramida itu dilarang. Karena mereka membutuhkan member baru lebih banyak dari waktu kewaktu, dan pada akhirnya, jenuh. Member baru cuma sedikit yang masuk. Member yang sudah terlanjur masuk belakangan yang akan rugi.

Kesimpulan: paytren penipuan yang berkedok MLM

Dari ciri-ciri diatas sudah cukup menyimpulkan bahwa paytren penipuan. Mereka mengaku jualan pulsa dapat untung besar. Kenyataannya sedikit dari mereka menjual pulsa melalui paytren. Mereka mengaku jualan lisensi. Lisensi bisnis yang tidak menguntungkan, mengapa harus dijual? sama saja orang main arisan berantai atau money game dan berpura-pura menjual selembar sertifikat yang tak ada harganya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fingo, tipu-tipu berkedok e-commerce

Vtube, penipuan bisnis iklan lagi

EDC Cash Penipuan cucu MMM, ponakan E-Dinar